Creative Accounting : Pengertian, Alasan, dan Model Penerapannya

creative accounting

Saat memahami status keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu, Anda perlu memahami cara mudah menganalisis laporan keuangan. Saat menyiapkan laporan keuangan, Anda harus memahami metode akuntansi kreatif (Creative Accounting), dimana metode akuntansi kreatif ini menarik perhatian akuntan.

Penting untuk secara serius mempertimbangkan penerapan metode akuntansi yang inovatif dalam pengelolaan laporan keuangan, karena hal ini akan mempengaruhi reputasi perusahaan itu sendiri. Dari perspektif akuntansi, metode akuntansi kreatif biasanya melibatkan kecurangan dalam praktik akuntansi, yang dapat menimbulkan bencana bagi perusahaan. Anda dapat menggunakan metode penanganan yang seimbang agar laporan keuangan dapat memenuhi standar dan terhindar dari kecurangan akuntansi.

Pengertian Creative Accounting

creative accounting

Akuntansi kreatif adalah penggunaan kemampuan tertentu oleh semua pihak untuk memahami pengetahuan akuntansi (termasuk standar, teknik, dll.) dan menggunakannya untuk memanipulasi semua proses pelaporan keuangan.

Semua pihak yang terlibat dalam proses akuntansi kreatif, seperti manajer, akuntan (karena aturan profesional, ada beberapa kasus yang melibatkan akuntan yang berpartisipasi dalam proses akuntansi kreatif), pemerintah, asosiasi industri, dll.

Akuntansi kreatif melibatkan banyak manipulasi, penipuan, dan kesalahan penyajian laporan keuangan, seperti permainan pembukuan (memilih untuk menggunakan metode alokasi untuk mempercepat atau menunda konfirmasi transaksi dari satu periode ke periode lainnya).

Akuntansi Kreatif (“CA”) pada dasarnya mengacu pada permainan angka dalam laporan keuangan. CA bisa positif atau negatif, namun kecenderungannya banyak orang yang menganggap CA ilegal karena ditujukan untuk perilaku ilegal.

Tujuan dari metode Creative Accounting

creative accounting

Berbagai perusahaan yang menggunakan metode akuntansi inovatif tentunya memiliki tujuan untuk memaksimalkan manfaat metode akuntansi yang inovatif, diantaranya:

  1. Untuk menghindari perpajakan.
  2. Data keuangan bank rekayasa untuk mendapatkan pinjaman.
  3. Capai target yang ditentukan oleh analisis pasar.
  4. Menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pinjaman bank dalam kondisi tertentu.
  5. Membuat para pemegang saham terkesan, mereka telah berhasil mencapai kinerja yang cemerlang.
  6. Memanipulasi harga saham.

Alasan Menggunakan Creative Accounting

creative accounting

Keragaman perlakuan akuntansi berasal dari fleksibilitas pelaporan keuangan, karena standar akuntansi memungkinkan hal ini. Menurut standar ini, perusahaan dapat secara fleksibel memilih dan menerapkan berbagai model pengukuran.

Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak di area bisnis yang sama dapat memberikan laporan yang berbeda. Begitu pula untuk transaksi keuangan, kondisi ekonomi yang ada tidak selalu sama, sehingga untuk perusahaan sejenis pun dapat digunakan model pengukuran yang berbeda.

Beberapa contoh fleksibilitas ini adalah: menentukan biaya persediaan (FIFO dan rata-rata), pengakuan pendapatan (kas, tingkat angsuran atau penyelesaian), model pengukuran aset (tersedia dua metode pengukuran: metode biaya dan metode revaluasi dan berbagai yang tersedia. metode). Jenis metode penyusutan aset), tes penurunan nilai (standar memberikan opsi untuk menilai penurunan nilai) dan estimasi cadangan (tergantung pada pertimbangan manajemen).

Menerapkan prinsip akuntansi secara aktif. Terkadang perusahaan akan secara aktif mengadopsi PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) agar kinerja laporan keuangannya terlihat lebih menarik dan lebih baik, daripada menggunakan PSAK yang fleksibel untuk menampilkan laporan keuangan yang wajar. Beberapa dari praktik ini termasuk melebih-lebihkan biaya restrukturisasi perusahaan, menetapkan persentase pekerjaan yang diselesaikan, menunda biaya proyek dan mengimbangi hutang dagang.

Untuk alasan manajemen pendapatan, entitas berusaha untuk menunjukkan pendapatan yang stabil atau stabil di setiap periode pelaporan. Menurut keadaan saat ini, pengelolaan pendapatan dapat dilakukan dengan cara menunda atau mempercepat pendapatan atau pengeluaran.

