Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Saat melamar pekerjaan, tentu ada berbagai aspek penting yang perlu kita siapkan dan salah satunya adalah surat lamaran kerja. Memang skill dan kecakapan kita dalam berkomunikasi saat interview sangatlah penting, sehingga banyak orang yang menyepelekan hal ini. Jadinya mereka seakan asal dalam membuat surat lamaran. Padahal hal ini seakan menjadi “gerbang pembuka” untuk Anda agar bisa lolos seleksi pertama. Sehingga penulisan surat lamaran kerja haruslah dibuat dengan baik dan benar. Berikut ini akan kami informasikan cara membuat surat lamaran kerja yang benar, yang bisa Anda gunakan untuk panduan.

Namun, cara membuat surat lamaran kerja memang tidak semudah yang dibayangkan. Salah sedikit saja bisa-bisa informasi yang Anda berikan tidak meyakinkan pihak perusahaan. Selain itu dengan adanya surat lamaran kerja pun Anda perlu memperkenalkan dan membuat alasan kenapa Anda layak untuk posisi di perusahaan yang dilamar. Jadi bisa kita simpulkan bahwa dalam membuat surat lamaran kerja, harus mudah dipahami, tidak bertele-tele, jelas dan menarik untuk perusahaan.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana membuatnya, bisa mencoba beberapa cara di bawah ini ya.cara membuat surat lamaran kerjaUntuk Anda yang masih bingung bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar, bisa mencoba beberapa cara di bawah ini ya.

Format Penyusunan Surat Lamaran Kerja

Format

  1. Tempat perusahaan yang ingin dilamar
  2. Salam hormat
  3. Kata pengantar
  4. Tempat, tanggal dan tahun penulisan surat lamaran kerja
  5. Biodata diri
  6. Pengalaman kerja dan skill yang dimiliki
  7. Lampiran
  8. Penutup

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Gunakanlah bahasa yang baku, sopan, baik dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Bahasa tidak bertele-tele.
  3. Penyusunan dan format penulisan dibuat dengan rapih.
  4. Penulian surat lamaran kerja memang kebanyakan diketik. Namun jika Anda lebih memilih untuk menulis tangan, sebaiknya buatlah tulisan yang rapih, nyaman dibaca dan dilihat.
  5. Lengkapilah semua data-data yang diperlukan. Biasanya beberapa data yang diperlukan seperti fotokopi KTP, SKCK, Ijazah pendidikan terakhir dan data lainnya.
  6. Jika Anda memiliki data pendukung lain seperti sertifikat penghargaan, pengalaman kerja dan lain sebagainya bisa dilampirkan di surat lamaran kerja.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Langkah-Langkah Menyusun Surat Lamaran Kerja

mengganti status karyawan

Menulis Lokasi Penulisan Surat, Tanggal dan Alamat Surat yang Akan Dituju

Jika Anda tidak mengetahui nama HRD perusahaan, maka bisa menuliskannya dengan Yth. Bapak/Ibu.

Contoh:

Depok, 21 Desember 2020

Kepada

Yth. Bapak/Ibu

HRD PT Maju Bersama Group

Jl. Gajah Mada No.20, Jakarta Selatan

Salam Hormat dan Pembukaan

Untuk salam hormat dan juga pembukaan, Anda bisa mengisinya dengan mengetahui dari mana sumber informasi lowongan kerja, misalnya dari internet, lowongan kerja yang ada di iklan, dari teman atau yang lainnya. Setelah itu Anda bisa menyebutkan posisi apa yang ingin di lamar.

Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya terima dari official instagram perusahaan PT Maju Bersama Group, saya bermaksud untuk melamar pada posisi Administrasi.

Biodata Pribadi

Untuk bagian data pribadi, tuliskan dengan lengkap mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, email dan nomor telepon.

