6 Cara Ampuh Mengatur Keuangan Untuk Pengembangan Bisnis

Di era digital ini mulai banyak pertumbuhan perusahaan-perusahaan start-up yang menawarkan layanan inovatif mempermudah aktivitas. Dengan semangat tinggi perusahaan-perusahaan ini terus beroperasi demi menarik pasar yang lebih luas. Namun, seringkali semangat itu mengenyampingkan strategi mengatur keuangan. Akibatnya, tak jarang beberapa nama perusahaan baru semakin redup lalu tenggelam.

Inilah mengapa mengatur keuangan sangat menentukan kelangsungan perusahaan. Dengan cara pengelolaan yang baik, maka jalannya inovasi tentu semakin signifikan. Meraih laba yang besar memang penting. Namun, jika alokasi pengontrolan lebih kecil dibandingkan operasional, juga tak membuat produk perusahaan semakin menguntungkan.

Jangan sampai perusahaan anda adalah salah satunya. Oleh karena itu, kali ini Jojonomic akan membagikan informasi cara mengatur keuangan perusahaan khusus untuk anda. Tak hanya itu, bagi para pengusaha perintis, segera baca artikel ini agar perkembangan perusahaan selalu meningkat.

Buat Rencana Keuangan

Semua pengusaha setuju merencanakan strategi marketing adalah poin krusial dalam berbisnis. Tapi melakukan perencanaan keuangan juga tak kalah penting bagi eksekusi strategi. Tanpa perencanaan yang terarah, bisa-bisa penggunaan modal tak terkendali hanya agar proses marketing berjalan sempurna.

Dalam berbisnis, keseimbangan di segala aspek adalah kuncinya. Dana modal harus mampu menyentuh seluruh lini secara imbang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, tahap ini wajib dilakukan pada tahap awal pembentukkan maupun akhir tahun buku.

Idealnya, perencanaan memuat proyeksi rencana usaha berjangka, baik jangka panjang maupun pendek. Dalam target jangka panjang umumnya digambarkan selama satu tahun ke depan. Dalam jangka waktu tersebut usahakan untuk buat perencanaan besar mengenai arah usaha beserta pengeluaran yang dibutuhkan.

Kemudian pecah menjadi jangka waktu lebih pendek, baik itu per 3 bulan atau per bulan. Dengan jangka waktu ini, perencanaan usaha dan keuangan yang dibutuhkan harus lebih spesifik lagi. Perhitungkan semua kebutuhan termasuk anggarkan dana darurat.

Dengan demikian alokasi keuangan real memiliki pedoman dan batasan yang pasti, sehingga menutup kemungkinan terjadinya defisit. Inovasi yang telah direncanakan pun berjalan sesuai dengan harapan.

Tentukan Target Keuangan

mengatur keuangan

Setelah merencanakan usaha dengan alokasi anggaran, kini waktunya fokuskan diri untuk tentukan target keuangan. Prospek bisinis yang besar hanya dapat tercapai jika direncanakan dengan terukur. Untuk mewujudkannya, cara pertama adalah buat target pendapatan jangka pendek. Tentunya yang sudah dikalkulasikan dengan biaya produksi, biaya lainnya serta keuntungan yang anda harapkan. Angka yang keluar hendaknya pasti dan jelas. Lalu tanamkan bersama tim angka tersebut wajib terealisasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ketika menjadikannya sebagai patokan utama, selanjutnya akan lebih mudah untuk merancang strategi yang sesuai. Baik itu strategi produksi, strategi marketing dan aspek lainnya. Seberapa besar strategi yang harus dilakukan dan sekompleks apa strategi akan mampu menunjang pencapaian target.

Tak cukup hanya merancang, anda bersama tim juga harus memantau dan mengelola strategi-strategi ini agar berjalan sesuai rencana.

Memisahkan Bagian Kasir dan Accounting

mengatur keuangan

Langkah ini nyatanya cukup penting untuk dilakukan jika anda tidak ingin adanya penipuan berupa kecurangan. Cara konkretnya bisa anda posisikan tim yang berbeda untuk mengelola kedua hal tersebut. Mungkin anda sedikit kurang memahami alasan dibaliknya, padahal keduanya mengurusi keuangan perusahaan, bukan?

Sederhananya, bagian kasir akan selalu menerima hasil penjualan produk. Sedangkan bagian accounting hanya akan mengelola laporan keuangan. Apabila kedua bagian ini dikendalikan oleh satu tim yang sama, muncul kekhawatiran adanya manipulasi laporan keuangan. Akibatnya terlihat ketidaksesuaian laporan dengan pemasukan nyata di bagian kasir.

Seperti misalnya, dalam penyusunan laporan, bagian pemasukan tetap dicatat dengan angka sebagaimana bagian kasir menerima pemasukan nyata. Setelah diaudit, nyatanya uang tersebut tidak ada. Di titik ini perusahaan pun sudah mengalami kerugian.

