Jenis Cyber Attack Yang Sebaiknya Dihindari Sedini Mungkin

cyber attack

Cyber attack mungkin saja menjadi semacam momok dan menakutkan bagi semua orang. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis maka Anda pasti mengkhawatirkan hal yang satu ini. Beberapa perusahaan memang mengalami kerugian karena adanya faktor penyebab yang berhubungan dengan cyber attack. Berbagai data yang tadinya aman menjadi tidak aman lagi dan pada akhirnya merugikan perusahaan. Semua ini bisa terjadi karena adanya serangan di bidang digital atau cyber yang dapat menembus keamanan perusahaan. Oleh karena itu sebaiknya Anda memahami istilah ini secara lebih lanjut agar bisa mencegah kehadirannya.

Jenis Cyber Attack

DoS

DoS atau Denial of Service merupakan jenis serangan cyber yang melumpuhkan website. Jadi siapapun tidak akan bisa melakukan akses ke website tersebut.

Malware

Serangan ini hadir dalam bentuk perangkat lunak dengan kadar bahaya yang cukup tinggi. Serangan jenis ini bahkan bisa dengan cepat merusak apa saja.

Phishing

Phishing pada dasarnya berhubungan dengan aktivitas pencurian data. Misalnya saja degan melakukan pencurian PIN atau password dan juga username.

Credential Reuse

Konsep bagi serangan cyber jenis ini adalah penggunaan ulang beragam informasi yang sebelumnya sudah didapatkan oleh hacker. Oleh karena itu password perlu diubah secara berkala.

SQL Injection

Untuk jenis ini biasanya dilakukan oleh hacker secara manual. Caranya adalah dengan memasukkan kode berupa tanda. Misalnya seperti titi dan strip serta petik tunggal.

Cross-Site Scripting

Hacker bisa mendapatkan username dan password dan kemudian merusak situs website. Dengan adanya serangan jenis ini maka berbagai data bisa dimiliki oleh hacker.

Man in the Middle

Pada jenis ini ditekankan bahwa hacker berada di tengah dua orang yang saling berkomunikasi. tentu informasi bisa dicuri oleh hacker.

Menghindari Resiko Serangan Cyber

Identifikasi ancaman

Sebaiknya segera lakukan identifikasi dini akan adanya berbagai celah kebocoran data. Dengan adanya identifikasi sejak dini ini maka perusahaan bisa terhindar dari serangan cyber attack. maka perusahaan tidak akan mengalami malapetakan atau kerugian di kemudian hari.

Menyadari cybercrime

Serangan cyber yang juga lebih sering disebut cyber crime merupakan sebuah ancaman nyata. Maka kejahatan cyber ini haruslah disadari agar perusahaan bisa selalu waspada. Anda mungkin bisa mengantisipasinya misalnya dengan memilah penyimpanan informasi dengan penjagaan yang lebih ketat.

Kontrol pegawai

Pastikan seluruh pegawai anda tetap bekerja secara aktif dan loyal. Sebab pegawai yang tidak loyal bisa saja melakukan tindakan serangan terhadap data perusahaan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya karena pegawai bsia dengan mudah melakukan serangan ini. Maka pastikan bahwa integritas para pegawai Anda bisa dijamin.

Otentikasi ganda

Otentikasi ganda memang tidak bisa menjamin sepenuhnya bahwa data Anda akan terhindar dari serangan cyber. Namun setidaknya upaya inio dapat semakin memnimalkan resiko. Sebaiknya sarankan para pegawai Anda untuk melakukan otentikasi ganda ini sehingga bebas dari serangan cyber.

Audit berkala

Audit berkala memang diperlukan terutama untuk melindungi data yang ada. Anda bisa menyewa jasa konsultasn cyber security untuk melakukannya sehingga data Anda bisa selalu aman. Anda juga bisa merekrut jasa security yang bertanggung jawab terhadap keamanan dalam sebuah bisnis.

Sign off

Aturan sign off ini bisa berfungsi untuk mencegah kebocoran informasi internal. Jadi informasi dan data serta rahasia perusahaan akan tetap aman dan tidak akan bocor. Cara ini bisa diterapkan dengan menganjurkan para pegawai yang keluar dari perusahaan untuk mengembalikan seluruh gawai.

