Berbagai Penyebab Decision Fatigue Yang Harus Anda Ketahui

decision fatigue

Decision fatigue disebut terjadi terutama saat seseorang sedang mengalami kelelahan mental. Umumnya kelemahan mental ini terjadi karena adanya gangguan pada keseimbangan mental pada seseorang yang terjadi karena harus memilih suatu keputusan. Kondisi ini juga bisa disebut dengan istilah paradox of choice.

Paradox of choice memang bisa saja terjadi pada Anda saat Anda berada dalam kondisi yang mengharuskan Anda untuk melakukan banyak pilihan dan keputusan. Dalam hal ini otak Anda akan menjadi lebih terbebani. Tentu Anda akan sangat bingung mengenai apa yang harus dipilih dan diputuskan. Maka kebingungan ini akan membuat Anda menjadi semakin tertekan sehingga mengalami kelemahan mental yang bisa saja berdampak buruk bagi seluruh aspek kehidupan Anda.

Penyebab Decision Fatigue

Tuntutan untuk memilih

Kondisi lemahnya mental pada seseorang bisa saja terjadi karena semakin banyak pilihan. Memilih mungkin merupakan suatu hal yang sangat sepele. Namun bila memilih hal yang sangat penting dan berpengaruh pada kehidupan Anda tentu memerlukan pertimbangan yang sangat besar. Maka jika terlalu banyak aktivitas memilih bisa saja Anda menjadi lebih tertekan.

Lemah mental

Kondisi mental seseorang yang sejak semula sudah cenderung lemah juga akan membuat orang tersebut lebih mudah mengalami kondisi tertekan dan berujung pada stres. Terlebih lagi bila Anda harus memilih dan mempertimbangkan suatu hal. Maka bisa saja stres yang Anda alami semakin berlarut-larut hingga Anda mengalami kondisi decision fatigue.

Energi terkuras banyak

Saat energi terkuras banyak maka Anda bisa berada dalam kondisi lelah. Saat Anda harus memilih dan memutuskan sesuatu dalamkondisi yang lelah maka Anda bisa saja mengalami kelelahan yang lebih. Rasa lelah ini bisa timbul pada pikiran Anda sehingga Anda pada akhirnya mengalami stres. Maka sebaiknya hindarilah kegiatan emmilih sesuatu saat Anda sedang merasa lelah.

Kurangnya pengelolaan diri

Pengelolaan diri memang haruslah dilakukan dengan tepat. Pengelolaan diri ini turut meliputi pengelolaan emosi. Maka untuk melakukan pengelolaan emosi ini sebaiknya Anda melakukan pengelolaan kondisi pribadi Anda. Pengelolaan diri pribadi ini haruslah dilakukan secara lebih cermat. Dengan demikian maka Anda tidak akan sampai mengalami kelelahan dan lelah mental.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mencegah Decision Fatigue

Menggunakan produk yang sama

Banyaknya pilihan akan membuat Anda merasa semakin bingung. Bayangkan saja Anda harus melihat dan menghadapi berbagai macam hal dan Anda harus memutuskan pilihan dari beberapa varian tersebut di setiap harinya. Untuk menghindarinya maka Anda bisa menggunakan produk yang sama setiap hari. Jadi Anda tak perlu kebingungan untuk memilih. Langkah ini tampaknya merupakan suatu cara sederhana yang dapat membantu Anda agar terhindar dari aktivitas memilih dan memutuskan sesuatu.

Membatasi sumber informasi

Mungkin saja saat ini Anda menjadi orang yang selalu mencari berbagai macam informasi dari beerbagai sumber. Sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi sebab berbagai macam berita atau informasi bisa memberikan tekanan pada mental Anda. Jika Anda memang membutuhkan banyak informasi maka sebaiknya Anda memercayakannya pada satu ataupun dua sumber saja. Aanda tak perlu mencari informasi dari banyak sumber sebab hal ini akan membuat Anda menjadi semakin bingung. Maka Anda akan harus memilih berita atau informasi mana yang sekiranya tepat dan bisa dipercaya.

