Langkah Keluar Dari Zona Nyaman Bagi Pekerja Maupun Pengusaha

zona nyaman

Berada di zona nyaman sering kali membuat banyak orang terutama pebisnis menjadi malas melakukan perubahan yang lebih baik. Padahal sering kali hal tersebut malah mencetuskan hal-hal tidak terduga yang bisa berujung pada kerugian. Oleh karena itu sebagai pengusaha sebaiknya terapkan mindset untuk terus melakukan perubahan dan jangan pernah berhenti hanya di satu titik. Hal ini untuk menghindari resiko terus menerus berada di zona nyaman dan tidak pernah dapat berkembang secara maksimal.

Bukan hanya dialami oleh para pengusaha saja, nampaknya hal ini juga sering kali dialami oleh para pekerja. Baik sebagai pengusaha maupun sebagai pekerja kantoran, biasanya kondisi yang super nyaman ini membuat seseorang cenderung tidak mengalami kemajuan. Nah, lebih lanjut seperti apa dampak terus berada di zona nyaman serta apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut, simak informasi menarik di bawah ini yang mengupas tuntas tentang hal tersebut dengan detil.

Dampak Zona Nyaman Bagi Seseorang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa berada di kondisi zona nyaman ini bisa membawa dampak yang kurang baik bagi sebuah pribadi. Baik dari sisi pengusaha maupun dari sisi pekerja sendiri. Banyak hal-hal yang tidak optimal terjadi di dalam kehidupan, contohnya yaitu sebagai berikut.

Tidak Berkembang

Banyak orang kemudian stagnan dan tidak mengalami perkembangan apapun saat berada di zona yang cukup nyaman bagi dirinya. Saat merasa diri cukup maka tentunya rasa ingin berusaha lebih mendadak lenyap begitu saja. Oleh sebab itu salah satu dampak dan kekhawatiran yang terjadi saat seseorang berada dalam porsi kenyamanan ini yaitu kondisinya yang tidak mengalami kemajuan sama sekali. Hanya diam di tempat dan tidak bisa mengembangkan kemampuannya lebih baik. Tentu sayang sekali bagi sebagian orang yang memiliki bakat lebih, maka bakat yang terpendam bisa jadi tersia-siakan begitu saja.

Timbul Rasa Bosan

Berada di satu titik yang sama secara terus menerus otomatis dapat menimbulkan rasa stagnan dan bosan. Hal inilah yang umum terjadi saat seseorang berada di sebuah zona yang sama. Oleh sebab itu sebaiknya jangan sampai kondisi ini harus dialami oleh seorang pekerja maupun pengusaha. Hal tersebut dapat membuat pikiran menjadi tumpul dan kemudian tenggelam dalam kebosanan besar yang tidak berfaedah. Jika dibiarkan terus menerus maka bisa menimbulkan kepribadian yang kurang menarik juga.

Kehilangan Kesempatan

Salah satu hal penting yang sering membuat seseorang merasakan kerugian biasanya yaitu saat berada di satu zona yang sama, yaitu zona nyaman. Hal penting ini termasuk hilangnya kesempatan penting yang terjadi di dalam hidup. Misalnya karir yang lebih bagus, atau peningkatan usaha yang lebih luas. Dengan ketakutan ataupun rasa tidak ingin keluar dari kenyamanan, otomatis membawa seseorang akhirnya tidak berani mencoba hal-hal yang baru dan membawa dirinya gagal meraih kesempatan untuk menjadi lebih baik.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pikiran Negatif

Rupanya berada di zona nyaman juga sering membuat seseorang berpikir negatif terhadap hal-hal lain yang ada di sekitarnya. Sehingga tentu saja hal ini bisa dikatakan bukan hal yang berakibat baik pada seseorang. Pikiran yang buruk tentu membawa suasana hati yang kurang baik juga. Belum lagi penilaian yang kurang baik terhadap seseorang sehingga pada akhirnya merasa takut menghadapi banyak hal. Termasuk tidak ingin berpikir baik tentang orang lain atau berpikir buruk pada maksud orang lain yang belum pasti demikian.