Perusahaan sering mendistorsi laporan keuangan karena beberapa alasan. Termasuk: tujuan tinggi yang ditetapkan oleh pemegang saham dan kebijakan ketat yang ditetapkan oleh badan pengatur. Justru karena alasan terakhir inilah banyak manajemen perusahaan yang pada akhirnya melanggar rule of law.

Jenis Creative Accounting

pena akuntan

Saat ini, empat jenis CA sering ditemukan, yaitu: akuntansi agresif, manajemen pendapatan, perataan pendapatan, dan pelaporan keuangan yang mengandung kecurangan.

Akuntansi agresif adalah tujuan memilih dan menerapkan standar akuntansi, yang bertujuan untuk membuat pendapatan tahun berjalan lebih tinggi, terlepas dari apakah praktik tersebut sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum.

Manajemen laba mengacu pada, misalnya, manajemen perkiraan yang ditentukan oleh analis atau manipulasi target yang telah ditentukan untuk mendapatkan angka yang konsisten dengan arus laba yang lebih lancar dan berkelanjutan.

Perataan pendapatan adalah bentuk pengelolaan pendapatan yang dirancang untuk menghilangkan aliran laba yang berfluktuasi, termasuk metode untuk mengurangi dan “menyimpan” laba saat kinerja keuangan membaik. Sehingga laba dapat digunakan saat kinerja keuangan menurun. Penelitian sarjana saya secara khusus membahas masalah ini.

Laporan keuangan yang mengandung kecurangan adalah pernyataan atau kelalaian yang sengaja dibuat palsu (dipercayakan). Atau pengungkapan angka-angka dalam laporan keuangan, dan dirancang untuk menipu pengguna laporan keuangan melalui cara-cara administratif, perdata atau pidana. Jenis terakhir kemungkinan besar digunakan untuk tujuan ilegal.

Penerapan Creative Accounting

Dalam penerapannya berbagai model telah diimplementasikan dalam kerangka metode akuntansi kreatif, antara lain sebagai berikut:

Taking Bath

Model jenis ini biasanya terjadi ketika manajer baru ditekan untuk menghindari kegagalan akibat kegagalan manajer lama. Biasanya, model ini akan mengubah biaya tidak menguntungkan pada periode berjalan. Dengan cara ini, perkiraan biaya di masa depan akan berubah, yang disebut membersihkan geladak. Estimasi biaya akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi di periode mendatang dibandingkan periode sebelumnya.

Minimalkan pendapatan

Jenis ini hampir sama dengan model “taking bath”, tetapi jenis ini dijalankan pada saat perusahaan memperoleh laba yang tinggi. Biasanya model jenis ini melibatkan penghapusan barang modal, aset tidak berwujud, biaya iklan, biaya penelitian, dan biaya pengembangan usaha.

Fungsi dari fungsi minimalkan pendapatan ini agar tidak menarik perhatian semua pihak (pengambil keputusan). Selain itu, tujuan write-off adalah untuk meminimalkan nilai return on asset (ROA) sesuai tujuan yang diinginkan oleh pengambil keputusan.

Maksimalkan pendapatan

Model jenis ini bertujuan untuk memaksimalkan tingkat keuntungan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar, namun keuntungannya masih dibawah batas atas yang telah ditentukan.

Perataan pendapatan

Perataan laba adalah upaya yang disengaja untuk meningkatkan tingkat laba tanpa menimbulkan fluktuasi yang signifikan pada perusahaan dan juga dapat mengurangi adanya keuntungan abnormal atau eksternal yang dihasilkan oleh tujuan perusahaan, sehingga perataan pendapatan dapat mempengaruhi keputusan strategis pimpinan.

Waktu konfirmasi pembayaran

Model jenis ini biasanya diterapkan oleh perusahaan selama pengakuan pendapatan dan pengakuan biaya. Dalam pengertian ini, pengakuan beban adalah suatu metode pencatatan beban dalam laporan laba rugi yang berkaitan dengan beban yang harus diakui pada periode yang sama dengan penghasilan terkait.

Saat menghitung biaya dan pendapatan perusahaan, Anda dapat menggunakan alat seperti perangkat lunak akuntansi. Software akuntansi dapat memenuhi semua kebutuhan keuangan perusahaan dalam sistem aplikasi keuangan perusahaan yang disebut JojoExpense. Sistem ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan real-time yang dapat membantu menganalisis, memeriksa, dan mengembangkan perusahaan.

JojoExpense adalah sebuah software akuntansi yang praktis dan sederhana bagi ribuan pemilik bisnis, walaupun mereka tidak memiliki latar belakang keuangan atau akuntansi dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Coba Software JojoExpense gratis di sini.