Pantau Pergerakan Arus Kas

mengatur keuangan

Inilah salah satu kunci ketahanan perusahaan yang wajib diawasi dengan jeli. Mengapa? Arus kas merupakan catatan rinci yang memberikan informasi pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam satu periode. Umumnya disusun setiap satu tahun. Dengan sifat arus kas tersebut tentu sangat terlihat krusialnya bagian ini dalam mengatur keuangan.

Keuangan yang sehat setidaknya memiliki jumlah pemasukan yang setara dengan pengeluaran. Namun, hal itu tentu bukan tujuan perusahaan yang mengejar keuntungan. Untuk itu jangan sampai jumlah pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Untuk skala perusahaan, ingat pemasukan tidak hanya bersumber dari hasil penjualan. Ada sumber-sumber pemasukan lainnya seperti dana investasi dan pinjaman.

Catat selalu setiap transaksi sekecil apapun sambil kumpulkan seluruh buktinya. Buat dengan rinci dan jelas agar laporan transparan. Informasi ini akan sangat dibutuhkan tidak hanya bagi internal perusahaan merencankan keuangan kedepannya. Tetapi juga bagi pihak lainnya,seperti investor, kreditur, dan lainnya.

Manfaatkan Laba Untuk Pengembangan Usaha

mengatur keuangan

Pada dasarnya tak ada standar khusus seberapa besar laba dapat diambil menjadi milik pribadi. Akan tetapi, bagi kemajuan perusahaan, sebaiknya tentukan prosentase yang cukup agar kedepannya semakin menguntungkan.

Alokasikan dana yang sudah dipisahkan tersebut untuk diinvestasikan di berbagai lini. Seperti, untuk menambah jumlah produksi hingga memperluas pilihan produk. Penerapan antara kedua cara tersebut sebelumnya juga perlu mengetahui feedback pasar. Sehingga keputusan pengembangan usaha lebih tepat.

Selain mengenai komoditas, perhatikan juga sumber daya manusia yang membuat operasional berjalan optimal. Bila perlu perusahaan dapat melakukan kebijakan peningkatan tunjangan. Harapannya agar produktivitas semakin terpacu dan menambah pesatnya bisnis.

Meskipun jumlah laba yang diterima pribadi akan berkurang, mengatur keuangan dengan cara seperti ini cukup efektif menambah tingkat penjualan. Dampaknya keuntungan pun lebih besar lagi. Kalau sudah begini, siap-siap perusahaan anda semakin diperhitungkan dalam persaingan pasar!

Menyiapkan Dana Darurat

mengatur keuangan

Dalam berbisnis sulit untuk memprediksi kepastian, baik itu ketatnya persaingan atau penjualan. Bisa saja tingkat penjualan tidak sebesar usaha dan modal yang diinvestasikan untuk menghasilkan produk. Tak jarang, setelah dihantam kondisi ini, perusahaan tidak cukup kuat untuk bertahan dan berujung menghilang. Hal ini juga sangat mungkin terjadi pada perusahaan anda jika terus beroperasi tanpa dana darurat.

Itulah sebabnya persiapan dana darurat sangat penting saat mengatur keuangan. Hanya dana inilah yang akan menolong produktivitas perusahaan ketika seluruh pemasukan, aset, bahkan modal sudah tidak dapat diandalkan.

Semakin besar perusahaan semakin besar juga risiko yang dihadapi. Oleh karena itu, pemisahan dana darurat harus menyesuaikan dengan tingkat perusahaan. Dana darurat bagi perusahaan rintisan tentu akan berbeda dengan perusahaan besar. Dengan demikian kebutuhan saat darurat tetap terpenuhi sambil terus memperbaiki internal perusahaan.

mengatur keuangan

Tips dan Trik Mengatur Keuangan Secara Efektif

Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting belakangan ini. Pengaturan keuangan tersebut sangat penting dilakukan karena membawa dampak besar bagi kehidupan seseorang. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk dapat mengatur keuangan pribadi atau organisasi anda secara lebih efektif.

Mengendalikan Diri

Hal yang dapat anda lakukan salah satunya yaitu dengan mencoba untuk mengendalikan diri anda. Banyak sekali orang yang saat ini menjadi shopaholic atau sering belanja secara berlebihan mengikuti kepuasan batin. Anda bisa mencoba untuk mengendalikan diri anda untuk tidak berbelanja secara berlebihan yuang nantinya secara tidak langsung akan berdampak pada management keuangan anda.

