Health Insurance: Definisi, Jenis dan Manfaat yang Ditawarkan

health insurance

Asuransi kesehatan atau health insurance merupakan salah satu jenis asuransi yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang saat ini. Selain karena tujuan serta perlindungan yang ditawarkan, jenis asuransi yang satu ini juga merupakan yang paling dekat dengan kehidupan banyak orang. 

Sebab, siapa sih yang tak pernah jatuh sakit? Semua orang pasti pernah mengalaminya, entah itu sakit ringan atau yang kronis sekali pun. Tujuan dari memiliki asuransi kesehatan adalah untuk meng-cover seluruh biaya rawat inap atau pemeriksaan yang dilakukan pada saat pemegang polis jatuh sakit.

Besar atau kecil tanggungan yang ditawarkan juga biasanya tergantung dengan berapa biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semakin besar premi yang diangsur, maka semakin besar nominal pertanggungan yang akan diberikan oleh pihak jasa asuransi.

Nah, untuk memahami lebih dalam mengenai seluk beluk health insurance atau asuransi kesehatan ini. Pada artikel berikut, Jojonomic akan memberikan Anda informasi secara lengkap mulai dari definisi, jenis-jenis hingga manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan. Penasaran? Simak artikelnya hingga tuntas, ya.

Definisi Health Insurance (Asuransi Kesehatan)

definisi health insurance

Menurut definisinya, asuransi kesehatan merupakan sebuah produk proteksi bagi pemegang polis dari berbagai risiko kesehatan atau penyakit yang mengancam. Produk ini akan memberikan perlindungan pada pemegang polis dari segala biaya perawatan, administrasi, pengobatan dan seluruh biaya medis yang dikeluarkan selama ia dirawat di rumah sakit maupun rawat jalan.

Pihak asuransi akan menanggung atau mengganti seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pihak tertanggung sesuai nominal yang telah disepakati dalam polis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besaran biaya pertanggungan akan disesuaikan dengan premi yang harus Anda bayar setiap bulan.

Memiliki asuransi kesehatan akan sangat berperan penting dalam mencapai tujuan keuangan Anda. Lewat produk perlindungan ini, Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu jatuh sakit yang membutuhkan biaya perawatan medis yang cukup tinggi. Karena tinggal mengajukan klaim saja, maka seluruh biaya perawatan tersebut akan ditanggung atau diganti oleh pihak penyedia jasa asuransi.

Sayangnya, meski keberadaannya cukup penting dalam kehidupan. Masih banyak orang yang menganggap remeh tentang health insurance atau asuransi kesehatan. Beberapa di antaranya berpikir bahwa produk ini hanya menjual ketakutan pada nasabahnya. Mereka menawarkan berbagai macam risiko yang belum tentu terjadi di masa mendatang. 

Padahal apa salahnya untuk berjaga-jaga? Anda tak bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang namun Anda bisa mengantisipasi kejadian buruk yang terjadi nanti.

Dalam prakteknya, asuransi kesehatan terdiri dari beberapa jenis yang menawarkan proteksi atau perlindungan yang berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Jenis-jenis Health Insurance (Asuransi Kesehatan)

Jenis-jenis health insurance
elderly patients injury woman on Patient’s bed in hospital holding us dollar bills feel happy from getting insurance money From insurance companies

1. Berdasarkan pihak yang ditanggung

Jenis asuransi kesehatan yang pertama dibagi berdasarkan pihak yang dilindungi atau ditanggung oleh produk proteksi tersebut. Yang pertama ialah, asuransi kesehatan personal yang digunakan untuk melindungi perseorangan saja. Selanjutnya ada asuransi kelompok yang polisnya mencakup perlindungan bagi lebih dari 1 orang yang dapat meliputi keluarga atau karyawan dalam perusahaan.

2. Berdasarkan jenis perawatan yang ditawarkan

Dilihat dari jenis perawatan yang ditawarkan, asuransi kesehatan terdiri dari dua jenis yang meliputi asuransi rawat inap dan rawat jalan. 

Sesuai namanya, asuransi rawat inap hanya berlaku atau memberikan pertanggungan apabila Anda jatuh sakit dan membutuhkan opname di rumah sakit. Sedangkan asuransi rawat jalan bisa meng-cover seluruh biaya diagnosa medis, cek laboratorium, rontgen dan lain-lain yang tidak mengharuskan seorang pasien untuk menginap di rumah sakit tersebut.

3. Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara

Terdapat dua jenis asuransi lembaga penyedia jasa asuransi yang sering kita temui. Di antaranya adalah pemerintah dan swasta.

Asuransi kesehatan dari pemerintah adalah yang paling sering kita temui yakni BPJS Kesehatan. Sedangkan pada asuransi swasta, Anda bisa menemukan lebih banyak pilihan seperti Allianz, Prudential dan lain-lain.

