Penyebab Creative Block Yang Sebaiknya Berusaha Dihindari

creative block

Creative block bisa digambarkan sebagai suatu keadaan dilema yang umumnya dialai oleh para penggiat kreatif. Jadi jika Anda suka bergelut dengan dunia kreatif di bidang apa saja maka Anda akan seringkali mneghadapi kondisi ini. Mungkin istilah creative block ini juga bisa disebut dengan kosakata yang lebih sederhana seperti misalnya stuck. Atau istilah lain yang lebih mudah diterima oleh masyarakat adalah tidak adanya inspirasi.

Jika Anda mengalami kondisi ini maka hal ini berarti pula bahwa Anda sudah tidak dapat lagi menciptakan suatu hasil karya. Sebab pada saat hal ini terjadi umumnya kondisi Anda memang sudah menolak untuk memberikan kreasi sehingga tidak tercipta lagi suatu hasil karya.

Penyebab Creative Block

Hilang mood

Saat Anda kehilangan mood maka bisa saja Anda merasa sudah tidak mampu lagi menjadi kreatif. Sebab mood yang hilang bisa memudarkan semangat untuk berkarya. Biasanya rasa sedih dan marah serta bingung bisa menghambat seseorang untuk menjadi kreatif di berbagai situasi.

Tidak ada kreasi

Kondisi lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya creative block adalah tidak adanya kreasi lagi pada diri seseorang. Mungkin saja Anda sudah terlalu banyak mengeluarkan ide sehingga tidak ada lagi ide yang tersisa. Atau Anda mungkin sudah lelah untuk mencari ide sehingga sudah tidak memiliki daya kreasi lagi. Hilangnya kreasi tentu akan membuat Anda tidak menjadi kreatif lagi dalam menciptakan sesuatu.

Emosi negatif

Menjalankan suatu tugas dan tanggung jawab rupanya juga bisa terhambat oleh adanya emosi negatif yang muncul dalam diri seseorang. Saat Anda merasakan emosi negatif maka Anda akan mengalami bbosan dan tidak mood lagi. Tentu Anda akan menjadi malas untuk berkreasi sehingga tidak lagi menjadi kreatif.

Perencanaan buruk

Salah satu hal yang juga menyebabkan orang tidak menjadi kreatif lagi adalah karena adanya perencanaan yang buruk. Artinya kerangkan kerja kurang atau bahkan tidak tepat sehingga kegiatan Anda menjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Perencanaan atau kerangka kerja yang buruk dan tidak tepat tentu akan memberikan hasil yang tidak maksimal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terbatasnya bahan

Tidak lagi menjadi kreatif juga bisa terjadi karena adanya keterbatasan seseorang dalam memenuhi segala bahan atau alat yang diburuhkan. Jika memang muncul ide namun kondisi keuangan terbatas maka tidak akan bisa dilakukan pembelian bahan dan alat untuk menuangkan ide. Hal ini juga akan mendorong timbulnya creative block pada seseorang.

Masalah pribadi

Penyabab lainnya yang juga berpeluang menimbulkan terjadinya creative block adalah timbulnya masalah pribadi dalam diri seseorang. Masalah pribadi ini tentu saja bsia menurunkan mood dan meningkatkan emosi negatif. Jika Anda mengalaminya maka bisa saja And amerasa bosan dengan semuanyasehingga kreatif menjadi terhambat. Maka dari itu setiapmasalah yang dihadapai harus diselesaikan.

Solusi Creative Block

Tingkatkan motivasi

Salah satu solusi yang bisa diupayakan untuk tetap menjaga kreativitas adalah meningkatkan motivasi diri. Atau bisa juga Anda mendapatkan self-reminder sehingga Anda tidak sampai menyerah. Dengan adanya motivasi maka Anda tentu bisa menjadi kreatif secara lebih konsisten. Selain itu Anda juga akan bisa terus menghasilkan karya terbaik dan penuh kreativitas.

