Mengenal Guirella Marketing dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Kampanye melalui Guirella marketing pada dasarnya mudah diingat dan tidak konvensional. Hal ini menunjukkan kemampuan untuk meninggalkan kesan abadi pada konsumen. Dengan kampanye yang berhasil, pembeli dibuat kagum, terkesan. Mereka pasti ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk dan/atau layanan tersebut. Strategi pemasaran ini membantu mengingat merek di benak pelanggan.

Guirella marketing (pemasaran gerilya) menggunakan berbagai teknik dan praktik untuk menjalin kontak langsung dengan pelanggan. Salah satu tujuan dari interaksi ini adalah untuk menimbulkan reaksi emosional pada klien. Tujuan akhir pemasaran adalah membuat orang mengingat produk atau merek dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Guirella marketing berfokus pada “surprised”

Karena saluran media periklanan tradisional seperti cetak, radio, televisi, dan surat langsung kini makin kehilangan popularitas. Para pemasar dan pengiklan harus menemukan strategi baru untuk menyampaikan pesan komersial mereka kepada konsumen. Pemasaran gerilya berfokus pada mengejutkan konsumen. Mereka berusaha membuat kesan besar tentang produk atau merek.

Hal ini pada gilirannya menciptakan buzz tentang produk yang dipasarkan. Ini adalah cara beriklan yang meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk atau layanan. Produk ini dirancang untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, ini juga meningkatkan kemungkinan konsumen, atau seseorang yang berinteraksi dengan kampanye. Hal ini akan memberi tahu teman-teman mereka tentang produk tersebut.

Jadi, dari mulut ke mulut, produk atau layanan yang diiklankan menjangkau lebih banyak orang daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Guirella marketing, cara murah mengenalkan merk ke pelanggan

Pemasaran Guirella marketing relatif murah, dan lebih berfokus pada jangkauan daripada frekuensi. Bisa di cek di JojoExpense: Pajak, Keuangan, Bisnis dan Ekonomi.

Agar kampanye gerilya berhasil, perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak uang. Mereka hanya perlu memiliki imajinasi, energi, dan waktu. Oleh karena itu, berpotensi efektif untuk usaha kecil, terutama jika mereka bersaing dengan perusahaan besar.

Pesan kepada konsumen sering dirancang untuk menjadi jelas dan ringkas. Jenis pemasaran ini juga bekerja pada pikiran bawah sadar, karena keputusan pembelian sering dibuat oleh pikiran bawah sadar.

Untuk menjaga produk atau layanan dalam pikiran bawah sadar membutuhkan pengulangan. Jadi jika buzz dibuat di sekitar produk, dan dibagikan di antara teman-teman, itu memungkinkan pengulangan.

Etimologi dan asal usul Guirella marketing

Istilah “pemasaran gerilya” ditelusuri ke perang gerilya, yang menggunakan taktik atipikal untuk mencapai suatu tujuan. Pada tahun 1984, istilah pemasaran gerilya diperkenalkan oleh direktur kreatif Leo Burnett Jay Conrad Levinson dalam bukunya Pemasaran Gerilya.

Istilah itu sendiri berasal dari inspirasi perang gerilya yang merupakan perang inkonvensional. Perang ini menggunakan teknik yang berbeda dari strategi taktik biasa dan kecil yang digunakan oleh warga sipil bersenjata.

Cara ini melibatkan imajinasi dan energi yang tinggi untuk menjalankan kampanye pemasaran gerilya. Pemasaran semacam ini murni berfokus pada mengejutkan konsumen, menciptakan kesan yang lebih besar dan akhirnya mengarah ke buzz melalui platform media sosial atau dari mulut ke mulut.

Guirella marketing (pemasaran gerilya) sangat cocok untuk usaha kecil atau menengah

Guirella marketing (pemasaran gerilya) sangat cocok untuk usaha kecil atau menengah untuk membawa produk atau layanan mereka kepada konsumennya tanpa menginvestasikan lebih banyak uang untuk iklan. Ini juga telah digunakan oleh perusahaan besar untuk menunjukkan perbedaan dari pesaingnya dan memanfaatkan kampanye media sosial. Akhir-akhir ini, individu menggunakan metode berburu pekerjaan yang tidak konvensional atau untuk bekerja lebih banyak.

Alhasil, lahirlah konsep street marketing. Ini telah berkembang dari hanya penerapan kegiatan di jalanan, menjadi pengembangan praktik promosi yang inovatif. Misalnya, salah satu metode yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di jalan adalah dengan membagikan brosur.

Kegiatan ini tidak menitikberatkan pada kreativitas, melainkan membuat publisitas di jalanan. Namun, dengan berlalunya waktu, perusahaan telah mengembangkan teknik yang lebih tidak konvensional untuk menarik perhatian klien.

