Mengatasi Kebosanan Karyawan Tips dan Trick

mengatasi kebosanan karyawan
mengatasi kebosanan karyawan

Mengatasi Kebosanan Karyawan – Survei membuktikan lebih dari 60% waktu kita dalam sehari dihabiskan dalam tempat kerja. Karena itu tempat kerja merupakan salah satu tempat dimana kita sering menghadapi kebosanan di dalamnya. Studi Udemi pada tahun 2016, menyebutkan bahwa 23% dari karyawan yang ada, meraskan kebosanan dalam tempat kerja.

Disini anda harus menyadari bahwa bosan bukan berarti seseorang tidak dapat melakukan apa-apa. Namun karena seseorang berada dalam situasi yang membuat mereka merasa tidak tertarik untuk melakukan sesuatu.

Cara Mengatasi Kebosanan Karyawan

Kenapa kebosanan yang dialami karyawan dalam dunia kerja merupakan hal penting ?. Sadar atau tidak bahwasanya kebosanan yang dirasakan oleh karyawan lambat laun akan berdampak terhadap performa kerja. Ketika performa kerja pegawai atau karyawan semakiun melemah maka akan berdampak terhadap produktifitas dan juga kesuksesan perusahaan.

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kebosanan karyawan.

Berbagi Beban

Berbagi beban yang dimaksudkan disini yaitu dengan melakukan pembagian tugas atau kerja karyawan dengan merata. Usahakan dalam anda membagi tugas dalam tim anda secara merata dan adil. Yang perlu anda perhatikan adalah ketika seorang karyawan diam dalam melakukan tugas bukan berarti dia menyukai dan menikmati pekerjaan mereka.

Karena dalam dunia kerja banyak karyawan yang mencoba untuk terlhat baik –baik saja. Padahal sebenarnya mereka merakan kebosanan, nmaun menahan diri mereka untuk terlihat buruk.

Membiasakan Berbicara

Dalam dunia kerja juga perlu adanya perhatian antar sesama karyawan. Jangan hanya berkerja untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan masing – masing lalu pulang. Anda dapat memulainya dari diri anda. Yang harus and alakukan yaitu dengan mencoba berbicara dengan rekan kerja ketika mereka terlihat sedang berada dalam suatu masalah.

Ajaklah mereka berbicara sehingga dapat sedikit membuat rekan anda menjadi lepas dan tenang.

Hal ini tentu saja dapat berarti banyak bagi seseorang yang sedang berada dalam masalah. Dari semula mereka yang merasa bosan dalam pekerjaan dapat merasa lebih baik setelah anda ajak bicara. Mencoba berbicara dan menjalin komunikasi yang baik antar rekan kerja dapat berefek baik untuk menghindarkan kebosanan.

mengatasi kebosanan karyawan

Memberikan Tanggung Jawab Lebih

Hal yang dapat, menjadi alternatif untuk anda mengatasi kebosanan karyawan yaitu dengan memberikan tanggung jawab lebih kepada mereka. Terdapat kasus kebosanan dalma dunia kerja akibat dari kurangnya tanggung jawab atau tantangan yang diberikan. Sehingga hal tersebut berdampak pada kebosanan yang dialami karyawan sehingga performa kerjanya menurun.

Tanggung jawab yang dapat anda tambahkan adapat berupa memberikan proyek baru, menawarkan tugas dan juga menaikan target kerja. anda harus tetap waspada untuk menghindarkan kebosanan pada karyawan anda.

Berikan Keleluasaan Dalam Pemilihan Proyek

Mengatasi kebosanan karyawan dapat dilakukan dengan mulai memberikan kebebasan atau keleluasan karyawan dalam memilih proyek. Tidak hanya dalam memilih namun anda juga dapat melakukan memberikan kebebasan kepada karyawan dalam mengusulkan proyek baru yang akan ditangani.

Sebagian atau bahkan banyak orang yang pada dasarnya suka melakukan pekerjaan yang mereka sukai. Karena itu dengan memberikan kebebasan karyawan dalam mengusulkan proyek baru dapat mengatasi kebosanan karyawan yang selama ini dirasakan.

Menambah Keterlibatan Tim

Melibatkan tim ada merupakan ide bagus yang dapat anda lakukan sehingga dapat menghindarkan karyawan anda dari kebosanan. Anda dapat memulainya dengan mengkomunikasikan apa saja yang sedang terjadi dan juga emmberika apresiasi terhadap usulan yang diberikan karyawan.

Karena dengan perlakuan tersebut, karyawan akanmerasa lebih dihargai sehingga membuat mereka lebih menikmati kerja yang ada. Selain itu anda dapat juga menambah keterlibatan karyawan dengan meminta [pendapat dari mereka mengenai pekerjaan yang sedang ditangani tim anda.