Jika dilihat dari premi yang harus dibayarkan, tentu asuransi dari pemerintah jauh lebih terjangkau. Namun perlindungan yang diberikan pun juga terbatas. Sedangkan pada asuransi perusahaan swasta, premi yang harus dibayar jauh lebih tinggi namun sebanding dengan proteksi yang ditawarkan dan nilai pertanggungan yang diberikan.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, health insurance atau asuransi kesehatan tidak hanya menjual ketakutan pada nasabahnya. Lebih dari itu, mereka turut serta membantu nasabah dalam mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Coba sekarang bayangkan apa jadinya jika Anda sudah menabung bertahun-tahun lamanya dengan tujuan untuk membeli sebuah hunian baru. Namun sebelum waktu itu datang, ternyata Anda mengalami penyakit kronis seperti jantung, kanker atau tumor. Yang mana untuk menangani kasus tersebut membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. 

Bagi orang-orang yang memiliki asuransi kesehatan, risiko penyakit tak terduga tentu bisa diatasi dengan mudah. Mereka tak perlu khawatir harus mengeluarkan uang banyak untuk biaya perawatan. Karena dengan mengajukan klaim saja, para pemegang polis ini bisa mendapatkan ganti rugi atau biaya pertanggungan yang sesuai dalam perjanjian.

Sedangkan mereka yang tak memiliki asuransi, tentu saja akan panik. Uang yang dikumpulkan untuk membeli rumah mau tak mau harus digunakan sebagai modal pengobatan. Dari sini, sudah cukup jelaskan seberapa penting keberadaan asuransi dalam kehidupan seseorang?

Tak hanya memudahkan Anda dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Memiliki asuransi juga menawarkan berbagai manfaat yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memberikan rasa aman dan nyaman dalam hidup

Dengan memiliki asuransi, Anda tak perlu khawatir lagi pada kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam hidup. Karena seluruh risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang dapat diminimalisir atau diantisipasi. Misalnya, risiko kesulitan finansial karena biaya pengobatan yang cukup mahal. Dengan memiliki produk asuransi yang tepat, Anda tak perlu takut dengan hal-hal tersebut.

2. Mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai

Anda pasti pernah mendengar berita di mana seorang pasien tidak mendapatkan kamar yang layak atau bahkan dipaksa menunggu di luar. Padahal penyakit yang diderita bisa dibilang cukup berbahaya.

Nah, dengan asuransi kesehatan yang tepat Anda tak perlu khawatir ditelantarkan oleh pihak rumah sakit. Anda pun bisa diarahkan pada ruang rawat inap yang berkualitas terbaik. Namun demikian hal ini disesuaikan dengan biaya premi yang Anda bayarkan serta kembali pada polis yang disepakati, ya.

3. Sebagai salah satu sarana investasi

Berikutnya, produk asuransi yang Anda beli juga dapat dijadikan sebagai instrumen investasi di masa depan. Misalnya, selama kontrak pembelian asuransi tersebut berjalan, Anda ternyata tidak jatuh sakit sama sekali. Sehingga pengajuan klaim pun tak pernah dilakukan.

Nah, beberapa perusahaan asuransi biasanya menawarkan pengembalian dana dengan rate sekian persen dari biaya premi yang sudah dibayar sebelumnya. Biaya yang dikembalikan tersebut bisa Anda gunakan sebagai modal untuk berbisnis atau memenuhi kebutuhan hidup yang lain.

Di satu sisi, Anda tetap mendapatkan ketenangan hidup karena merasa dilindungi oleh polis asuransi. Namun di sisi lain, Anda juga tetap merasa diuntungkan apabila pengajuan klaim tak pernah dilakukan sama sekali.

Penutup

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai health insurance atau asuransi kesehatan. Dalam prakteknya, produk asuransi yang satu ini bisa dibilang memegang peran yang cukup penting. Siapapun harus memilikinya, terutama mereka yang mendambakan kehidupan dengan  financial freedom. Karena asuransi merupakan salah satu komponen penting dalam piramida keuangan yang wajib dimiliki.

Jika Anda berat hati membeli asuransi konvensional karena dianggap riba. Tak perlu khawatir karena saat ini ada begitu banyak perusahaan swasta yang menawarkan asuransi syariah dengan sistem yang mengikuti ajaran agama Islam. Menarik, bukan?

Nah, bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis atau usaha, penting juga untuk memberikan perlindungan pada karyawan. Asuransi kesehatan bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka selama bekerja.

Anda bisa menggunakan produk asuransi dari pemerintah ataupun dari perusahaan asuransi swasta. Tak perlu khawatir soal perhitungan yang harus dilakukan, Anda bisa mempercayakan masalah tersebut pada JojoPayroll.

JojoPayroll merupakan sebuah aplikasi penggajian yang dapat digunakan untuk memudahkan kinerja HR dalam perusahaan. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti perhitungan otomatis untuk PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, tunjangan harian, reimbursement dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, perangkat lunak JojoPayroll juga dilengkapi dengan fitur pembuatan slip gaji otomatis sehingga Anda tak perlu mengetik dan mencetaknya secara manual. Perusahaan memiliki banyak karyawan yang menggunakan rekening bank berbeda? Tak perlu khawatir, JojoPayroll juga dapat memberikan kemudahan transfer ke lebih dari 150 bank sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

So, tunggu apa lagi? Yuk, coba GRATIS JojoPayroll sekarang juga dan perpanjang kapan pun Anda mau!