Contoh Pembukaan Pidato Kerja yang Baik dan Benar

Kata sambutan atau pembukaan pidato memang sangat penting, baik itu untuk acara formal maupun non formal. Sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menyampaikan pidato yang baik dan benar, sehingga banyak audience yang merasa kesal karena bisa saja pidato seakan terlihat tidak jelas, tidak nyambung atau bahkan terlalu lama. Biasanya juga audience akan merasa bosan sehingga tidak memperdulikan pidato yang sedang berjalan.

Pembukaan pidato sambutan yang baik dan benar perlu diketahui stiap orang, apalagi yang berhubungan dengan urusan pekerjaan. Pembukaan pidato untuk acara formal tentunya berbeda dengan pembukaan pidato acara non formal. Sehingga mulai dari pembukaan, isi, hingga penutup perlu sangat diperhatikan dengan baik.

Pidato yang berhubungan dengan pekerjaan akan sangat berpengaruh dengan kinerja karyawan nantinya. Memang untuk pidato yang berhubungan dengan pekerjaan ini lebih sering dilakukan secara formal, jadi harus memperhatikan penggunaan kata-kata sehingga pidato kerja tidak terkesan “selengean”.

Contoh Pembukaan Pidato di Suatu Rapat Kerja

Description: Man In Suit Jacket Standing Beside Projector Screen

Contoh pembukaan pidato yang pertama adalah pada saat rapat kerja berlangsung. Biasanya untuk membuat pidato kerja yang baik, terlebih dahulu dimulai dengan salam pembukaan, ucapan terimakasih karena telah hadirnya pihak-pihak terkait. Ucapan terimakasih biasanya di urutkan dari pihak yang paling penting terlebih dahulu.

Contoh:

Segala puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat, nikmat dan tentunya kesehatan sehingga kita semua pada hari ini bisa berkumpul bersama. Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih kepada … cabang / wilayah …, Bapak / Ibu … (nama dan gelar). Juga saya sampaikan ucapan terimaka organisaisih yang sebesar-besarnya kepada Bapak / Ibu Gubernur … (nama dan gear), Bapak / Ibu selaku wakil Gubernur … (nama dan gelar), Direktur PT … Bapak / Ibu … (nama dan gelar).

(Anda perlu mengisi sesuai dengan jumlah tamu kehormatan yang hadir di dalam acara tersebut) yang telah berusaha untuk menyempatkan diri untuk dapat menghadiri acara rapat kerja yang dilakukan pada hari ini.

Tidak lupa, ucapan terimakasih juga saya berikan untuk (rekan-rekan satu profesi / rekan-rekan seperjuangan / rekan-rekan sejawat) … (nama organisasi), yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir di tengah-tengah kita di … (lokasi tempat berkumpul).

Isi dan Penutup

Description: Photo Of Man Holding Mic

Dalam rangka menyambut (acara apa yang sedang dibahas), kami selaku (perusahaan / instansi / organisasi Anda). Sebagai salah satu instansi yang bergerak dalam bidang (menjelaskan bergerak dalam bidang apa perusahaan / instansi / organisasi Anda).

Pada kesempatan bertemu kali ini (pembahasan rapat)

Dengan melalui sambutan ini, saya selaku yang mewakili perusahaan berharap dengan diadakannya pertemuan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Demikian sambutan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf terimakasih.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Contoh Pembukaan Pidato yang Baik bagi Ketua Organisasi

Description: Male employer gesticulating and explaining idea in light office

Di bawah ini adalah contoh bagaimana pidato yang baik bagi ketua organisasi.

Salam Pembuka

Dalam salam pembuka, tata krama memang sangat diperhatikan oleh ketua organisasi. Salam pembuka bisa dimulai dari penyebutan nama posisi jabatan yang paling tinggi. Dalam pembukaan pidato kerja ini Anda jangan sampai lupa untuk mengucapkan terimakasih atas kedatangan pihak-pihak yang diundang.

