Keuangan Usaha : Manfaat, Cara, Metode yang dilakukan

Keuangan usaha

Saat mengelola sebuah usaha, Anda harus serius dan gigih, terutama dalam checklist keuangan usaha atau pengelolaan keuangan perusahaan. Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara mengelola keuangan bisnis yang benar agar tidak kebingungan dalam mengelola bisnis, dan juga dapat mengelola keuangan bisnis dengan rapi. Misalnya, jika selama ini Anda masih mencampurkan uang bisnis dan uang pribadi, kini saatnya untuk melakukan perubahan. Berikut informasi yang wajib Anda ketahui tentang manajemen keuangan!

Bagaimana mengelola keuangan perusahaan

Keuangan usaha

Seperti disebutkan sebelumnya, mengelola keuangan untuk bisnis lebih dari sekadar mencegah kerugian. Ada banyak keuntungan lain dalam menjalankan bisnis dengan mengelola keuangan. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan dengan baik? Berikut beberapa cara mengatur keuangan untuk bisnis Anda agar proses keuangan tetap sehat.

Manfaat manajemen pembiayaan bisnis

Dalam sebuah perusahaan, mengelola keuangan sangatlah penting. Secara tidak langsung, mengelola keuangan saat menjalankan bisnis akan mencegah kerugian bisnis atau bahkan kebangkrutan. Mengelola keuangan sekaligus menjalankan bisnis juga bisa mendatangkan banyak manfaat.

Salah satunya dengan menjaga arus kas dan menyiapkan struktur permodalan. Karena arus kas masuk sangat erat kaitannya dengan pendapatan dan pengeluaran, maka arus kas masuk dan keluar perusahaan perlu dipantau secara konstan. Dalam produksi atau operasi, ada uang tunai yang harus dikeluarkan secara tunai.

Oleh karena itu, dengan mengelola keuangan secara hati-hati, tentunya Anda dapat menjaga arus kas Anda agar tidak berkurang, yang berujung pada kerugian. Secara tidak langsung, menjaga arus kas juga dapat memaksimalkan keuangan dan keuntungan perusahaan.

Pisahkan dana bisnis dengan dana pribadi adalah bentuk Keuangan Usaha

Jika ingin bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda perlu ekstra hati-hati saat menghitung pengeluaran dan pendapatan bisnis. Untuk melakukan ini, sangat penting untuk tidak menggabungkan uang bisnis dengan uang pribadi. Tentunya Anda tidak ingin kebiasaan menggabungkan kedua dana tersebut hanya berdampak negatif pada perkembangan bisnis yang Anda kelola.

Kegagalan untuk memisahkan dana perusahaan dari dana pribadi mungkin menjadi alasan utama gangguan arus kas operasi. Jika Anda menggabungkan kedua uang ini, Anda juga akan kesulitan menghitung pendapatan dan pengeluaran bisnis. Oleh karena itu, walaupun skala bisnis Anda masih kecil, dan cara mengelola keuangan perusahaan yang benar sepertinya tidak terlalu penting, Anda harus mulai mengubah cara berpikir Anda menjadi lebih teliti. Salah satu caranya adalah dengan memisahkan uang bisnis dari uang pribadi sehingga semua transaksi yang terjadi di perusahaan dapat tercatat dengan rapi.

Tentukan persentase dana yang digunakan untuk modal perusahaan

Keuangan usaha

Cara lain untuk mengelola situasi keuangan suatu bisnis dengan baik adalah dengan menentukan persentase dana atau keuntungan yang akan Anda peroleh dari modal bisnis tersebut. Ini penting karena tentunya Anda ingin bisnis Anda terus berkembang. Saat menentukan persentase dana yang digunakan untuk modal usaha, setiap pengusaha pasti memiliki cara penghitungan sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan semua aspek yang menurut Anda akan mempengaruhi keputusan remunerasi terkait dana tersebut.

Menentukan persentase dana yang digunakan untuk modal usaha sama dengan menentukan persentase dana yang digunakan untuk operasional usaha, persentase keuntungan, dan besarnya cadangan kas yang digunakan untuk usaha. Anda perlu menentukan ukuran setiap aspek sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan keputusan Anda mendorong perkembangan bisnis.

Buat laporan keuangan perusahaan setiap bulan

Pelaporan keuangan bisnis tidak hanya penting untuk perusahaan besar, tetapi juga bagi mereka yang Anda mulai bekerja di bisnis kecil sekarang. Melalui akuntansi keuangan perusahaan, Anda akan dapat mengontrol berbagai transaksi yang terjadi di perusahaan, seperti pendapatan, pengeluaran, dan hutang dagang. Laporan keuangan bisnis juga akan memudahkan Anda dalam mengevaluasi perkembangan bisnis secara rutin. Dalam pengelolaan keuangan bisnis UKM, laporan keuangan yang biasanya harus disiapkan antara lain adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Hindari risiko hutang komersial dari Keuangan Usaha

Jika Anda ingin bisnis Anda dikelola dan dioperasikan dengan baik, Anda harus memperlakukan hutang bisnis dengan hati-hati. Tidaklah ilegal untuk meningkatkan hutang untuk membantu menjalankan bisnis Anda sendiri, tetapi Anda tetap harus berpikir dengan hati-hati. Ingat, jika Anda tidak dapat membayar kembali hutang dagang Anda, hal itu dapat menyebabkan kerugian fatal bagi bisnis Anda.

Oleh karena itu, risiko hutang dagang harus dihindari sebisa mungkin. Jika situasi keuangan bisnis Anda buruk, hutang perdagangan hanya akan memperburuk situasi bisnis Anda sendiri. Tentu saja, Anda tidak ingin pendapatan cukup untuk menutupi biaya operasional bisnis Anda, tetapi Anda harus menanggung risiko hutang bisnis.

Keuangan Usaha untuk Kontrol arus kas bisnis

Keuangan usaha

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dari sebuah perusahaan adalah dengan mengontrol arus kas perusahaan. Jika arus kas bisnis Anda yang sudah stabil, maka berbagai utang yang harus Anda bayarkan juga akan berjalan lancar. Arus kas bisnis yang stabil juga akan berdampak positif pada perkembangan bisnis Anda. Dengan demikian kegiatan usaha tidak akan menemui kendala, kas operasional dapat tumbuh lebih baik dan terus berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Mengatur keuangan bisa membuat kegiatan bisnis terhindar dari masalah keuangan yang berujung pada kerugian dan kebangkrutan. Sebagai pelaku bisnis, penting sekali untuk tahu cara mengatur keuangan yang baik. Beberapa cara di atas bisa dipraktekkan untuk membuat keuangan bisnis tetap sehat.

Jika kesulitan dalam melakukan pengaturan keuangan secara manual pada pencatatan pembukuan, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan yang berujung pada hal yang tidak diinginkan pada bisnis.

Sudah banyak software akuntansi yang memiliki harga terjangkau dan mudah digunakan siapapun sekalipun tidak memahami ilmu akuntansi secara mendalam, salah satunya JojoPayroll. Ini adalah beberapa daftar periksa keuangan yang harus Anda ketahui.

Untuk memenuhi semua daftar ini, jika Anda menggunakan software akuntansi seperti JojoPayroll, akan lebih praktis dan efisien. Dengan menggunakan software khusus untuk mengelola keuangan perusahaan, tentunya bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan tumbuh serta berkembang dengan lebih mudah.

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Andasemua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!