Cara Terbaik Membuat Bullet Journal untuk Meningkatkan Produktivitas

bullet journal

Bullet journal mungkin lebih sering dikenal dengan istilah bujo. Istilah ini merupakan sebuah sebutan untuk catatan yang dilakukan secara manual dan dibentuk dengan sangat menarik. Bahkan bujo ini bisa dibuat pada buku harian Anda ataupun pada buku dan daftar agenda Anda. Sebenarnya bullet journal ini tidak sama dengan buku harian atau diary yang bisa ditulis dan dibuat oleh beberapa orang. Bujo bahkan bisa saja lebih dari sekedar buku harian. Sebab bujo bisa diguankan pula untuk kepentingan lainnya. Dan dalam membuatnya tentu saja Anda bisa mengkreasinya dengan semenarik mungkin. Tampilan bujo bisa dibuat dengan sesuka hati Anda sehingga penampilannya tampak sangat menarik.

Manfaat Bullet Journal

Lebih teroganisir

Dengan adanya bullet journal atau bujo maka Anda bisa memiliki tempat untuk menulis segala sesuatu yang dinilai penting. Hal yang bisa ditulis dan dirasa penting misalnya meliputi kegiatan sehari-hari. Mulai dari mood tracker hingga track habbit dan lain sebagainya saertabeberapa ide baru bisa dituliskan di bujo milik Anda. Bahkan Anda juga bisa menuliskan tujuan aktivitas di masa depan. Dengan adanya buo ini maka Anda bisa lebih terbantu terutama dalam hal mencatat seluruh kegiatan atau aktivitas tertentu. Anda bisa mencatat kegiatan sehari-hari sehingga menjadi lebih mudah untuk memantau apa saja yang telah Anda lakukan selama ini.

Lebih semangat

Selain lebih teroganisir tampaknya bujo juga memiliki manfaat lainnya. Yaitu bujo dapat menimbulkan semangat yang baru bagi Anda. Jadi jika Anda terbiasamennuliskan jadwal kegiatan atau tugas pada bujo maka Anda bisa melihat bujo kembali untukmelakukan penyelesaian tugas. Tentunya Anda akan menjadi lebih bersemangat dalam melakukan penyelesaian tugas. Sekalipun rupanya Anda mungkin memiliki lebih dari satu tugas yang harus segera diselesaikan. tentu tidak perlu takut dan khawatir lagi mengenai jadwal pengerjaan tugas sebab jadwalnya telah tertuang di bujo. maka Anda akan semakin bersemangat dalam melakukan dan menyelesaikan seluruh tugas yang judah dijadwal.

Mengembangkan kreativitas

Tampaknya bujo tidak sellu menjadi suatu tempat bagi Anda untuk mengingat kembali seluruh tugas atau kegiatan yang harus dilakukan. Namun secara lebih jauh bujo ini juga dapat semakin mengembangkan kreasi Anda. Sebab pada dasanya bujoini merupakan suatu buku harian yang bisa dibuat dengan sesuka hati Anda dan sesuai dengan kemauan pribadi Anda. Maka Anda bisa membuat bujo hingga tampilannya menjadi seperti yang Anda inginkan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam membuat bujo hingga tampilannya sangat menarik. Misalnya saja dengan menggunakan beberpa potongan gambar yang diperoleh dari media internet dan lain sebagainya. Anda bisa mengasah kreativitas untukmembuat bujobisa tampil sangat menarik.

Menghadirkan inspirasi

Membuat atau menyusun bujo juga tentu dapat menambah inspirasi bagi Anda. Sebab Anda akan selalu mencoba untukmencari ide baru dalam membuat bujo. Tentunya akan ada banyak ragam variasi yang dibuat dalam bujo sehingga bujo menjadi sangat menarik. Selain itu diperlukan pula sebuah inspirasi untuk menentukan hal atau kegiatan apa yang akan Anda lakukan dan ditulis di burjo. Untuk menyusun semua itu tentu saja diperlukan sebuah inspirasi yang penuh dengan berbagai ide baru. Oleh karena itu dengan membuat bullet jornal maka Anda akan selalu mengasah otak untuk terus mencari inspirasi demi inpirasi yang tentunya kreatif dan juga pernuh kejutan.

