Serba Serbi Marketing FOMO Yang Paling Efektif

marketing FOMO

Marketing FOMO tampaknya hingga saat ini bisa menjadi suatu strategi marketing yang bisa dibilang efektif. FOMO sendiri merupakan singkatan dari Fear of Missing Out. Istilah ini merujuk pada rasa takut yang mungkin saja timbul dalam diri seseorang untuk tertinggal. Jadi dalam hal ini strategi FOMO lebih mengacu pada suatu upaya untuk membuat konsumen tertarik membeli produk karena takut tertinggal.

Strategi ini tampaknya sangat efektif terutama untuk meningkatkan penjualan Anda. Memang pada dasarnya marketing atau pemasaran sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan dalam hal mengembangkan bisnisnya. Tanpa adanya marketing maka sebuah perusahaan tentu tidak akan dapat mencapai target atau tujuannya. Oleh karena itu marketing atau pemasaran merupakan hal yang sangat harus diperhatikan agar perusahaan bisa mencapai target.

Tujuan Marketing FOMO

Memasarkan produk

Setiap aktivitas marketing pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk memasarkan produk. Jadi setiap produk yang dibuat dan dihasilkan oleh suatu perusahaan perlu didistribusikan ke konsumen. Proses distribusi ini dilakukan dengan tujuan untuk memasarkan berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Melalui kegiatan pemasaran ini maka diharapkan agar setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu aktivitas pemasaran juga dilakukan agar produk baru bisa diterima oleh pasar sehingga konsumen bertambah.

Omset penjualan meningkat

Aktivitas marketing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan umumnya dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan omset penjualan. Melalui aktivitas pemasaran maka diharapkan agar konsumen dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan. Ketertarikan ini kemudian akan menimbulkan minat pada produk sehingga konsumen membeli produk. Dengan adanya pembelian produk maka berarti perusahaan memperoleh omset penjualan. Semakin banyak jumlah produk yang dibeli maka semakin banyak pula omset penjualan yang didapat oleh sebuah perusahaan. Meningkatnya omset penjualan akan mengiring perusahaan pada sebuah keuntungan. Jika kenaikan omset penjualan yang didapat dalam jumlah yang sangat besar maka berarti keuntungan yang diperoleh perusahaan juga sangat besar.

Perusahaan berkembang

Sebuah produk dan brand perusahaan yang diketahui oleh masyarakat luas memungkinkan untuk semakin dikenal oleh pasar. Bahkan pengenalan pasar terhadap produk dan brand perusahaan bisa sampai menimbulkan minat untuk melakukan pembelian. Jika memang produk yang dibeli oleh konsumen dikenal berkualitas dan memuaskan maka perusahaan akan mendapatkan customer loyal. Semakin banyaknya jumlah customer loyal dari suatu perusahaan maka akan semakin banyak pula keuntungan perusahaan. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sebuah perusahaan mengalami perkembangan. Demikian perkembangan perusahaan akan terus terjadi seiring dengan semakin banyaknya jumlah pelanggan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Strategi Marketing FOMO

Menampilkan stock terbatas

Stock terbatas bisa membuat konsumen segera melakukan pembelian produk secara cepat. Bisa saja konsumen merasa cemas dan menyesal bila tidak melakukan pembelian produk yang sedang ditawarkan. Hal ini tampaknya menjadi salah satu strategi yang diterapkan dalam marketing FOMO. Jadi dalam hal ini Anda bisa menampilkan berbgai stock  yang terbatas agar konsumen bisa membelinya.

Menunjukkan testimoni konsumen

Tentunya seseorang akan bersedia melakukan pembelian suatu produk jika toko penjual terpercaya. Kepercayaan konsumen bisa dibangun melalui beberapa macam upaya. Misalnya saja seperti menunjukkan testimoni konsumen. Dengan adanya testimoni konsumen maka seseornag akan percaya pada toko Anda sehingga bersedia untuk melakukan pembelian produk Anda. Terlebih lagi bila produk yang Anda tawarkan itu bersifat limited edition atau sejenisnya. Tentu konsumen tak ingin ketinggalan dan segera melakukan pembelian produk Anda.

