Sistem Ekonomi Kapitalis : Pengertian, Sejarah, dan Pro Kontra Sistemnya

sistem ekonomi kapitalis

Sebagian besar ekonom di dunia mengklaim bahwa penilaian ekonom klasik yang dipimpin oleh Adam Smith adalah fondasi sistem ekonomi kapitalis. Tokoh-tokoh tersebut terhadap Adan Smith menyatakan bahwa segala bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan secara bebas menuntut adanya banyak manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan, daripada diatur oleh pemerintah. Singkatnya, siapa pun dapat menerapkan ekonomi kapitalis tanpa campur tangan pemerintah.

Pengertian dan Sejarahnya

sistem ekonomi kapitalis

Kapitalisme atau kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri, dan alat produksinya dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan menghasilkan keuntungan dalam ekonomi pasar. Saat berbisnis, pemilik modal berusaha memaksimalkan keuntungan. Menurut prinsip ini, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar untuk keuntungan bersama, tetapi untuk kepentingan swasta, pemerintah telah melakukan intervensi dalam skala besar.

Namun, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi yang universal dan diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sistem yang berlaku di Eropa dari abad 16 hingga 19. Selama perkembangan bank komersial Eropa, sekelompok individu atau kelompok dapat bertindak sebagai entitas tertentu yang dapat memiliki atau membeli dan menjual properti.

Sektor swasta terutama produk modal, seperti tanah dan masyarakat dalam proses dari produk modal menjadi barang manufaktur. Untuk mendapatkan modal tersebut, para kapitalis harus terlebih dahulu memperoleh bahan baku dan mesin, baru kemudian para pekerja yang berperan sebagai operator mesin dapat memperoleh nilai dari bahan baku yang diolah tersebut.

Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang, yaitu sejak diketahui bahwa pihak swasta menerapkan sistem komersial. Di Eropa, ini disebut guild dan merupakan cikal bakal kapitalisme. Saat ini, kapitalisme tidak hanya dianggap sebagai pandangan mencari keuntungan hidup. Integrasi kapitalisme dan sosialisme tidak berubah, membuat kapitalisme jauh lebih toleran dibandingkan dua atau tiga abad yang lalu.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam pengertian modern, istilah kapitalisme biasanya dikaitkan dengan Karl Marx. Dalam karyanya “Das Kapital”, Marx menulis “cara produksi kapitalis” menggunakan apa yang sekarang disebut Marxisme. Namun, meskipun Marx jarang menggunakan istilah “kapitalisme”, istilah itu digunakan dalam interpretasi politik yang lebih banyak atas karyanya, terutama dalam artikel yang ditulis oleh kolaboratornya, Friedrich Engels (Friedrich Engels).

Waktu digunakan Pada abad ke-20, para pembela sistem kapitalis sering mengganti kapitalisme jangka panjang dengan istilah-istilah seperti perusahaan bebas dan perusahaan swasta, dan menggantinya dengan kapitalis dan investor yang mencari rente sebagai tanggapan atas konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.

Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

sistem ekonomi kapitalis

Kapitalisme biasanya dikaitkan dengan Marx. Namun sayangnya hal tersebut salah, karena ternyata sosok kapitalisme tersebut adalah Adam Smith. Adam Smith adalah seorang tokoh ekonomi kapitalis klasik, ia mengkritik sistem merkantilis. Saat itu, ia yakin bahwa sistem merkantilis kurang mendukung perekonomian rakyat.

Ia berpendapat bahwa pergerakan produksi harus digerakkan sesuai dengan konsep MCM atau mata uang komoditas modal, yang akan menjadi siklus yang tidak terputus, karena uang menjadi modal kembali dan dapat diputar ketika berinvestasi.

Adam Smith percaya bahwa pasar harus memiliki kebebasan untuk menjadi laissez-faire atau bebas dari campur tangan pemerintah, sehingga pemerintah hanya berperan sebagai pengawal dari semua pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat. nilah ciri-ciri kapitalisme yang harus Anda ketahui:

  • Akui hak individu.
  • Individu memiliki kepemilikan atas alat produksi.
  • Individu bebas memilih pekerjaan atau bisnisnya sendiri.
  • Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar.
  • Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi sangat kecil.
  • Motivasi pembangunan ekonomi adalah menghasilkan uang.
  • Orang dianggap sama-sama ekonomis, yaitu orang selalu mengejar keuntungannya sendiri.
  • Konsep individualisme didasarkan pada materialisme atau hedonisme (warisan Yunani kuno).