Mengambil keputusan di pagi hari

Pada pagi hari umumnya kondisi otak seseorang masih fresh. Terlebih lagi jika Anda baru saja bangun tidur dan kemudian segera merapikan diri. Tentu hal ini akan membuat kondisi Anda menjadi terasa lebih segar. Ditambah lagi saat pagi hari Anda belumlah mengeluarkan tenaga yang terlalu banyak sehingga energi tidak banyak terkuras. Jika Anda keluar di pagi hari juga tentunya hal tersebut akan membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh. Tentunya dalam kondisi yang masih segar tersebut Anda bisa segera memutuskan sesuatu. Setiap pilihan yang ada bisa dipertimbangkan dengan lebih baik di pagi hari. Maka apa yang Anda putuskan akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Oleh karena itu memberikan keputusan di pagi hari bisa menjadi sebuah prioritas bagi Anda.

Menyimpan berkas penting

Mencari berkas-berkas tertentu yang sifatnya penting bagi Anda bisa saja membuat Anda merasa lelah dan stres. Untuk menghindarinya maka Anda bisa menyimpan berbagai berkas penting tersebut di satu tempat. Menyimpan berkas penting tentu akan memudahkan Anda untuk menemukannya. Oleh karena itu sebaiknya tempat penyimpanan setiap berkas Anda hendaknya ada di tempat yang mudah dicari. Maka Anda tidak perlu sampai keleahan saat mencari berbagai berkas penting milik Anda tersebut. Tentu kondisi ini akan membantu Anda untuk menghindari kondisi decision fatigue.

Melakukan kegiatan secara tak berlebihan

Setiap hal atau kegiatan atau aktivitas tertentu memang harus dilakukan dengan memusatkan fokus. Sebab dengan adanya fokus maka aktivitas Anda dapt dijalani dengan lebih maksimal. Tentu hasilnya akan menjadi lebih maksimal pula. Namun sebaiknya dalam menajalankan segala macam aktivitas tidak perlu terlalu berlebihan. Jadi Anda tidak sampai merasa lelah karena melakukan kegiatan tersebut. Melakukan suatu hal atau kegiatan juga sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab beraktivitas secara berlebihan akan membuat Anda menjadi lebih mudah letih dan lelah. Akibatnya Anda akan merasa tertekan di berbagai macam kondisi.

Dampak Decision Fatigue

Decision fatigue yang bisa saja dialami oleh seseorang karena adanya tekanan berlebih tentunya bisa memberikan dampak tersendiri bagi orang tersebut. Dampak yang dialami oleh orang yang mengalami decision fatigue atau paradox of choice tentu saja buruk dan negatif. Bila Anda mengalami kondisi paradox of choice maka sebaiknya Anda segera berobat agar kelehan mental yang Anda alami bisa segera diatasi. Sebab jika kondisi ini dibiarkan secara terus-menerus maka bisa saja fokus Anda menjadi berkurang. Kehilangan fokus tentu membuat Anda tidak dapat melakukan segala aktivitas dan pekerjaan dengan baik. Bahkan hal ini akan membuat kinerja dan produktivitas serta kreativitas Anda menjadi semakin menurun. Maka pada akhirnya kehilangan fokus yang Anda alami akan memberikan kerugian pada lingkungan di sekitar Anda.

Tentu saja hal ini seperti saat memilih sistem payroll yang paling tepat di dalam perusahaan. Sebaiknya beralih saja pada JojoPayroll. Sistem ini merupakan sistem pembayaran payroll yang dapat melakukan semuanya secara otomatis. Termasuk perhitungan otomatis serta cetak slip gaji otomatis.

Tentunya hal ini berkat beberapa fitur di dalam JojoPayroll sendiri, contohnya yaiti fitur-fitur menarik berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini
  • Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Nah, tidak perlu ragu jika ingin menggunakan JojoPayroll. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.