Usaha Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Tentu banyak cara yang bisa dilakukan bagi setiap pekerja maupun para pengusaha supaya dapat berupaya untuk keluar dari zona nyaman yang dimiliki. Sehingga dengan demikian maka nantinya dapat meraih kesuksesan yang lebih tinggi. Beberapa cara tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Tingkatkan Pendidikan

Jangan hanya puas di level pendidikan tertentu saja, cobalah untuk mencari kesempatan supaya dapat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Contohnya bagi yang sudah menjadi seorang Sarjana S1, maka bisa mencoba untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Tantangan untuk meningkatkan pendidikan ini tentu membawa manfaat yang baik untuk siapa saja. Sehingga tidak ada salahnya mencoba untuk mengasah diri lebih baik dengan jalan meningkatkan pendidikan yang dimiliki.

Kemukakan Ide

Jangan takut untuk mengemukakan ide atau bahkan berusaha untuk menerapkan ide tersebut. Kebanyakan orang selalu merasa takut melakukan ide-ide baru yang segar. Takut kegagalan atau takut merasa malu. Tentunya hal ini yang harus dihindari supaya dapat mendobrak diri keluar dari zona nyaman yang dialami. Sehingga dengan demikian tentunya ada banyak hal baru yang dapat diterapkan dan membawa pada kesuksesan yang lebih maksimal.

Cari Kenalan Baru

Kebanyakan orang yang berada di zona nyaman terkepung oleh lingkungan yang sama, teman yang sama, dan kumpulan yang sama. Oleh karena itu jika ingin keluar dari zona tersebut cobalah mencari teman-teman dengan wawasan yang baru juga. Dari sana maka akan muncul pandangan dan ide yang berbeda untuk diterapkan.

Pentingnya Keluar Dari Zona Nyaman

Tentu saja berusaha keluar dari zona yang satu ini tentu dapat memberikan banyak manfaat positif baik dalam karir atau pekerjaan maupun dalam bisnis dan usaha. Dengan bekerja ekstra maka tentunya ada banyak hal yang bisa diraih secara optimal sambil melupakan kondisi yang sudah cukup nyaman tersebut. Seperti yang telah diberikan di atas bahwa dengan mendobrak konsep berada di kondisi yang selalu menyenangkan dapat membuat seseorang beralih menjadi lebih baik dan lebih berkembang.

Bukan hanya itu saja, keluar dari kenyamanan umumnya membuat seseorang berpikir lebih baik dan lebih optimal. Sehingga kemampuan di dalam diri bisa tereksplorasi sepenuhnya. Dengan demikian maka bakat dan potensi diri yang dimiliki jauh lebih maksimal dari yang sebelumnya. Di sisi lain keahlian makin meningkat dan terasah makin tajam. Sementara bagi pengusaha maka hal ini membawa kebaikan termasuk membuat usaha yang dijalankan lebih besar dan menjadi lebih baik.

Demikian juga halnya saat mencoba mencari sistem payroll terbaik untuk perusahaan. Sebaiknya segera beralih pada cara-cara yang lebih mudah, lebih praktis dan lebih moderen. Misalnya yaitu dengan memilih untuk menggunakan JojoPayroll. Produk ini dapat membantu perusahaan dalam membayarkan payroll karyawan perusahaan dengan efektif dan otomatis setiap bulannya. Selain itu juga terintegrasi dengan sistem kehadiran karyawan sehingga membantu perhitungan gaji yang lebih akurat sesuai kehadiran karyawan setiap harinya.

Tentu saja semua manfaat tersebut berkat dukungan dari fitur-fitur yang dimiliki oleh JojoPayroll. Mulai dari fitur Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis ataupun fitur integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini. Jadi tentunya tidak perlu ragu lagi jika ingin memutuskan untuk menggunakan produk ini.

Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan langsung seluruh manfaat JojoPayroll.