Kita tau masa muda atau dewasa awal merupakan waktu diamana kita menginginkan banyak hal, namun kita harus bisa mengatur hal yang sekiranya hanya kita inginkan dan hal yang memang kita butuhkan sehingga tidak berbelanja berlebihan, atau melakukan banyak hal yang sekiranya mengeluarkan banyak uang tanpa fungsi yang jelas dan bisa mengatur keuangan kita dengan baik.

Menganalisis Keuangan Masa Depan

Tentu saja kita harus berpikir mengenai masa depan dan mulai mempersiapkan semuanya dari sekarang termasuk keuangan. Dalam hal ini, tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan anda yaitu dengan menganalisi terkait managemen keuangan anda. Jika orang lain juga terlibat dalam managemen keuangan anda anda tetap perlu berhati-hati dengan hal tersebut dan melakukan pemantauan berkelanjutan.

mengatur keuangan

Buatlah Pencatatan pengeluaran

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan anda dimasa dewasa awal yaitu dengan membuat pencatatan terkait pengeluaran keuangan anda. Pencatatan pengeluaran merupakan hal yang penting dan sangat bermanfaat bagi bagi keuangan anda, salah satunya dengan adanya pencatatan pengeluaran setiap akhir bulan misalnya anda dapat menganalisis besarannya dan membandingkannya dengan pendapatan perbulan anda. Pastikan dengan benar bahwa pendapatan anda jauh lebih besar dari pengeluaran nada.

Karena jika tidak, hal tersbeut dapat menjadi masalah besar dikemudian hari jika dibiarkan begitu saja terus menerus. Manfaat lain yang dapat anda dapatkan dari membuat pencatatan keuangan yaitu mampu membuat anda menjadi lebih mudah menghemat pengeluaran setelah mengetahui seberapa besar pengeluaran anda lewat catatan yang anda buat.

Mulai Menyimpan Dana Darurat

Mulailah untuk menyimpan uang yang nantinya dapat anda gunakan dalam keadaan darurat. Dengan mempertimbangkan untuk menyimpan dana atau uanga untuk jaga – jaga terhadap sesuatu yang bisa saja terjadi tanpa terprediksi mampu membuat keuangan anda menjadi lebih terjamin kedepannya. Dalam hal ini selain anda dapat mendapatkan dana yang dapat anda gunakan dalam kepentingan darurat, nmaun juga dapat membuat anda terbiasa dengan menabung sedikit demi sedikit tanpa anda sadari.

Kelebihan lainnya dengan anda melakukan penyimpanan terkait dana darurat, jika misalnya pada akhirnya anda tidak menggunakan dana tersebut untuk kepentingan darurat, hal ini dapat menjadi uang tambahan atau pensiun untuk anda. Dengan kunci adna melakukannya secara berkelanjutan dan menganggap dana darurat ini sebagai dana wajib yang perlu anda sisihkan setiap bulannya. Tentu saja ini akan menjadi kelebihan atau keuntungan bagi anda kedepannya.

mengatur keuangan

Menyiapkan Uang Pensiun

Saat kita muda tentu kebanyakan orang kan menjadi lebih egois untuk memenuhi semua keinginannya. Namun yang perlu anda ketahui dan pikirkan adalah tidak selamanya kita muda dan dapat berkerja secara efektif dan berkelanjutan. Akan tiba saatnya kita menjadi tidak seproduktif saat ini ketika kita sudah memasuki masa tua. Karena itu anda perlu memikirkan hal ini sebaik mungkin.

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatur keungan pribadi dimasa awal dewasa sehingga dapat membawa dampak baik di kemudian hari bahkan saat tua yaitu dengan mulai memikirkan dan menyiapkan uang atau dana pensiun. Terutama bagi wiraswasta yang pada masa tuanya tentu setiap orang tidak bisa seproduktif sekarang harus memikirkan ini baik – baik. Dengan memikirkan hal ini, dan mulai menabung dan menyiapkan dana pensiun tentu saja dapat membuat anda tidak khawatir lagi dengan masa tua anda dimana anda tidak lagi produktif untuk bekerja namun memiliki keuangan yang terjamin.

Dengan mempersiapkan dana pensiun tentu saja akan mempermudah masa tua anda tanpa memikirkan keuangan anda nantinya. Karena itu mulailah untuk memikirkan dana pensiun ini diawal usia 20 an, tentu saja hal tersebut tidak menjadi masalah.

mengatur keuangan

Pertimbangkan Pajak

Banyak orang yang masih belum sadar mengenai pajak penghasilan yang ada dan tidak berfikir bahwa pajak sendiri memiliki pengaruh penting terhadap keungan anda. Saat kita melamar pekerjaan atau akan menerima suatu pekerjaan tentunya kita memperhatikan besar gaji yang ditawarkan. Disini anda harus memperhitungkan besar pajak didalamnya atau terhadap gaji anda  apakah gaji anda masih cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Terutama ketika kita tahu bahwa pekerjaan yang kita ambil akan beralan dalam waktu yang relatif lama.

