Penerjemah Dokumen : Pengertian, Tugas, dan Contoh Dokumen

Penerjemah Dokumen

Dengan pesatnya perubahan jaman sekarang ini, banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa terjemahan bahasa dan penerjemah dokumen. Beberapa perusahaan menyediakan layanan terjemahan dalam satu bahasa (contohnya saja bahasa Mandarin-Indonesia).

Namun, ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan terjemahan dalam semua bahasa, termasuk Inggris, Mandarin, Korea, dan banyak bahasa lainnya. Sebagian besar perusahaan tersebut menyediakan dua jenis layanan terjemahan, yaitu layanan terjemahan biasa dan layanan terjemahan tersumpah.

Untuk memahami terjemahan biasa dan terjemahan tersumpah, mungkin semua orang sudah tahu bahwa terjemahan biasa adalah terjemahan biasa dan terjemahan tersumpah adalah layanan terjemahan bersertifikat. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada uraian berikut.

Apa itu Penerjemah Dokumen?

Penerjemah Dokumen

Penerjemah Dokumen merupakan jasa yang digunakan untuk menerjemahkan dokumen perusahaan, dimana terbagi atas 2 (dua) jenis jasa penerjemah dokumen, yaitu penerjemah dokumen biasa dan bersertifikat.

Jasa penerjemahan dokumen biasa adalah jasa penerjemahan yang dapat mengolah data yang tidak terkait dengan masalah hukum dan dokumen yang tidak terkait dengan legalitas dokumen. Ciri dari penerjemah dokumen ini adalah hasil terjemahan tidak memiliki cap atau tanda tangan orang yang mencapnya.

Jasa Penerjemahan Dokumen Tersumpah merupakan jasa penerjemahan yang lulus uji kualifikasi dan diambil sumpahnya oleh pejabat yang berwenang yaitu Gubernur Daerah Administratif Khusus Ibukota Jakarta yang diselenggarakan oleh Fakultas Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Jakarta Indonesia.

Sementara itu, ciri khas dokumen yang dihasilkan oleh terjemahan tersumpah adalah dokumen yang diterjemahkan ditandatangani dan distempel, dan penerjemah menyatakan bahwa dokumen yang diterjemahkan adalah benar dan telah dipelajari untuk mempertahankan keakuratannya.

Kesimpulannya, Penerjemah Dokumen adalah proses pemindahan makna dari satu bahasa ke bahasa lain berdasarkan konteks terjemahan terkait dengan kesepadanan dua bahasa (bahasa sumber dan bahasa target). Dalam proses penerjemahan, terdapat beberapa proses mulai dari penerjemahan teks hingga penyempurnaan teks.

Tugas Penerjemah Dokumen

Penerjemah Dokumen

Saat ini, beberapa referensi memiliki definisi tugas penerjemah yang berbeda. Menurut Munday, tugas penerjemah adalah mengkonversi bahasa sumber tertulis menjadi bahasa target. Menurut Ernst dan Gutt, definisinya sedikit berbeda, menafsirkan terjemahan sebagai tindakan mengulangi apa yang tertulis atau dinyatakan dalam satu bahasa ke bahasa lain.

Kemudian menurut Newmark, tugas penerjemah adalah proses pemindahan makna dari satu bahasa ke bahasa lain berdasarkan konteks. Dalam ketiga referensi terjemahan tersebut, pengertian terjemahan terkait dengan kesepadanan dua bahasa. Dalam proses penerjemahan, terdapat beberapa proses mulai dari penerjemahan teks hingga penyempurnaan teks. Newmark juga menyebutkan beberapa proses atau tahapan yang dialami oleh penerjemah. Secara rinci, berikut tugas penerjemah dokumen:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menafsirkan dan menganalisis teks sumber

Tahap awal dari pengalaman penerjemah adalah memahami teks yang akan diterjemahkan. Menganalisis secara cermat jenis teks, gaya bahasa, tata bahasa, dan tata bahasa yang digunakan. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk memahami isi teks sumber, khususnya dalam hal domain atau topik.

Terkadang sulit bagi penerjemah untuk menganalisis kalimat yang panjang. Solusinya adalah dengan membagi kalimat menjadi beberapa frase yang sesuai. Pada tahap ini diharapkan penerjemah dapat mengenali makna dari keseluruhan teks.

Pilih makna teks yang sesuai

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menemukan padanan kata yang sesuai digunakan dalam struktur kata atau kalimat. Dalam teks, penulis biasanya membawa latar belakang budayanya. Tugas penerjemah adalah menemukan kata-kata yang sesuai dalam bahasa target untuk secara akurat mewakili bahasa sumber.