Contoh:

Nama: Cantika Zatunia

Tempat, Tanggal Lahir: Depok, 9 Agustus 1995

Email: Cantikazatunia@gmail.com

Telepon: 08776688296

Pengalaman Kerja dan Kemampuan yang Anda Miliki

Jika Anda masih fresh graduate atau belum memiliki pengalaman kerja apapun, maka Anda bisa menuliskan tentang pengalaman magang di suatu perusahaan dan juga organisasi apa saja yang pernah di ikuti. Namun untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, bisa menuliskannya pada bagian ini dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan tentunya tidak bertele-tele.

mengelola karyawan outsourcing

Contoh:

Saya dapat berkeja baik secara individu maupun tim, saya memiliki etos kerja yang tinggi, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai staff administrasi di PT Indah Karya Sentosa. Saya yakin bisa menjadi anggota yang baik untuk perusahaan yang Anda pimpin.

Penutup

Buatlah penutup yang manis dan ucapkanlah terimakasih.

Contoh:

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan yang sebenarnya. Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Anda pimpin.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Lampiran Surat Lamaran Kerja

Anda bisa mencantumkan lampiran yang dimiliki, seperti sertifikat penghargaan, sertifikat magang dan lainnya. Ini bertujuan agar “nilai” Anda bertambah. Tentu perusahaan ingin calon anggotanya memiliki nilai lebih untuk diterima di perusahaannya. Selain itu, ada juga perusahaan yang meminta Anda untuk melampirkan transkip nilai, surat kesehatan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Hal-hal penting yang perlu Anda lampirkan, antara lain:

  1. CV atau daftar riwayat hidup
  2. Pas foto terbaru
  3. Portofolio
  4. Fotokopi sertifikat kompetensi
  5. Hormat Saya

Di bagian hormat saya ini berisi tanda tangan dan nama lengkap Anda sebagai pelamar pekerjaan. Tanda tangan diletakkan di pojok kanan bawah surat lamaran.

Contoh:

Hormat Saya

Cantika Zatunia

Cantika Zatunia

Contoh Surat Lamaran Kerja

mengganti status karyawan

Jakarta, 20 Desember 2020

Kepada Yth:

HRD Manager PT. Anugrah Jaya Abadi

Jl. Belimbing Raya No. 7-9, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya terima dari official instagram perusahaan PT. Anugrah Jaya Abadi, saya bermaksud untuk melamar pada posisi Administrasi.

Berikut ini biodata pribadi saya:

Nama: Diandra Kartika

Tempat, Tanggal Lahir: Purwokerto, 3 Januari 1994

Jenis Kelamin: Perempuan

Alamat: Jl. Berkesinambungan Raya, No. 90, Jakarta

Pendidikan Terakhir: S-1 Administrasi Perkantoran

Email: diandrakartika7@gmail.com

Nomor Telepon: 081765527819

Keadaan saya saat ini sehat jasmani dan rohani. Saya mampu berkomunikasi dengan baik dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Sebagai Pertimbangan Anda, berikut ini saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup: 1 lembar
  2. Fotokopi KTP: 1 lembar
  3. Fotokopi ijazah: 1 lembar
  4. SKCK: 1 lembar
  5. Pas foto 4×6: 3 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan data yang sebenarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang Anda pimpin.

Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Diandra Kartika

Diandra Kartika

Surat lamaran kerja akan menjadi dokumen diri pribadi Anda. Oleh karena itu surat ini termasuk suatu jenis surat yang berharga. Dengan adanya surat tersebut maka Anda bisa bekerja di sebuah perusahaan.

Hal ini seperti saat memilih sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satu sistem payroll yang layak untuk dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Produk ini membantu pembayaran payroll secara otomatis setiap bulannya. Selain itu dapat mencetak slip gaji secara otomatis juga. Sehingga mempermudah tim keuangan perusahaan dalam melaksanakan payroll bulanan.

Kemudahan tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis JojoPayroll selama 14 hari di perusahaan Anda secepatnya.