“Segala puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat, nikmat dan tentunya kesehatan sehingga kita semua pada hari ini bisa berkumpul bersama. Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih kepada … cabang / wilayah …, Bapak / Ibu … (nama dan gelar). Juga saya sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak / Ibu Gubernur … (nama dan gear), Bapak / Ibu selaku wakil Gubernur … (nama dan gelar), Direktur PT … Bapak / Ibu … (nama dan gelar)”

(Anda perlu mengisi sesuai dengan jumlah tamu kehormatan yang hadir di dalam acara tersebut) yang telah berusaha untuk menyempatkan diri untuk dapat menghadiri acara rapat kerja yang dilakukan pada hari ini.

Tidak lupa, ucapan terimakasih juga saya berikan untuk (rekan-rekan satu profesi / rekan-rekan seperjuangan / rekan-rekan sejawat) … (nama organisasi), yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir di tengah-tengah kita di … (lokasi tempat berkumpul).

Informasi Terkait Organisasi / Instansi / Perusahaan

Hal yang selanjutnya yaitu Anda perlu memberikan informasi yang berhubungan dengan organisasi seperti latar belakang organisasi / instansi / perusahaan, apa saja peran penting organisasi dalam masyarakat dan juga lingkungan, serta apa saja pencapaian yang telah didapatkan oleh organisasi.

Kegiatan Organisasi

Tidak hanya itu, Anda selaku ketua organisasi juga sangat perlu menjelaskan seperti apa hubungan kegiatan organisasi yang Anda pimpin terhadap organisasi lainnya. Gambaran juga perlu Anda berikan terkait program kerja yang sedang dijalankan atau yang sedang direncanakan. Berikanlah penekanan bahwa program kerja yang saat ini sedang berlangsung memang mendukung keberhasilan organisasi.

Harapan dan Penutup

Dan yang terakhir, Anda bisa menyampaikan apa saja harapan yang di inginkan dan penutup. Harapan haruslah yang bersifat positif sehingga sesuai dengan rencana organisasi. Ucapan penutup dan jangan lupa berikan rasa terimakasih Anda ke pihak-pihak yang telah hadir.

Ciri Pidato yang Baik

Description: Group of multiethnic people gathering around female speaker in studio

Setelah mengetahui contoh dari pembukaan pidato hingga penutupan pidato, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana ciri pidato yang baik dan benar.

  1. Pidato haruslah jelas, sehingga Anda bisa menyampaikan dengan baik apa yang memang ingin disampaikan.
  2. Pidato yang disampaikan harus memuat informasi berdasarkan fakta yang ada.
  3. harus disampaikan dengan cara yang baik, jelas dan menarik sehingga para audience bisa tertarik untuk mendengarkannya.
  4. Harus bersifat efektif.
  5. Bisa juga diselingi dengan beberapa humor, namun tidak boleh terlalu sering.
  6. Pidato harus disampaikan dengan volume yang jelas, artikulasi yang pas, dan intonasi yang baik.

Memang tidak mudah untuk menyampaikan pidato, apalagi untuk Anda yang memang masih belum terbiasa menyampaikan pidato. Namun, Anda bisa mencoba contoh pembukaan pidato kerja diatas, sehingga pidato bisa tersusun dengan baik. Dan jangan lupa untuk menerapkan ciri pidato yang baik diatas, sehingga pidato yang Anda sampaikan lebih menarik dan tidak membosankan.

Kemampuan dalam memberi pidato mutlak diperlukan terutama dalam mendukung pemasaran produk di perusahaan. Sama halnya dengan pentingnya mengatur keuangan perusahaan yang tepat dan sesuai. Caranya dengan menggunakan produk yang tepat seperti penggunaan JojoExpense. Dengan produk tersebut maka bisa diperoleh beragam manfaat mulai dari sistem keuangan yang tercatat secara detail dan akurat, kemudian sistem rembus yang cukup cepat dan mudah dipantau, serta kemampuan untuk menghindari resiko adanya fraud.

Tentunya aneka manfaat tersebut dapat dengan mudah diperoleh melalui aneka macam fitur yang ada di dalam JojoExpense. Seperti misalnya fitur Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, Multiple Disbursed Transaction by Finance, Specific Finance Approval Assignment, Export Expense Report (Excel/CSV and PDF), serta beberapa fitur lainnya yang tak kalah menariknya.

Karena itulah jangan ragu untuk beralih menggunakan JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis dan rasakan manfaatnya yang maksimal bagi perusahaan Anda!