Cari inspirasi

Anda juga bisa mencari inspirasi agar tetap bisa menjadi seseorang yang kreatif. Dengan adanya inspirasi maka Anda bisa menemukan banyak ide. Jadi kreasi Anda tidak akan sampai mati. Sebaliknya Anda akan terus mendapatkan contoh kreasi baru dan mengembangkannya hingga menjadi hasil karya yang lebih baik.

Kebiasaan positif

Untuk mengatasi creative block maka Anda juga bisa melakukan berbagai upaya untuk selalu berikir dan bersikap positif. Untuk menumbuhkan pikiran dan sikap positif ini juga bisa dilakukan kegiatan rutuin seperti misalnya olahraga atau konsumsi buah-buahan dan sayur segar. Maka Anda akan memiliki pola hidup sehat. Dengan adanya pola hidup yang sehat maka Anda akan memiliki kebiasaan yang cenderung bersifat positif.

Bekerja efektif

Mengatasi kondisi creative block juga bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk dapat bekerja secara efektif. bekerja secarqa efektif akan membantu Anda untuk bisa menciptakan ide dengan baik. maka seluruh kegiatan akan dilakukan berdasarkan apda ide yang telah tercipta tersebut.

Menambah penghasilan

Anda juga bisa menambah penghasilan agar ide kreatif Anda bisa selalu dituangkan dengan baik dan lancar. Menambah penghasilan bisa dilakukan misalnya dengan menambah sumber pendapatan. Jika memang penghasilan sudah lebih maka Anda bisa mengumpulkan dana untuk bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan. Jadi segala proses kreasi Anda bisa didukung dan pada akhirnya bisa terwujud dengan baik.

Menyelesaikan masalah

Solusi terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi creative block adalah dengan menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Penyelesaian masalah bisa dilakukan baik secara mandiri maupun dengan bantuan orang lain. Yang jelas setiap masalah haruslah diselesaikan agar tidak sampai menghambat kemajuan Anda. Dengan adanya penyelesaian masalah maka hidup And abisa jadi lebih tenang.

Bahaya Creative Block

Creative block seringkali dianggap tidak penting dan sepele. Namun sebenarnya hal ini merupakan suatu ancaman bagi seorang penggiat kreatif. Sebab kondisi ini umumnya merupakan waktu saat Anda sudah tidak dapat lagi menciptakan sesuatu. Di lain hal mungkin saja Anda perlu dna harus menciptakan suatu hasil karya. Namun adanya rasa bosan dan malas serta tidak adanya ide bisa saja membuat Anda terjebak dalam kondisi creative block.

Hal ini tentu saja bisa berbahaya bagi Anda yang memang memiliki tugas dan tanggung jawab berhubungan dengan kegiatan penciptaan krasi atau karya. Sebab kondisi stuck akan membuat Anda berhenti berkarya. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi maka Anda akan berhenti berkarya dan bahkan tidak ada keinginan untuk memulainya lagi. Creative block juga menyababkan Anda tidak lagi menjadi kreatif. Oleh karena itu sebisa mungkin sebaiknya kondisi ini haruslah diatasi. Jangan sampai And alarut dalam keadaan yang membuat Anda tidak ingin mengalami proses kreatif lagi. Sebab kehidupan ini membutuhkan adanya kreasi agar Anda bisa menuju kesuksesan.

Sama juga saat sedang memilih sistem payroll efektif bagi perusahaan. Sebaiknya gunakan saja JojoPayroll dan bukan yang lain. Mengapa? Karena produk ini merupakan payroll yang terbukti efektifitasnya. Selain itu lebih efisien serta dapat diatur secara otomatis. Perhitungan dan pembayaran payroll menjadi jauh lebih mudah.

Yang pasti semua manfaat ini tercipta berkat fitur-fitur terbaik yang diberikan oleh JojoPayroll. Contohnya saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, maupun fitur Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada produk yang hebat ini. Segera percayakan sistem payroll Anda pada JojoPayroll saja. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dan buktikan sendiri seluruh manfaatnya segera.