Tips Melakukan Retargeting Konsumen Yang Optimal

retargeting

Retargeting pada dasarnya merupakan sebuah bentuk dari online advertising. Online advertising sendiri tampaknya saat ini tidak lagi menjadi suatu hal yang terkesan aneh. terlebih lagi di era digital seperti sekarang ini yang membutuhkan bantuan online untuk kelangsungan berbagai bidang termasuk bidang pengembangan bisnis.

Terkadang user internet bisa saja membuka situs Anda untuk kepentingan tertentu. Atau mungkin user membuka laman situs jualan Anda untuk melihat berbagai produk yang sedang ditawarkan. Namun setelah membuka situs Anda rupanya user atau audience tidak melaukan tindakan. User dan audience tidak melakukan pembelian dan bahkan bisa saja mereka meninggalkan situs Anda sebelum selesai melihat situs Anda.

Oleh karena itu Anda perlu melakukan upaya untuk menariknya. Dengan adanya retargeting ini maka Anda bisa terbantu dalam melakukan upaya untuk membuat brand Anda berada di bagian depan pada bounced traffic tepatnya setelah pelanggan meninggalkan website Anda. Jadi hal ini tentu saja berkaitan dengan dunia internet dan juga memiliki peran yang cukup penting dalam hal pengembangan bisnis.

Tujuan Retargeting

Awareness

Awereness memiliki arti yang sama dengan kesadaran. dengan kata lain retargeting bisa dilakukan dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menimbulkan kesadaran pada pelanggan mengenai produk yang dijual oleh pebisnis. Mungkin saja user internet atau audience pernah melihat brand perusahaan Anda di internet. Namun kemudian karena beberapa hal akhirnya user tersebut tidak melihat situs bisnis Anda sampai akhir. Bahkan bisa juga user tersebut tidak melakukan interaksi apapun dengan bisnis Anda lalu kemudian meninggalkan situs bisnis Anda begitu saja.

Maka dalam hal ini retargeting bisa dilakukan untuk mengingatkan kembali user pada brand bisnis Anda. Dengan meningkatnya kesadaran para user internet akan brand bisnis Anda maka mereka tentu akan menyediakan waktu untuk mengunjungi situs Anda kembali. Bahkan bisa saja user bersedia melakukan interaksi dengan Anda dan kemudian membeli produk Anda. Maka Anda bisa menambah jumlah pelanggan.

Conversion

Tujuan lain dari adanya retargeting pada sebuah bisnis adalah conversion atau konversi. Yang dimaksud dengan tujuan conversion atau konversi ini adalah adanya upaya dari sebuah perusahaan atau dari pebisnis untuk menargetkan audience yang sudah mengenal produk dari bisnis Anda. Atau mungkin bisa juga audience sudah pernah membuka dan mengunjungi situs bisnis Anda sekalipun tidak melakukan tindak lanjut. Tindakl lanjut yang dimaksud dalam hal ini misalnya seperti melakukan subscribe atau mungkin membeli produk. Oleh karena itu dengan adanya retargeting maka Anda bisa melakukan konversi yaitu dengan meyakinkan para audience. para audience bisa diyakinkan untuk melakukan tindak lanjut setelah mereka mengunjungi situs bisnis Anda.

Tips Melakukan Retargeting

Buat segmentasi audience

Untukmenjalankan proses retargeting maka tentunya Anda perlu membuat segmentasi audience. Jadi Anda bisa mengelompokkan para audience ke dalam beberapa kategori. Anda bisa menggunakan kategori apa saja dengan disesuaikan pada produk yang Anda jual. Misalnya saja kategori tersebut didasarkan pada usia ataupun jenis kelamin.

Bisa juga kategori dilakukan dengan berdasarkan pada perilaku para audience selama mereka menggunakan layanan internet dan selama mereka membuka atau mengunjungi situs bisnis Anda. Dengan adanya segmentasi audience ini maka Anda tentu bisa menjalankan bisnis Anda dengan lebih mudah. Sebab hal ini akan semakin memudahkan Adna dalam melakukan aktivitas pemasaran.

Lakukan eksperimen iklan

Menjalankan suatu bisnis memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Setiapproses yang dilewati tentu saja akan terasa sulit. Demikian pula dengan melakukan strategi retargeting untuk bisa mendapatkan pelanggan. Tentu hal ini perlu dilakukan dengan konsisten dan secara berulang kali. Misalnya saat melakukan proses eksperimen iklan.

Melalui eksperimen iklan tersebut maka Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari iklan yang dipasang. Eksperimen ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk melihat kembali apakah iklan yang dipasang bisa memberikan hasil terbaik ataukah tidak. Anda bisa melakukan eksperimen ini secara berkala. Misalnya ada tahap awal untuk menayangkan iklan. Dari pemasangan pertama ini Anda bisa melihat respon pasar terhadap iklan Anda. Jika memang ada hasil yang meningkat maka Anda bisa menambah durasi iklan.

Terapkan strategi

Ada berbagai macam strategi yang bsia dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Termasuk pula pengembangan strategi untuk menjalankan proses retargeting. Misalnya saja dengan melakukan A/B testing. Dengan melakukan A/B testing ini maka Anda bisa melihat secara lebih lanjut apakah audience akan kembali berkunjung ke situs bisnis Anda ataukah tidak. Jadi Anda juga bisa melakukan evaluasi pada beberapakomponen yang ada. Komponen ini antara lain mencakup kualitas visual dan isi konten serta proposisi nilai. Tentu strategi A/B testing ini akan menjadi salah satu strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat iklan Anda berhasil menjual produk dengan adnaya konten yang sellau terkesan fresh.

Ciptakan iklan kreatif

Advertising online yang berhubungan dengan iklan sebisa mungkin dibuat dengan semenarik mungkin. Sebuah iklan memang pada dasarnya dapat menarik konsumen jika iklan tersebut menarik dan menimbulkan rasa penasaran pada calon konsumen. Terlebih lagi jika iklan tersebut ditayangkan di media internet yang penuh dengan warna-warni iklan. Maka sebaiknya Anda bisa membuat iklan dengan sangat kreatif. Iklan yang penuh dengan kreasi tentu saja akan membuat audience menjadi tertarik sehingga selalu ingat pada brand bisnis Anda. Oleh karena itu buatlah iklan yang dapat menarik pengunjung.

Peran Retargeting

Retargetting tentunya menjadi suatu langkah atau cara yang perlu untuk dilakukan dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Sebenarnya hal ini merupakan suatu cara untuk melakukan pendekatan kembali dengan para audience atau user internet yang sudah membuka situs Anda dan melakukan interaksi namun belum ada tindakan untuk membeli. Maka tentu saja hal ini bsia memberikan dampak penting bagi jalannya suatu bisnis. Dengan adanya retargeting ini maka pada akhirnya bisnis Anda bisa memiliki sejumlah pelanggan. bahkan Anda juga bisa menambah customer loyal yang tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Retargeting seperti halnya memilih sistem absen perusahaan yang paling tepat. Sebaiknya pilih yang efektif dan efisien seperti misalnya JojoTimes. Dengan produk ini tentunya absensi dapat dilakukan lebih praktis kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisa membantu memberikan informasi akurat keberadaan dan lokasi karyawan dengan real time.

Hal tersebut berkat beberapa fitur yang diberikan oleh JojoTimes. Mulai dari fitur Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, tarif lembur yang dapat disesuaikan, hingga terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance.

Jadi tidak perlu ragu jika ingin memilih JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk merasakan dan mencoba fitur-fitur yang telah disebutkan di atas.