Pentingnya Penggunaan Kode Bank Pada Transaksi Perbankan

kode bank

Kode bank pada dasarnya berupa sekumpulan angka yang menjadi ciri dari masing-masing bank. Biasanya kode yang diberikan tersebut terdiri dari 3 jenis angka yang bisa saja sama atau bisa saja berbeda. Tentunya dengan adanya angka ini maka Anda bisa membedakan bank yang satu dengan bank yang lainnya. Sebab perbedaan itu bisa tampak jelas melalui sekumpulan nomer yang kemudian menjadi kode yang perlu digunakan. Maka segala proses yang Anda lakukan berkenaan dengan transaksi bank bisa menjadi lebih mudah. Dengan demikian segala hal yang dilakukan berkenaan dengan bank bisa dilakukan dengan langkah yang lebih praktis.

Fungsi Kode Bank

Identitas bank

Pada dasarnya setiap kode yang dimiliki oleh masing-masing bank menunjukkan identitas dari bank itu sendiri. Setiap bank memang perlu memiliki identitas dan menunjukkan identitasnya tersebut ke masyarakat publik. Oleh karena itu semua bank yang ada di Indonesia memiliki nomer yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Dengan adanya kode tersebut maka pelanggan atau nasabah bisa membedakan bank yang satu dengan bank yang lainnya. Perbedaan dari masing-masing bank juga bisa diketahui secara lebih jelas oleh pelanggan dan nasabah bank terutama saat melakukan transaksi. Oleh karena itu angka yang diberikan pada bank memang bisa menjadi simbol identitas dari suatu bank yang ada di negara kita.

Identifikasi bank

Jika memang kode ini bisa berfungsi sebagai suatu identitas dari masing-masing bank maka sudah tentu Anda bisa membedakan tiap bank dengan mudah. Dalam hal ini Anda bsia melakukan identifikasi terhadap setiapbank yang terdaftar dan memiliki nomer atau angka yang masing-masing berbeda. Oleh karena itu identitas bank yang berupa nomer kode ini tentu saja bisa membantu pelanggan atau nasabah bank untuk melakukan proses identifikasi bank. Artinya pelanggan dan nasabah bank bsia membedakan masing-masing bank dengan mengacu pada nomer kode yang menjadi identitas bank.

Mempermudah transaksi

Transaksi bank saat ini memang semakin banyak dilakukan di gerai ATM. Sebab hal ini dinilai lebih praktis dan lebih cepat selesai. Ada banyak jenis transaksi yang bisa dilakukan oleh tiap pelanggan atau nasabah bank. Mulai dari proses transfer hingga setor uang dan bisa juga tarik tunai ataupun transaksi lainnya. Beberapa proses transaksi yang biasa dilakukan di gerai ATM ini tentu saja melibatkan kode bank. Misalnya saja saat Anda melakukan proses transfer ke bank lain maka Anda harus memasukkan kode bank yang dituju. Oleh karena itu nomer kode yang dimiliki oleh setiap bank pada dasarnya sangat penting. Nomer kode tersebut akan mempermudah Anda dalam melakukan proses transaksi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menghindari kesalahan

Proses transaksi yang dilakukan oleh para pelanggan dan nasabah bank bsia saja mengalami kekeliruan atau kesalahan. Tentunya kekeliruan atau kesalahan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu untuk menghindari kesalah yang mungkin bisa saja terjadi maka kode dari masing-masing bank bisa diperhatikan. Dengan memasukkan nomer kode dari bank yang akan dituju maka kesalahan transaksi tidak akan sampai terjadi. Jadi kode bank bisa juga berfungsi untuk menghindarkan pelanggan atau nasabah bank dari suatu kesalahan transaksi yang mungkin terjadi. Namun tentunya memasukkan nomer angka harus dilakukan dengan lebih teliti dan penuh hati-hati. Sebab bila Anda salah memasukkan nomer kode maka tetap saja akan terjadi kesalahan dalam melakukan proses transaksi.

Cara Transfer Dengan Kode Bank

 Datang ke gerai ATM

Hal pertama yang sudah tentu harus dilakukan untuk melakukan proses transaksi melalui mesin ATM adalah datang ke gerai ATM. Gerai ATM tersedia dimana saja baik di bank maupun di tempat perbelanjaan.

Masukkan ATM dan tekan PIN

Setelah itu And abisa memasukkan kartu ATM milik Anda ke mesin ATM. Jangan lupa untuk menekan pin Anda dan rahasiakan nomer PIN milik Anda dari siapapun.

  • Klik tombol transfer

Setelah itu Anda akan digiring menuju ke menu utama. DI menu utama terdapattombol transfer dan Anda bisa memilih tombol tersebut untuk melakukan proses transfer ke rekening bank lain.

  • Tentukan nominal yang akan ditransfer

Tuliskan nominal jumlah uang yang akan ditransfer ke bank lain. Jangan sampai penulisan jumlah nominal mengalami kesalahan. Oleh karena itu Anda harus mengetikkan jumlah nominal uang yang ditransfer dengan sangat teliti.

  • Masukkan kode bank dan nomer rekening yang dituju

Kemudian Anda bisa mencari kode bank di menu pencarian yang telah tersedia. Carilah kode yang akan dituju dengan hati-hati. Setelah itu masukkan nomer kode bankyang dituju dan dilanjutkan dengan nomer rekening yang dituju. Teliti lagi nomer yang Anda ketikkan di mesin ATM apakah sudah benar atau ada kekeliruan.

  • Tekan tombol Ya untuk konfirmasi

Jika hal ini telah dilakukan maka Anda bisa melanjutkan transaksi dengan menekan tombol Ya. Dengan memilih tombolinimaka berarti Anda melakukan proses transfer.

  • Ambil struk dari mesin ATM

Setelah selesai melakukan transaksi akan keluar struk dari mesin ATM. Simpanlah sebagai bukti transfer.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Penggunaan Kode Bank

Kode bank mungkin memang sudah tak asing lagi bagi para pelanggan dan nasabah bank yang seringkali melakukan transaksi di gerai ATM. Sebab beberapa transaksi yang dilakukan melalui mesin ATM memang memerlukan adanya nomer tersebut yang akan dituju. namun kode bank yang umumnya berbeda-beda bisa saja membuat pelanggan dan nasabah menjadi kebingungan. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan maka Anda perlu untuk mencari nomer dari bank yang telah tersedia di menu pencarian.

Tentu Anda perlu mencari angka ini dari bank secara hati-hati. Dan mungkin saja mencari nomer kode dari bank tersebut memakan waktu yang cukup lama. Mungkin setelah Anda mendapatkan nomer kode dari bank yang dimaksud selanjutnya Anda bsia menghafal nomer kode tersebut. Atau bisa juga And amencatat nomer kode dari bank yang berkaitan dengan Anda. Maka proses transaksi yang dilakukan dengan melibatkan berbagai nomerkode dari beberapa bank tidak akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu lagi.

Penggunaan kode tersebut sama pentingnya dengan penggunaan sistem payroll perusahaan yang sesuai. Misalnya dengan mempercayakan pada JojoPayroll. Dimana produk ini membantu cetak slip gaji secara otomatis. Termasuk juga bisa membantu perhitungan payroll secara prorate dan otomatis pula. Sehingga secara tidak langsung pembayaran payroll berjalan mudah dan lancar setiap bulannya.

Hal ini karena beberapa fitur yang ada pada JojoPayroll, misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu jangan khawatir, beralihlah ke JojoPayroll dan dapatkan manfaat yang melimpah dari sistem tersebut. Daftar sekarang juga untuk mendapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda. Selamat mencobanya!