Personalized Marketing : Pengertian, Keuntungan, dan Penerapannya

personalized marketing

Memasarkan produk di suatu perusahaan memang tidak mudah, Anda harus memahami strategi pemasaran produk yang efektif. Salah satunya adalah personalized marketing dan Konsumen saat ini mengharapkan merek untuk melakukan lebih banyak upaya pemasaran pribadi dan menghasilkan konten yang sesuai dengan minat mereka.

Menemukan bahwa perusahaan dengan kinerja baik 51% lebih mungkin menggunakan pemosisian dan segmentasi data daripada perusahaan dengan kinerja buruk. Masuk akal, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika 34% konsumen mendapatkan konten yang berkaitan dengan minatnya, mereka akan lebih termotivasi untuk mempromosikan merek favoritnya. Saat ini, konsumen tidak hanya mengharapkan pemasaran yang dipersonalisasi, tetapi juga sangat menghargainya.

Apa itu Personalized Marketing?

personalized marketing

Personalized Marketing adalah metode yang digunakan penjual untuk memasarkan produk secara pribadi atau individual. Personalised marketing tentu saja berbasis data untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Teknologi pemasaran yang dipersonalisasi ini dapat dicapai dengan berbagai cara, dan teknologi tertentu memiliki keunggulan dibandingkan yang lain.

Personalised marketing sangat penting untuk perkembangan bisnis karena dapat meningkatkan hubungan dengan konsumen dan tetap loyal terhadap produk yang Anda jual. Teknologi yang digunakan berupa algoritma, dan metode pengumpulan atau penganalisaan data menjadi faktor penentu tingkat efektifitas personal marketing.

Pemasaran yang dipersonalisasi adalah bentuk pemasaran baru, yang dapat memperlakukan setiap pelanggan sebagai target pemasaran sebagai individu yang unik. Menurut survei, 98% pengguna media sosial di Indonesia merespons positif konten pemasaran pribadi. Hal ini menghasilkan efisiensi pemasaran individu 300% hingga 1000% lebih tinggi daripada eksekusi skala besar.

Keuntungan Menggunakan Personalized Marketing

personalized marketing

Pemasaran yang dipersonalisasi memiliki banyak keuntungan. Melalui pemasaran yang dipersonalisasi, ada baiknya juga menggunakan strategi pemasaran STP (Segmenting Targeting Positioning) untuk mengontrol produk Anda dengan lebih efektif. Beberapa keuntungan pemasaran yang dipersonalisasi adalah:

Menarik perhatian konsumen

Keuntungan pertama dari hal ini adalah untuk menarik perhatian konsumen. Dalam pemasaran yang dipersonalisasi, sepotong informasi pribadi dikirimkan ke pasar sasaran Anda, yang tentunya untuk menarik perhatian konsumen. Tentunya informasi moral semacam ini harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian konsumen.

Tingkatkan penjualan

Seperti pemasaran umum, keuntungan kedua adalah peningkatan penjualan. Untuk meningkatkan penjualan perusahaan, sebaiknya menggunakan strategi untuk meningkatkan tingkat konversi penjualan. Buat konten yang dipersonalisasi untuk membuat produk dan layanan bermanfaat bagi kehidupan. Akhirnya, tujuan akhir mengedepankan keputusan pembelian konsumen.

Jalin hubungan yang baik dengan konsumen

Upaya pemasaran individual akan membuat merek lebih akrab dan lebih dekat dengan konsumen. Ini adalah langkah awal untuk membangun hubungan yang baik dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Buat konsumen melihat kedepan dalam Personalized Marketing

Keuntungan berikutnya adalah dampak lanjutan dari kesuksesan merek dalam meningkatkan pengalaman konsumen. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sesuatu yang menyentuh dan tertanam di hati pasti akan membuat konsumen loyal untuk kembali memilih produk dan layanan tersebut.

Meningkatkan pengalaman konsumen

Pengalaman pelanggan adalah bagian penting dari strategi pemasaran apa pun. Pada tahap ini konsumen tidak hanya memperoleh informasi, tetapi juga memperoleh dan berpartisipasi dalam produk dan layanan yang diberikan.

Pasalnya, hal-hal yang dialami secara langsung biasanya lebih mengharukan dan mengingatkan hati konsumen. Interaksi dengan konsumen yang ditunjukkan dalam pemasaran yang dipersonalisasi merupakan cara efektif untuk membuat konsumen merasa terhubung.