Pro dan kontra dari sistem ekonomi kapitalis

sistem ekonomi kapitalis

Keuntungan dari ekonomi kapitalis:

  • Para pendukung ekonomi kapitalis mengklaim bahwa kebebasan ekonomi akan memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat untuk memenuhi semua kebutuhannya.
  • Persaingan bebas antar individu akan menjaga tahap produksi dan tingkat harga pada tingkat yang wajar dan membantu mempertahankan penyesuaian yang wajar antara kedua variabel.
  • Ekonom kapitalis percaya bahwa memperoleh keuntungan besar adalah tujuan yang baik, dan tujuan ini sebanding dengan pekerjaan mereka.

Kelemahan ekonomi kapitalis

  • Jika kemampuan kerja pekerja terganggu, maka persaingan bebas antar pekerja akan sangat merugikan masyarakat. Setiap orang juga akan memiliki jiwa kompetitif.
  • Misalnya, kurangnya pembatasan kepemilikan sejumlah besar aset oleh individu akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam distribusi kekayaan di masyarakat, sehingga merusak sistem sektarian.
  • Terdapat kesenjangan yang sangat besar antara hak-hak pemberi kerja dan pekerja, dan pekerja tidak dapat memperoleh kesempatan yang sama dengan pesaing mereka, sehingga memperburuk kesenjangan antara si kaya dan si miskin.
  • Sistem ekonomi kapitalis akan mengembangkan semua sumber daya produksi dan distribusi di bawah pemerintahan penguasa yang terampil, dan akan melampaui masalah kesejahteraan banyak masyarakat dan membatasi aliran kekayaan kepada orang-orang tertentu.
  • Di sisi lain, sistem ekonomi ini memang bisa menjamin kesejahteraan, tetapi hanya berlaku untuk orang-orang tertentu yang egois.

Sistem Ekonomi Kapitalis di Indonesia

kapitalisme

Seperti diketahui, hingga saat ini kapitalisme ala Quebec yang terus berkembang di Indonesia tak luput dari pengaruh kolonialisme Belanda. Tentu masih ingat masa-masa sistem wajib bercocok tanam VOC, bukan? Peristiwa ini merupakan akar kapitalisme Indonesia.

Perlakuan kejam Belanda terhadap sistem pertanian paksa ini menjadi bentuk kapitalisme sejati, yaitu Belanda mengeksploitasi kekayaannya sendiri untuk memenuhi kepentingan pemerintahannya sendiri. Setelah sistem wajib tani lenyap dan Indonesia merdeka, kapitalisme Indonesia berkembang menjadi bentuk baru imperialisme.

Di era orde baru, modal asing mulai masuk ke Indonesia, dan jurang antara mereka yang memiliki dan tanpa modal semakin terlihat. Sayangnya, hingga saat ini sistem kapitalis masih berkembang di Indonesia. Kita bisa melihat kekayaan sumber daya Indonesia masih dieksploitasi oleh negara lain. Meski begitu, kita bisa melihat apa yang terjadi pada pemerintah Indonesia untuk mencegah hal tersebut terjadi. Dari kasus Papua Free Port terlihat bahwa 51% saham dalam kasus tersebut akhirnya dikuasai oleh Indonesia.

Kesimpulan

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem di mana semua aset produktif dan / atau berbagai faktor produksi hanya dimiliki oleh swasta / individu. Adam Smith menerbitkan teori sistem ekonomi ini dalam bukunya “The Wealth of Nations”. Beberapa bentuk pemikirannya adalah karena adanya “invisible hands” (mekanisme pasar), swasta lepas dari kepemilikannya. Selain itu, peran pemerintah hampir tidak ada.

Terus? Apakah perusahaan Anda adalah perusahaan ekonomi kapitalis? Jika perusahaan sudah sibuk dengan urusan keuangan dan akuntansi dan tidak sempat mempertimbangkan masalah tersebut, maka Anda memerlukan aplikasi keuangan dan akuntansi yang sangat terpercaya, yaitu software akuntansi JojoExpense.

Aplikasi ini akan semakin memudahkan Anda dalam menangani segala hal yang berkaitan dengan akuntansi perusahaan. Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%, JojoExpense dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan keuangan, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan sepenuhnya. Lebih cepat, dan lebih mudah.

Kontrol anggaran kapan saja, di mana saja. Mulai sekarang, semuanya ada di tangan Anda. Anda dapat mengelola anggaran seluruh perusahaan hanya dengan telepon Anda. Menyetujui atau menolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapan pun, di mana pun. Ini juga memantau penggunaan anggaran karyawan. Tunggu apalagi, daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati uji coba grats JojoExpense!