4 Cara Financial Management, Prinsip dan Manfaatnya

Bagaimana kondisi keuangan perusahaan anda saat ini? Sebagai pebisnis pasti setuju, segi keuangan adalah permasalahan utama selain aktivitas produksi. Objeknya yang bermanfaat untuk mendongkrak produktivitas usaha sekaligus bisa berisiko jika pengelolaannya tidak baik. Untuk menjaga kondisi perusahaan salah satunya bisa dimulai dari kedisiplinan financial management. Dampaknya performa bisnis pun akan selalu stabil tanpa beban kekurangan finansial.

Oleh karenanya sangat penting untuk melakukan teknik financial management secara tepat. Selain bisnis berjalan optimal, juga akan membuka peluang-peluang menguntungkan. Maka dari itu, berikut ini Jojonomic telah siapkan 4 cara melakukan financial management khusus untuk bisnis anda. Namun, sebelumnya pahami dulu yuk prinsip dan manfaatnya agar penerapan cara tetap di dalam jalurnya.

Prinsip Dalam Financial Management

financial management

Sederhananya prinsip merupakan pedoman dasar dalam melakukan suatu tindakan. Maka dalam konteks financial management artinya setiap aktivitas pengelolaan keuangan harus berdasarkan dan sesuai dengan pedoman-pedoman yang telah ditentukan. Untuk bisnis yang berjalan minim kerugian, idealnya, pengelolaan keuangan dijalankan menurut prinsip-prinsip berikut ini :

Akuntabilitas

Prinsip ini menekankan pertanggungjawaban setiap pihak yang terkait atas pengelolaan keuangan mulai dari proses hingga output-nya. Bisa jadi bukan hanya tim keuangan saja yang terlibat. Pihak yang setidaknya ikut andil dalam manajemen keuangan pun juga harus mampu menguraikan penyerapan dana hingga kaitan dengan kewenangannya.

Transaparansi

Bukan hanya pemerintah, perusahaan juga harus bisa bersikap transparan atas segala proses, unit yang diterima, dan yang dikeluarkan. Tak hanya itu, transparansi juga meliputi rencana perusahaan kedepan. Modal dasarnya perusahaan harus jujur dalam memaparkan kondisi bisnis dan data mudah diakses oleh pihak yang membutuhkan. Sehingga dapat diketahui demi pertimbangan yang objektif.

Konsistensi

Artinya manajemen keuangan harus dilakukan berkelanjutan tanpa ada jeda. Konsisten di sini juga termasuk kualitas pengelolaan yang harus terus dijaga. Namun, ketika standar pengelolaan meningkat, bukan berarti tetap meneruskan praktik yang lama. Akan tetapi, ikut menyesuaikan. Sehingga konsisten dalam konteks kualitas pengelolaan cenderung berorientasi pada output yang maksimal.

Kelangsungan Hidup

Untuk menjamin eksistensi perusahaan berjangka panjang, perlu disusun strategi keuangan yang seimbang satu sama lain. Maksudnya tim keuangan dituntut untuk mampu merancang semua kebutuhan cukup dibiayai dari dana yang didapat. Bukan hanya merancang di tahap awal, tugas ini akan terus berlanjut selama periode keuangan berjalan. Sehingga pengelolaan bisa selalu menyesuaikan kondisi terkini.

Standar Akuntansi

Di prinsip ini, financial management semakin mendalam ke arah teknis pelaksanaan. Dimana setiap perusahaan harus menggunakan sistem sesuai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Penggunaan sistem ini wajib dipahami betul bagi pelaku usaha dalam negeri. Sebab hanya kepada perusahaan asing standar akuntansi dibebankan pengecualian.

Manfaat Melakukan Financial Management

financial management

Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana manfaat langsung adanya aktivitas financial management sebelum menentukan tindakan. Pemahaman ini akan membantu mengarahkan pengelolaan supaya tetap dilakukan dengan baik dan benar.

Menjaga pengaturan keuangan dan aktivitas bisnis

Pengaturan keuangan sangat berkaitan dengan arus kas perusahaan. Fase keuangan yang baik tentu dengan mengelola agar pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan pendapatan. Bagi bisnis yang berorientasi pada keuntungan, laba akan selalu dikejar dari aspek apapun. Oleh karena itu perlu kecermatan tinggi dalam menilai keluar-masuknya uang. Jika savings dan perolehan laba terus dipantau, aktivitas bisnis ikut berjalan stabil. Tak hanya itu, anda pun dapat memperluas strategi menggunakan dana lebih yang ada untuk mecapai keuntungan yang lebih besar.

Media laporan bisnis secara berkala

Dengan melakukan rangkaian aktivitas financial management sesuai standar, secara tidak langsung anda juga sedang menyiapkan laporan keuangan. Terlebih beberapa jenis laporan keuangan berdiri sebagai informasi bagi pihak eksternal yang terkait. Seperti pihak pemegang saham hingga pemerintah. Oleh karenanya, manajemen keuangan sangat penting dalam menyajikan dan menata seluruh laporan tersebut. Selain itu, informasi penting ini akan bermanfaat juga bagi anda setiap waktunya. Sehingga ketika dibutuhkan keputusan yang cepat dan akurat tidak menjadi kurang pertimbangan apalagi keliru.