Contoh Personalized Marketing

personalized marketing

Berikut ini contoh personalized marketing yang telah banyak dilakukan oleh perusahaan besar di dunia:

Kursus bahasa Inggris di Wall Street diundang untuk menguji kemampuan bahasa Inggris melalui pemasaran email. Banyak merek sering mengirimkan undangan email untuk berpartisipasi dalam acara, tetapi apa yang membuat Wall Street unik? Wall Street (Wallstreet) memang mencantumkan nama konsumen sasaran, yang memberikan perasaan pribadi. Ini akan membuat konsumen lebih peduli! Di era persaingan bisnis digital seperti sekarang ini, personal style sangatlah penting.

Amazon akan menampilkan informasi tentang buku yang direkomendasikan kepada konsumen di situs Amazon berdasarkan buku yang sering dicari pengguna tersebut. Begitu juga dengan Zalora menggunakan pemasaran email untuk mempromosikan penjualan melalui pemberitahuan ulang tahun pelanggannya.

Penerapan Personalized Marketing

penerapan

Dalam dunia bisnis, khususnya untuk bagian pemasaran, Anda harus memahami konsep pemasaran yang efektif. Konsep pemasaran yang dipersonalisasi dapat mendorong perkembangan bisnis Anda dan memahami bagaimana menerapkan konsep personalisasi pemasaran dalam bisnis Anda:

Kumpulkan kontak pelanggan

Metode pertama adalah mengumpulkan kontak pelanggan. Menentukan strategi dan fokus pemasaran adalah keuntungan berhubungan dengan konsumen, khususnya email. Karena melalui hubungan ini, para pebisnis dapat mendeteksi apa yang dicari konsumen setiap kali mereka “mengklik”.

Dengan cara ini, para profesional bisnis dapat secara akurat mengetahui konten, insentif, dan saran yang terkait dengan setiap konsumen. Karena semakin banyak kontak yang Anda kumpulkan, personalisasi akan semakin efektif.

Sapa konsumen secara pribadi

Disarankan agar Anda mencantumkan nama dan sapaan informal di setiap email yang Anda kirim ke konsumen. Sehingga konsumen pasti akan merasa familiar dengan pengirim email tersebut. Sekalipun email tersebut berisi iklan, perasaan akrab tersebut bukan tidak mungkin menarik seseorang untuk membuka email tersebut.

Transformasi teknis

Pemilik bisnis harus memastikan bahwa platform teknologi yang mereka gunakan dapat menangani data, segmentasi, dan otomatisasi yang diperlukan dalam strategi pemasaran. Karena mengadopsi teknologi yang tepat akan sangat menghemat waktu pemrosesan data konsumen dalam jumlah besar.

Lebih banyak situs web atau aplikasi pribadi

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat landing page yang menarik yang sesuai dengan kepribadian konsumen sasaran. Cara terbaik adalah memodifikasi gambar, pesan, dan desain yang ditampilkan di situs web.

Konten dekat dengan konsumen

Saran dapat memberikan beberapa konten yang bermanfaat di dalamnya, biasanya sangat dekat dengan kehidupan, dan kemudian terhubung dengan produk dan layanan yang disediakan.

Berinteraksi dengan konsumen

Pastikan untuk selalu mengontrol aktivitas media sosial dan selalu ada saat konsumen membutuhkan bantuan atau Anda bisa mendekatkan merek ke konsumen dengan membuat konten interaktif.

Kesimpulan

Oleh karena itu, beberapa alasan perlunya menerapkan pemasaran yang dipersonalisasi dibahas. Untuk mengembangkan bisnis Anda, integrasikan situs web toko online Anda dengan gateway pembayaran sehingga Anda dapat menerima pembayaran langsung di situs web Anda.

JojoPayroll adalah payment gateway terbaik di Indonesia dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Dengan gateway pembayaran JojoPayroll, semua transaksi online Anda akan berjalan otomatis tanpa konfirmasi manual.

JojoPayroll juga menggunakan CyberSource API yang merupakan perusahaan pengelola pembayaran terbesar di dunia di bawah VISA. Oleh karena itu, mulai dari keamanan dan kenyamanan bertransaksi, bisnis Anda akan mendapatkan nilai di mata konsumen.

Daftar sekarang untuk menikmati layanan uji coba gratis JojoPayroll yang mempunyai fitur lengkap, dukungan penuh dari tim Jojonomic, dan transisi mudah ke fungsi mengaktifkan akun pemilik bisnis. Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang produk Jojonomic, Anda dapat menghubungi tim Jojonomic segera disini.