Biasanya pada tahap ini, penerjemah akan menemui kesulitan dalam menerjemahkan kata atau kalimat sulit yang tidak ia kenali. Solusi yang dapat digunakan penerjemah adalah mencari kata-kata asing secara mendalam. Google atau kamus dapat digunakan sebagai alat untuk mencari istilah.

Susun ulang teks sesuai dengan maksud penulis

Pada tahap ini, penerjemah akan mengekspresikan kembali teks yang diterjemahkan ke dalam bahasa target. Tujuan dari fase ini adalah untuk mengirim ulang pesan yang ditulis dengan baik. Kehilangan konteks dapat menyebabkan masalah yang akan dihadapi pembaca. Jika kata yang digunakan dalam terjemahan tidak cocok, penerjemah harus mengulangi langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya.

Layanan Penerjemahan Dokumen

Penerjemah Dokumen

Perusahaan jasa penerjemahan dokumen ini juga menyediakan layanan terjemahan dari satu bahasa ke beberapa bahasa yang Anda butuhkan pada saat yang bersamaan. Misalnya, jika Anda membutuhkan layanan terjemahan bahasa Inggris dan layanan terjemahan Korea, maka akan dapat menerjemahkan beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam dua bahasa.

Ini adalah bagian dari layanan yang mereka sediakan, sehingga memudahkan Anda menerjemahkan karena Anda tidak perlu mencari layanan terjemahan dalam bahasa lain. Perusahaan jasa terjemahan dokumen tidak menggunakan mesin terjemahan yang saat ini disediakan oleh situs web atau beberapa pusat aplikasi.

Namun, mereka akan menangani dokumen secara komprehensif oleh para profesional dan mengoperasikannya secara manual untuk memastikan profesionalisme. Mereka bekerja di bidang keahliannya masing-masing dan sudah memiliki banyak pengalaman. Selain itu, dokumen yang Anda terjemahkan akan melalui tahap editing untuk direview dan finalisasi lebih lanjut hingga dokumen tersebut benar-benar valid.

Beberapa dokumen yang biasanya membutuhkan jasa penerjemahan dokumen adalah sebagai berikut:

  1. Dokumen yang diaktakan.
  2. Akta bisnis.
  3. Akta perjanjian atau dokumen perjanjian.
  4. Dokumen Memorandum of Understanding.
  5. Berkas SIUP.
  6. File NPWP.
  7. File TDP.
  8. SPT Tahunan.
  9. File laporan akhir atau laporan tahunan.
  10. Bukti tempat tinggal.
  11. Dokumen teknis.
  12. File media.
  13. Keputusan Presiden.
  14. Dokumen Peraturan pemerintah, Perda, Permen.
  15. File transkrip.
  16. Laporkan file laporan.
  17. Surat Izin Mengemudi (SIM).
  18. Berkas SKCK diperoleh dari polisi.
  19. Dokumen keluarga.
  20. Akta kelahiran.
  21. Surat nikah.
  22. Sertifikat Perceraian.
  23. Sertifikat kematian.

Semua dokumen yang disebutkan di atas dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang Anda inginkan melalui layanan yang disediakan oleh perusahaan, misalnya layanan penerjemahan dokumen bahasa Jepang akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan menerjemahkannya dari bahasa asli dokumen.

Kesimpulan

sertifikat

Layanan terjemahan biasa atau layanan terjemahan tersumpah, mereka akan menjamin kerahasiaan data yang Anda terjemahkan ke penerjemah yang relevan. Bahkan, mereka bisa menjamin bahwa data yang mereka proses memiliki keaslian dan kredibilitas 100%.

Dengan melakukan semua tahapan penerjemahan di atas, penerjemah dapat dengan mudah dan cepat melakukan proses penerjemahan. Selain itu, jika Anda membutuhkan jasa penerjemahan dokumen khususnya dokumen laporan keuangan perusahaan anda, laporan akhir, pajak, dll, software JojoExpense adalah jawabannya!

Setelah diterjemahkan, hasil terjemahan keuangan anda akan ditinjau kembali oleh reviewer dari team Jojonomic yang terkenal di industri terjemahan. Tugas reviewer adalah menyempurnakan bahasa teks agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Sebelum hasil terjemahan diberikan kepada pemilik, teks terjemahan harus diperbaiki lagi agar mudah dipahami.

Layanan yang terintegrasi dalam menerjemah laporan keuangan perusahaan anda dan dipercaya oleh banyak pebisnis di seluruh Indonesia ini akan dibantu oleh team Professional Jojonomic yang akan selalu membantu Anda. Tunggu apalagi, segera daftarkan perusahaan anda dengan Software JojoExpense dan nikmati ujicoba gratisnya sekarang!