Menghadirkan motivasi

Selain menghadirkan inspirasi rupanya pembuatan bullet journal juga dapat memberikan dan menghadirkan motivasi. Dengan adanya motivasi maka sudah pasti Anda akan selalu berusaha untuk melakukan banyak hal. Seluruh hal tersebut bisa Anda tuliskan di bujo yang menarik. Maka Anda juga akan sellau termovasi untuk bisa merealisasikan setiaphal atau kegiatan dan rencana yang telah ditulis di bujo. Setiap orang memang memerlukan motivasi tersendiri agar dapat mencapai apa yang diinginkan. Seluruh hal yang dilakukan juga sudah seharusnya dilandasi adanya motivasi tersendiri. Maka apa yang dilakukan tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana dan membuahkan hasil yang terbaik.

Membuat Bullet Journal

Memahami fungsi bullet journal

Sebelum membuat sebuah bullet journal atau bujomaka tentu saja Anda harus memahaminya dengan baik. Pahamilah apa fungsi bullet journal yang sebenarnya. maka Anda akan membuat sebuah bujodengan fungsi yang tepat.

Mempersiapkan peralatan

Selanjutnya Anda bisa mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bujo. Beberapa peralatan yang diperlukan misalnya alat tulis naik berupa bolpoin atau gel pen atau lainnya. Anda mungkin juga membutuhkan beberapa kertas pelengkap seperti origami dan peralatan lainnya seperti misalnya stiker ataupun selotip dan juga alat warna.

Membuat halaman index

Bila segala peralatan telah siapmaka Anda bisa mulai membuat bullet journal. Untuk membuatnya maka Anda bisa memulainya dari membuat index. Yang dimaksud dengan index disini adalah daftar isi jurnal. Index ini sebenarnya sangat penting. Sebab index ini akan mempermudah Anda dalam membuka bujo dan mencari agenda yang sedang dibutuhkan. Untuk itu sebaiknya Anda juga membuat nomer halaman pada tiaphalaman bujo sehingga bisa memeprmudah Anda.

Menuliskan catatan

Setelah mempersiapkan halaman untuk index maka selanjutnya Anda bisa mulai menuliskan catatan. Penulisan catatan mungkin bisa dimulai dengan perencanaan aktivitas Anda kedepannya. Jadi Anda bsia menyusun jadwal kegiatan di tiap halaman. Anda juga bisa menghiasnya sehingga lembar agenda kegiatan Anda bisa tampil memikat dan enak dipandang mata.

Mengisi quotes

Jika memang bujo telah terisi jadwal harian Anda maka berarti Anda telah selesai menyusun bujo tersebut. Mungkin Anda bisa menambahkan beberapa quotes yang sekiranya dapat semakin memotivasi Anda dalam menjalani hari-hari Anda.

Penggunaan Bullet Journal

Bullet journal atau yang juga sering disebut bujo bisa menjadi semacam agenda bagi Anda. Maka Anda bisa menggunakannya untuk mengingatkan Anda kembali mengenai apa saja yang harus dilakukan di satu hari penuh. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa menemukan beberapa quotes yang terdapat di bujo sehingga bisa menjadi self reminder. Maka hari-hari Anda akan dilewati dengan semangat baru.

Tentunya hal ini persis dengan saat perusahaan mencoba untuk beralih pada sistem keuangan yang efektif. Misalnya saja dengan jalan memilih menggunakan JojoExpense. Tentunya dengan sistem yang ditawarkan oleh produk ini, maka keuangan perusahaan jauh lebih terkontrol. Dan bahkan dapat terhindar dari resiko penipuan dan kecurangan.

Hal tersebut berkat adanya fitur-fitur yang terselip di dalam JojoExpense sendiri. Sebut saja fitur-fitur sebagai berikut.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, tidak perlu berpikir lebih jauh. Segera beralih pada JojoExpense dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan kehebatannya!