Jenis Guirella marketing

Guirella marketing terdiri dari berbagai macam metode seperti berikut ini:

Pemasaran ambien

Komunikasi ambien adalah iklan yang disajikan pada elemen lingkungan, termasuk hampir setiap permukaan fisik yang tersedia. Ini adalah kompilasi kecerdasan, fleksibilitas, dan penggunaan atmosfer yang efektif. Semuanya bisa dipantau melalui JojoTimes: Human Resource, Bisnis, Ekonomi, Etos Kerja. Jenis iklan ini dapat ditemukan di mana saja dan di mana saja mulai dari pengering tangan di kamar mandi umum hingga iklan di pompa bensin.

Ambush marketing

Ambush marketing adalah bentuk pemasaran asosiatif, yang digunakan oleh organisasi untuk memanfaatkan kesadaran, perhatian, niat baik, dan manfaat lainnya, yang dihasilkan dengan memiliki asosiasi dengan suatu acara atau properti, tanpa organisasi tersebut memiliki hubungan resmi atau langsung dengan acara tersebut. atau properti.

Ini biasanya terlihat di acara-acara besar di mana saingan dari sponsor resmi berusaha membangun asosiasi dengan acara tersebut dan meningkatkan kesadaran akan merek mereka, terkadang secara diam-diam. Misalnya, Nike selama Olimpiade London 2012 menciptakan tempat ‘temukan Keagungan Anda’ di mana mereka menampilkan atlet dari beberapa lokasi yang disebut London (tetapi tanpa menunjukkan London asli atau mengacu pada permainan Olimpiade) yang dimaksudkan untuk membangun hubungan yang kuat antara Olimpiade London dan Nike.

Silent Marketing (Pemasaran sembunyi-sembunyi)

Pemasaran viral/buzzer marketing

Pemasaran viral menggambarkan strategi apa pun yang mendorong individu untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada orang lain, menciptakan potensi pertumbuhan eksponensial dalam paparan dan pengaruh pesan. Seperti virus, strategi semacam itu memanfaatkan penggandaan cepat untuk meledakkan pesan ke ribuan, hingga jutaan. Di luar Internet, pemasaran viral telah disebut sebagai “dari mulut ke mulut”, “menciptakan buzz”, “memanfaatkan media”, “pemasaran jaringan”, Tapi di Internet, baik atau buruk, itu disebut “viral pemasaran”.

Demikian pula, buzz marketing menggunakan media profil tinggi untuk mendorong publik mendiskusikan merek atau produk.Pemasaran Buzz bekerja paling baik ketika tanggapan konsumen terhadap produk atau layanan dan dukungan berikutnya adalah asli, tanpa perusahaan membayarnya. Buzz yang dihasilkan dari kampanye pemasaran buzz disebut sebagai “WOM yang diperkuat” (dari mulut ke mulut), dan “WOM organik” adalah ketika buzz terjadi secara alami oleh konsumen.

Grass Root Marketing (Pemasaran akar rumput)

Kampanye akar rumput bertujuan untuk memenangkan pelanggan secara individual. Kampanye akar rumput yang sukses bukanlah tentang penyebaran pesan pemasaran dengan harapan bahwa kemungkinan konsumen memperhatikan, melainkan menyoroti hubungan pribadi antara konsumen dan merek, dan membangun hubungan yang langgeng dengan merek.

Astroturfing Marketing

Astroturfing melibatkan menghasilkan sensasi buatan di sekitar produk atau perusahaan tertentu melalui ulasan atau diskusi di blog atau forum online oleh individu yang dibayar untuk menyampaikan pandangan positif. Hal ini dapat berdampak negatif dan merugikan bagi perusahaan, jika konsumen menduga bahwa ulasan atau opini tersebut tidak asli, merusak reputasi perusahaan atau bahkan lebih buruk lagi, mengakibatkan litigasi.

Street Marketing (Pemasaran jalanan)

Street Marketing menggunakan cara yang tidak konvensional untuk mengiklankan atau mempromosikan produk dan merek di tempat umum. Tujuan utamanya adalah mendorong konsumen untuk mengingat dan mengingat kembali merek atau produk yang dipasarkan.

Sebagai divisi pemasaran gerilyajuga mencakup periklanan di luar ruangan, seperti di troli belanja, toilet umum, sisi mobil atau angkutan umum, penutup lubang got, jalan setapak, tempat sampah, dll.

Metode ini tidak terbatas pada iklan tetap. Merupakan praktik umum bagi organisasi untuk menggunakan duta merek yang mendistribusikan sampel produk atau voucher diskon, dan menjawab pertanyaan tentang produk sambil menekankan merek.

Para duta merek dapat didampingi oleh kios yang berisi contoh produk atau materi demonstrasi, atau mereka dapat mengenakan “papan reklame berjalan”. Interaksi fisik dengan konsumen memiliki kekuatan pengaruh yang lebih besar daripada iklan pasif tradisional.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.