Disini anda bisa meluangkan waktu untuk anda belajar mengenai pajak ini sendiri. Ketika anda sudah memahami pajak ini sendiri anda bisa lebih optimal dalam memperhitungkan gaji anda, terutama saat masa kerja anda habis dan ingin pindah.

Jaminan Kesehatan

Hal penting lainnya yang berhubungan ketika kita belajar atau membahas mengenai pengaturan keuangan pribadi pada masa awal dewasa secara tidak langsung ini akan berkaitan dengan kesehatan anda sendiri. Karena itu tips dan trik selanjutanya yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan dimasa awal dewasa yaitu dengan mengatur dan menjaga kesehatan anda sendiri. Kita tahu seberapa penting kesehatan untuk kita, karena kesehatan adalah pangkal dari banyak hal. Saat kita tidak sehat maka semua kegiatan yang kita lakukan akan terdampak akibata kesehatan kita.

Mungkin saat kita muda kita masih merasa baik – baik saaja dan tidak merasa kurang dalam hal kesehatan. Namun saat kita membayangkan atau berpikir terkait pengaturan keuangan dimasa depan ini merupakan hal penting. Jika kita hidup sekarang dengan tidak sehat dan tidak menjaga kesehatan dengan baik maka dimasa depan  kita bisa saja mendapatkan akibat yang berat dari hal tersebut. Sebaik apapun managemen atau pengaturan keuangan kita saat ini untuk mempersiapkan masa depan, jika kita sakit-sakitan kedepannya tentu ini akan berpengaruh saat besar.

Jalan keluar selain dengan menjaga kesehatan secara pribadi, anda juga dapat melakukannya dengan mengikuti asuransi kesehatan. Sakit tidak hanya kita dapatkan dari kebiasaan kita, namun juga kewat kejadian yang tidak dapat kita prediksi misalnya kecelakaan yang menyebabkan kesehatan kita terganggu. Karena itu di masa muda anda dapat mulai berfikir mengenai asuransi kesehatan untung menjamin kesehatan anda di masa mendatang.

Mulai Berfikir Untuk Menjaga Kekayaan

Tips dan trik terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi anda di masa awal dewasa yaitu dengan memikirkan cara untuk menjaga kekayaan anda. Misalnya yaitu dengan anda berfikir untuk mengikuti asuransi pendapatan. Dengan anda mengikuti asuransi pendapatan anda dapat sedikit lebih tenang mengenai keuangan anda dimasa mendatang.

Beirkut diatas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan anda dimasa awal dewasa. Yang perlu anda pahami meski dimasa awal dewasa tidak hanya berisi keinginan untuk memuaskan diri anda tanpa perencanaan keuangan, namun anda juga perlu mulai memikirkan keuangan anda jangka panjang sehingga dari waktu kewaktu keuangan anda semakin matang bahkan di saat tua. Semoga tips dan trik diatas bermanfaat untuk anda.

Penutup

6 cara di atas setidaknya menjadi poin paling mendasar dalam mengatur keuangan. Apabila perusahaan anda memiliki cara yang lebih kompleks dari pada ulasan ini, tidak ada salahnya untuk diterapkan bersamaan. Karena pada dasarnya, kunci utama dalam mengatur keuangan adalah kehati-hatian dan ketelitian membaca semua kondisi. Yang paling penting, pastikan untuk selalu jaga agar pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan pemasukan. Efeknya keuangan perusahaan pun tetap sehat dan terjaga.

Artinya anda dan tim keuangan memiliki tugas besar untuk menjaga stabilitas keuangan. Untuk menjamin kondisi dalam keadaan optimal, Jojo Expense menjadi partner yang tepat membantu perusahaan anda. Cukup satu platform, atur efisiensi pengeluaran perusahaan hingga 76% lebih baik.

Salah satunya, tim dapat kumpulkan semua data transaksi secara otomatis tanpa proses manual yang menghabiskan waktu. Dengan data digital, anda sebagai pemilik pun juga mampu memantau dan memahami pertumbuhan usaha.

Selain itu, pengontrolan anggaran juga bisa dilakukan di mana saja cukup melalui gadget. Ambil keputusan seketika apakah menyetujui pengajuan reimbursement atau menolak cash advance. Anggaran jadi tetap aman dengan Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang akan menotifikasi anda adanya percobaan penipuan. Sehingga tidak perlu khawatir lagi, karena keuangan perusahaan terproteksi preventif bahkan dari tangan internal sekalipun.

Yuk, lindungi posisi keuangan perusahaan dengan beragam fasilitas dari Jojo Expense yang praktis hanya dalam sekali klik. Dapatkan kemudahannya hanya dengan mendaftar sekarang juga!