Memudahkan Arsip dokumen

Tidak hanya secara finansial, financial management juga berdampak besar bagi tata kelola administrasi perusahaan. Terutama dalam mengarsipkan dokumen keuangan. Dengan pengelolaan yang baik seluruh bukti dan laporan terdahulu akan lebih cepat diarsipkan dan ditemukan manakala dibutuhkan. Tentunya ini pun perlu didukung dengan kompetensi tim keuangan yang disiplin melakukan perannya sesuai tanggung jawab.

4 Cara Melakukan Financial Management Yang Tepat

financial management

Membagi alokasi dana secara berimbang

Dalam operasional perusahaan, seluruh aspek bisa jadi membutuhkan dorongan dana agar dapat produktif. Maka setiap awal periode penting bagi tim untuk menentukan bagian dana masing-masing sektor. Seperti besaran untuk sektor persiapan, produksi, distribusi, hingga sumber daya. Untuk menghindari defisiensi, baiknya masing-masing sektor mendapat bagian sesuai dengan beban yang ditanggung. Dengan alokasi yang terpisah pun, pengelolaan keuangan setiap sektor menjadi lebih optimal tanpa tumpang tindih.

Membuat laporan dan pembukuan

Apapun skala perusahaannya, pembuatan laporan dan pembukuan penting untuk dilakukan. Dengan ini, semua rekam jejak transaksi beserta pemasukan dan pengeluaran akan tersaji secara lengkap dan rapi dalam satu buku besar. Gunanya akan sangat berdampak bagi kemudahan anda mengawal perkembangan bisnis.

Untuk tahap awal perusahaan, pembukuan sederhana yang mencakup seluruh komponen tetap dapat diterima. Asalkan sambil terus mempelajari cara penyusunan yang terstandar. Namun, untuk perusahaan berskala besar, sebaiknya jangan ambil risiko. Segera serahkan urusan ini pada tenaga keuangan profesional.

Memantau kondisi keuangan melalui arus kas

Dokumen ini boleh jadi hal yang paling sederhana dalam keuangan perusahaan. Namun, fungsinya sangat menentukan kelangsungan perusahaan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk selalu mengontrol arus kas.

Seiring data yang terus berjalan, memantau kondisi keuangan perusahaan juga bisa dilakukan bersamaan. Apakah dalam fase surplus atau justru defisit. Lebih dalam lagi, keputusan sumber keuangan juga bisa ditentukan. Sumber-sumber yang memberikan risiko besar dikemudian hari pun dapat diminimalisir demi keuntungan yang maksimal.

Siapkan dana pengembangan

Selain mencapai keuntungan, kemajuan perusahaan juga menjadi tujuan utama perusahaan. Asumsinya semakin berkembang usaha, semakin tinggi pula keuntungan yang didapat. Sehingga untuk mencapai fase tersebut, perusahaan perlu merencanakan beberapa strategi agar bisnis cepat berkembang. Untuk itu perlu ditunjang dengan dana yang terpisah dari dana operasional. Oleh karena itu, akumulasi pendapatan perusahaan setidaknya dapat disisihkan ke dalam kompartemen dana pengembangan untuk penerapan strategi bisnis selanjutnya.

Penutup

4 cara di atas setidaknya dapat diaplikasikan saat melakukan financial management perusahaan anda. Dan tidak menutup kemungkinan adanya kiat-kiat lain yang sesuai dengan alur kerja tim. Salah satunya dari pengalaman manajemen keuangan periode sebelumnya. Justru ini akan lebih tepat guna untuk perusahaan anda. Tak lupa untuk selalu terapkan prinsip-prinsipnya agar pengelolaan keuangan berjalan dengan baik dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan.

Sumber daya yang berkualitas dalam melakukan financial management memang penting. Tapi, tahukah anda pengelolaan keuangan akan jauh lebih efektif jika ikut dibantu dengan sistem yang dirancang khusus, lho. Salah satunya dengan menggunakan beragam fitur dari Jojo Expense.

Jojo Expense

Platform all-in-one dengan sistem yang terotomatisasi ini akan memberikan anda informasi keuangan berdasarkan data input tanpa butuh waktu lama. Seperti dengan fitur Budget Controlling, tim tidak perlu lagi kesulitan mengendalikan kondisi pengeluaran.

Lebih praktis lagi, sebagai pemilik anda pun dapat memantau dinamika keuangan perusahaan dimanapun dan kapanpun. Termasuk saat harus memberikan persetujuan cukup dengan layanan Mobile Approval. Semua keputusan penting menjadi cepat tereksekusi walau anda sedang tidak berada di kantor. Lalu dapatkan kembali kas perusahaan memanfaatkan Reimburse via App dan Web tanpa uang fisik. Dengan begini proses pun lebih cepat dan lebih aman, bukan?

Kini saatnya anda optimalkan manajemen keuangan demi kemajuan perusahaan yang signifikan bersama Jojo Expense. Nikmati layanan gratis selama 14 hari untuk pengalaman kelola keuangan yang lebih nyata. Yuk daftar sekarang!