Jenis Mindset Seseorang Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya

mindset

Mindset tentu menjadi suatu kata yang sudah cukup familiar di telinga Anda sekalian. Bahkan kata ini mungkin saja sangat populer di beberapa kalangan tertentu. Penggunaan kata ini juga tentunya sudah sering dilakukan di beberapa kalangan. Mindset sebenarnya merupakan suatu istilah yang bisa diartikan sebagai kumpulan dari berbagai pemikiran. Dalam hal ini pemikiran yang terbentuk tersebut sesuai dengan pengalaman dan keyakinan seseorang. Maka pemikiran yang dimiliki oleh seseorang tersebut pada akhirnya akan berpengaruh pada cara berpikir seseorang dalam menentukan suatu sikap atau pandangan mengenai berbagai hal.

Bahkan sekumpulan pemikiran yang ada dalam diri seseorang tersebut juga bisa berpengaruh besar pada sikap dan perilaku orang tersebut. Tentunya mindset antara orang yang satu dengan orang yang lain adalah berbeda-beda. Sebab sebuah pemikirna bisa hadir pada diri seseorang karena adanya jalan kehidupan yang berbeda anatar orang yang satu dengan yang lain. Bahkan rencana dan tujuan dalam hidup masing-masing orang juga berbeda sehingga pemikiran tiap orang tentu tidaklah sama.

Jenis Mindset

Mindset tetap

Jenis yang pertama untuk dibahas kali ini adalah mindset tetap. Atau Anda juga bisa menyebutnya dengan istilah fixed mindset. Yang dimaksud dengan hal tersebut adalah pola pikir yang menetap dalam diri seseorang. Jadi bila Anda memiliki pola pikir jenis ini maka Anda akan selalu yakin pada apa yang Anda percaya. Bahkan rasa percaya yang Anda miliki ini tetap kokoh dan tidak akan berubah. Umumnya seseorang yang memiliki pola pikir jenis ini cenderung memiliki keyakinan kuat pada hal yang ia miliki. Keyakinan ini bisa saja meliputi keyakinan bahwa kelebihan yang dimiliki memang sudah ada sejak awal. Bahkan untuk memiliki kelebihan ini tidak perlu dilakukan berbagai usaha keras. Jika Anda mengalaminya maka bisa saja Anda semakin mengesampingkan segala masukan yang diberikan pada Anda. Selain itu Anda juga bisa merasa khawatir atau terancam dengan keberhasilan kompetitor.

Mindset berkembang

Jenis selanjutnya adalah mindset berkembang atau yang juga biasa disebut dengan istilah growth mindset. Pola pikir jenis ini umumnya lebih merupakan pola pikir yang bisa diolah tentunya dengan cara melakukan beberapa usaha. Jadi anggapan ini semakin memperkuat adanya pernyataan bahwa pola pikir seseorang bisa berubah dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Bila Anda memiliki pola pikir jenis ini maka Anda akan memiliki pandangan bahwa kelebihan yang dimiliki merupakan hasil dari sebuah usaha dan juga hasil dari pengalaman hidup. maka Anda bisa lebih menghargai masukan dari orang lain. Selain itu dengan adanya pola pikir yang seperti ini maka Anda bsia selalu berkembang secara positif. Sebab Anda bisa selalu menerima masukan dari orang yang lain yang tentunya bersifat membangun.

Faktor yang Mempengaruhi Mindset

Kondisi lingkungan

Pada dasarnya kondisi lingkungan sekitar merupakan salah satu hal yang dapat berpengaruh pada pola pikir Anda. Lingkungan di sekitar Anda akan mengarahkan pandangan dan pola pikir Anda hingga sesuai dengan keadaan yang ada. jadi lingkungan yang baik tentu akan membuat Anda memiliki pola pikir yang baik dan bersifat positif. Lingkungan di sekitar Anda yang baik dan bersifat positif juga akan membuat Anda menjadi pribadi yang selalu bersemangat dan selalu memikirkan masa depan, dan juga akan selalu mendukung Anda untuk selalu mencapai tujuan dengan segala usaha yang tepat. Maka Anda akan selalu memiliki cara pandang yang positif mengenai berbagai macam hal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Adanya informasi

Banyaknya informasi yang Anda terima tentu pada akhirnya akan mengembangkan pola pikir Anda mengenai berbagai hal. Sebab pada dasarnya sebuah informasi dapat berpengaruh pada pola pikir seseorang. Berbagai informasi diu sekeliling Anda sudah tentu tidak dapat dihindari. Maka Anda pasti akan menerima berbagai informasi yang ada. Informasi yang diterima ini bisa baik dan juga bisa buruk. Namun baik buruknya informasi tetap saja akan berpengaruh terhadap pola pikir Anda. Hingga akhirnya pandangan Anda terhadap segala sesuatu bisa terbentuk karena adanya informasi yang telah Anda dapatkan.

Masa lalu

Hal lainnya yang ternyata juga dapat pberpengaruh apda pola pikir Anda adalah masa lalu. Setiap hal yang Anda lewati tentu akan menjadi suatu pengalaman yang berharga bagi Anda. Tidak hanya itu saja tetapi hal yang Anda lewati juga akan menjadi masa lalu yang mungkin saja selalu membekas di dalam ingatan Anda. Umumnya masa lalu yang kelam akan membentuk trauma pada diri seseorang. Trauma ini tentu bsia menghambat perkembangan Anda sehingga Anda bisa saja kehilangan semangat dalam menyusun masa depan. Maka sebaiknya lupakanlah masa lalu yang kurang baik agar Anda selalu siap menyambut masa depan.

Perubahan Mindset

Jika memang pola pikir ini harus diubah dan perubahan ini bersifat memaksa maka Anda perlu bersabar untuk menantuikan perubahannya. Sebab perubahan pola pikir tidak dapat terjadi dalam waktu sekejap. Hal ini memang bisa diubah namun hal ini tentu saja membutuhkan proses yang tidak sebenatr. perubahan bisa terjadi dalam jangka wkatu yanv lebih lama. Oleh karena itu jika memang Anda menghendaki adanya perubahan pola pikir dalam diri seseornag maka Anda sebaiknya bersabar, Selain itu Anda juga perlu mendukungnya sehingga perubahan mindset bisa terjadi walaupun secara bertahap.

Tentu saja hal ini seperti juga saat memilih sistem keuangan yang tepat untuk perusahaan. Sebaiknya cobalah untuk beralih pada JojoExpense. Produk ini membantu efisiensi sistem keuangan perusahaan untuk menjadi lebih baik. Selain bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan secara akurat, juga bisa menghindari resiko adanya penipuan dalam sistem keuangan tersebut.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur yang menjadi andalan dalam JojoExpense. Beberapa fitur ini meliputi sebagai berikut.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati coba gratis JojoExpense selama 14 hari sekarang juga.