Memutus Rutinitas

Ketika kita melakukan sesuatu secara berulang –ulang dalam jangka waktu yang lama. Maka akan terasa membosankan bahkan untuk hal yang menyenangkan juga. Disini anda berperan untuk memberikan variasi dalam lingkup kinerja anda. Untuk membuat karyawan anda terhindar dari kebosanan yang ada. Hal ini dapat berefek positif dengan mood karyawan yang lebih segar.

mengatasi kebosanan karyawan

Memberikan Hadiah

Hal selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kebosanan karyawan dalam berkerja yaitu dengan memberikan hadiah. Anda dapat memberikan imbalan atau hadiah sebagai reward dari perkerjaan. Sehingga ada dan karyawan anda lebih bersemangat lagi dalam mencapai tujuan kerja yang sudah ditepatkan.

Pemberian hadiah juga dapat menjad semangat baru bagi para karyawan sehingga tidak merasa bosan. Hadiah yang dimaksud diselalu terfikir sebagai sesuatu yang besar. Hadiah dapat berupa sebatang coklat atau reward lainnya yang dapat membantu karyawan anda semakin semangat.

Memperbaiki Lingkungan Kerja

Tidak hanya dari segi pekerjaan yang dapat membuat kebosanan bagi karyawan. Namun lingkungan kera juga sangat mempengaruhi. Misalnya ketika lingkungan kerja anda kotor dan suram, tentu saja hal tersebut dalam semakin berefek pada kebosanan yang akan didapatkan. Karena itu anda juga harus memperhatikan lingkungan kerja anda.

Buat dan usahakan lingkungan kerja anda tertata sedemikian rupa untuk membuat anda dapat merasakan segar dan tidak bosan dalam bekerja. Anda dapat membuatnya dengan memberikan cat warna pada tempat kerja anda lebih cerah dan bervariasi. Misalnya seperti warna kuning, hjau atau biru muda dan warna – warna lain yang membuat kayawan semakin fokus kerja.

mengatasi kebosanan karyawan

Memberikan Dorongan Kesenangan

Cara mengatasi kebosanan karyawan selanjutnya yaitu dengan memberikan dorongan kebahagiaan kepada para karyawan. Dengan memeberikan dorongan kebahagiaan kepada karyawan anda, maka kemungkinan karyawan anda mengalami kebosanan akan semakin kecil. Seperti salah satunya yaitu dengan membiarkan karyawan anda menikmati hidupnya.

Anda dapat menambahkannya dengan memberikan dorongan kepada mereka untuk lebih bahagia dan menikmati hidup. Karena ketika karyawan anda semakin bahagia, akan berdampak pada kinerjanya. Kinerja mereka yang semakin baik akan membawa kesuksesan dalam bisnis anda.

Kesimpulan Dalam Mengatasi Kebosanan Karyawan

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi karyawan sehingga mengalami kebosanan dalam berkerja. Karena itu anda perlu lebih berhati–hati dalam memperhatikan karyawan anda. Dibutuhkan pengamatan khusus agar karyawan anda tidak mengalami kebosanan yang nantinya akan berdampak pada perkembangan bisnis anda.

dari penjelasan yang ada di atas, perusahaan yang menginginkan untuk maju dan lebih berkembang, akan lebih baik dan mudah dengan menggunakan JojoTimes. Dimana seluruh bakat dan minat karyawan dapat dengan mudah untuk direkan dan disusun dengan baik. Selain itu terdapat fitur pada software tersebut yang memudahkan tim HRD perusahaan dalam mengenal lebih jauh mengenai personality dari karyawannya yang mampu bersifat kreatif.

Dengan berbagai macam fitur menarik seperti penyimpanan database karyawan yang dilakukan dengan otomatis, atau dengan adanya sistem kehadiran yang sudah terintegrasi, tentu akan memudahkan dalam melihat sejauh mana kinerja karyawan terhadap perusahaan. Terlebih lagi terdapat fitur impor dan ekspor data karyawan yang dapat melihat sejauh mana kreativitas karyawan yang dapat berkembang dengan baik.

Sebab itu akan lebih baik jika anda cobalah fitur-fitur yang tersedia tersebut. Anda bisa saja mendapatkan percobaan gratis dari JojoTimes di perusahaan Anda. Biarkan karyawan anda mengembangkan kreatifitasnya masing-masing dengan semakin maksimal dan tentunya lebih terarah dengan menggunakan software diatas. hal ini pada akhirnya yang akan membuat perusahaan anda berkembang lebih baik lagi kedepannya.