Memberi batas waktu pada marketing FOMO

Adanya batas waktu akan semakin membuat konsumen segera melakukan pembelian suatu produk. Misalnya saja saat ada harga promo dalam beberapa waktu atau periode yang ditentukan. Tentu adanya batasan waktu ini akan membuat konsumen untuk berlomba-lomba mendapatkan produk. Hal ini juga akan semakin banyak terjadi jika produk yang ditawarkan bersifat terbatas jumlahnya. Strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara pemberian batasan waktu ini akan membuat konsumen berusaha untukmendapatkan produk sebelum kehabisan dan sebelum wkatu berakhir.

Menimbulkan rasa kompetitif

Penawaran produk kepada konsumen yang dilakukan dengan adnaya pemberian batasan waktu bisa saja membuat konsumen berlomba-lomba untuk segera mendapatkannya. Hal ini bahkan bisa saja menimbulkan rasa kompetitif pada konsumen. Artinya konsumen akan merasa tertantang untuk bisa mendapatkan produk sebelum produk tersebut dimiikioleh orang lain. Oleh karena itu marketing FOMO bisa menjadi salah satu strategi yang sangat efektif untuk membuat konsumen memiliki rasa kompetitif tersebut.

Membuat produk eksklusif untuk marketing FOMO

Produk eksklusif bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untukmenerapkan sistem marketing FOMO. Produk eksklusif bisa dibuat dalam jumlah yang terbatas. Atau bisa juga produk eksklusif ini ditawarkan dalam periode tertentu sehingga konsumen segera melakukan pembelian produk sebelum masa berlaku penawaran habis.

Melayani pembeli pertama

Strategi ini tampaknya menjadi sebuah strategi pemasaran yang banyak kita temukan. Strategi ini menekankan adanya harga khusus atau bonus yang bisa diperoleh pembeli pertama dari sebuah produk. Maka tentunya konsumen akan berusaha untuk segera melakukan pembelian produk dan mendapatkan dan menjadi pembeli pertama.

Marketing FOMO Online

Marketing FOMO rupanya menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan dalam bisnis online. Kebanyakan toko online yang semakin marak di era digital ini menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan produk. Bahkan strategi marketing yang satu ini tampaknya semakin efektif jika diterapkan di dunia bisnis online. Maka tak heranbila semakin banyak pebisnis online yang memanfaatkan berbagai macam media sosial untuk menerapkan strategi marketing FOMO.

Konsumen tentu akan merasa gelisah dan takut tertinggal dari konsumen lainnya bila melihat media sosial. Maka konsumen yang memiliki rasa takut atau cemas tersebut akan melakukan pembelian produk secara lebih cepat. Sebab jika ia tertinggal dalam melakukan pembelian produk maka ia akan merasa tertinggal dan timbullah rasa gelisah. Sebenarnya strategi ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Namun marketing jenis ini menjadi lebih efektif diterapkan di masa sekarnag ini yang diwarnai dengan banyaknya toko online.

Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencari sistem pembayaran payroll perusahaan yang paling tepat. Salah satunya dengan menggunakan sistem yang diberikan oleh JojoPayroll. Dengan sistem ini maka tentunya pembayaran payroll perusahaan bisa dilakukan secara otomatis. Demikian pula halnya dengan slip gaji dapat tercetak secara cepat dan otomatis.

Hal tersebut karena adanya fitur penunjang di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur kalkulasi payroll otomatis, maupun fitur integrasi payroll dengan sistem HR perusahaan. Sehingga tidak heran jika payroll berjalan lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu jangan ragu jika ingin menggunakan produk tersebut. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari ke depan. Buktikan sendiri sistem payroll terbaik untuk perusahaan Anda saat ini juga.