Lindungi data

Setiap data yang penting haruslah disimpan dan dilindungi agar tidak sampai diretas oleh pihak lain. Untuk menjalankan hal ini maka Anda bisa menggunakan prosedur pengecekan ganda. jadi Anda bisa memastikan siapa saja yang bisa melakukan akses data.

Uji resiko

Mengurangi resiko cyuber attack juga bisa dilakukan dengan cara melakukan pengujian resiko. Langkah pengujian ini perlu dilakukan secara berkala. Dalam hal ini diperlukan adanya cyber security yang akan membantu Anda dalam melakukan penjagaan serta perlindungan berbagai data perusahaan.

Asuransikan bisnis

Adanya asuransi nantinya akan menjadi sebuah investasi jangka panjang yang dapat menyokong perusahaan. Terlebih lagi jika Anda harus berhadapan dengan serangkaian serangkaian peretasan dan juga serangkaian virus. Dengan mengasuransikan bisnis Anda maka perusahaan akan memperoleh proteksi. Jadi seluruh data perusahaan akan menjadi lebih aman dan perusahaan Anda selalu mendapat sokongan perlindungan.

Cari faktor beresiko

Anda juga perlu memahami dengan betul faktor apa saja yang dapat mendorong terjadinya serangan cyber. Dengan mengetahuinya maka Anda dapat melakukan berbagai tindakan preventifdan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga data seklalu aman.

Cara Kerja Cyber Attack

Meretas cloud

Untuk mendapatkan data perusahaan maka para hacker akan berusaha untuk merretas cloud. Hal ini dilakukan salah satunya dengan cara menambah layanan implementasi yang diinjeksi ke solusi virtual machine.

Aktivitas berbahaya

Setelah cloud berhasil diretas maka sistem akan mengalihkan perintah langsung kepada modul yang dibuat oleh para hacker. Hingga akhirnya muncullah serangan cyber yaitu dengan adanya pengiriman serangkaian aktivitas yang berbahaya. Misalnya seperti aktivitas pencurian data dan lainnya.

Melemahkan laman situs

Selama terjadi proses erangan secara cyber umumnya hacker akan menambah skrip malicious. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat melemahkan laman situs. Dengan adanya hal ini maka hacker dapat melumpuhkan database.

Bahaya Serangan

Cyber attack memang menjadi ancaman bagi setiap perusahaan. Sebab serangan di dunia cyber ini dapat merusak seluruh data perusahaan. Bahkan data perusahaan bisa dicuri hingga perusahaan kehilangan berbagai data yang berharga. Tentu saja hal ini menakutkan sehingga tidak diharapkan bisa terjadi pada perusahaan manapun. Oleh sebab itu setiap perusahaan sudah seharusnya memiliki keaman ganda agar tidak sampai mengalami serangan cyber. bagaimanapun juga data yang dimiliki olerh sebuha perusahaan itu sangatlah penting dan bernilai. Tentunya seluruh data haruslah dijaga sebaik mungkin agar tidak sampai hilang ataupun dicuri oleh pihak yang mencari keuntungannya sendiri.

Menghindari cyber attack ini sama halnya dengan menghindari resiko penipuan keuangan dalam perusahaan. Oleh sebab itu sangat perlu untuk memastikan bahwa keuangan perusahaan selalu mudah untuk diawasi kapan saja dan dimana saja. Untuk mendukung hal tersebut sebaiknya cobalah untuk beralih pada JojoExpense. Dengan produk yang satu ini, maka dijamin keuangan perusahaan jauh lebih aman, tercatat secara optimal dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Tentunya berbagai manfaat tersebut berkat adanya fitur-fitur menarik yang diberikan oleh JojoExpense. Misalnya yaitu fitur:

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced 

Oleh sebab itu jangan khawatir, percayakan saja sistem keuangan perusahaan Anda pada JojoExpense. Dapatkan coba gratis dan rasakan sendiri perbedaannya. Yuk, segera dicoba!