Pengertian Demokrasi Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

pengertian demokrasi

Pengertian demokrasi tampaknya belum secara sepenuhnya dipahami oleh kita semua. Padahal demokrasi ini seolah menjadi budaya bagi warga negara Indonesia. Demokrasi menjadi suatu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan suatu kesepakatan bersama atau mufakat. Melalui demokrasi ini pula diharapkan agar dapat tercipta suatu keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Demokrasi sendiri bisa diartikan sebagai suatu sistem.pemerintahan yang emngutamakan kepentingan rakyat. Jadi dalam hal ini rakyat turut berperan serta dalam mengeluarkan pendapat untuk mencapai tujuan untuk rakyat sendiri. Tentunya ada berbagai hal berkaitan dengan demokrasi yang perlu untuk diketahui dan juga lebih dipahami terutama oleh Anda sekalian sebagai warga negara Indonesia.

Tujuan Adanya Pengertian Demokrasi

Memberi kebebasan berpendapat

Salah satubtujuan dari adanya demokrasi adalah untuk melibatkan secara langsung oeran masyarakat dalam menyampaikan aspirasi atau pendapatnya. Sebab pada dasarnya setiap orang emmiliki hak atau kebebasan untuk memberikan pendapat. Tentu saja pendapat yang disampaikannya perlu untuk dihargai oleh orang lain sekalipun mungkin pendapat tersebut tidaklah dijadikan sebagai keputusan akhir.

Menghindari pertikaian

Setiap orang bisa saja memiliki pola pikir yang berbeda mengenai suatu hal. Pola pikir yang berbeda ini tentunya berpengaruh pada pendapat yang akan dilontarkan oleh setiap orang. Perbedaan pendapat ini perlu disatukan dalam suatu wadah misalnya melalui misyawarahbuntuk mencapai kata mufakat. Maka perbedaan pendapat ini akan dibicarakan bersama dan tidak menimbulkan perselisihan ataupun pertikaian di antara masing-masing pihak yangbberbeda pendapat.

Menciptakan keamanan

Dengan adanya musyawarah maka setiap orang bisa daling duduk bersama untuk membicarakan suatu hal dan menawarkan solusi. Penyampaian pendapat dan solusi ini bisa disampaikan dengan baik dan dengan pikiran yang terbuka. Penyampaian pendapat juga dilandasi akan keinginan untuk mengutamakan kepentingan bersama. Maka suasana kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan budaya musyawarah seperti ini akan terhindari dari perselisihan sehingga semakin tercipta keamanan.

Mendorong partisipasi rakyat

Musyawarah mufakat sebagai inti dari demokrasi juga bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan rakyat. Terutama dalam memutuskan suatu hal yang menyangkut kepentingan banyak orang. Hal ini pada akhirnya akan mendorong partisipasi rakyat baik dalam bermasyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

Mengontrol kekuasaan pemerintahan

Pada dasarnya rakyat juga bisa melakukan kontrol terhadap kekuasaan pemerintah. Jalannya pemerintahan bisa dipantau oleh rakyat sehingga rakyat turut berperan walaupun peran jni terjadi secara tidak langsung. Di negara ini rakyat dapat menyampaikan aspirasinya melalui lembaga perwakilan daerah yang sekiranya bisa menyampaikan aspirasi rakyat pada jajaran pemerintahan.

Ciri-Ciri Pengertian Demokrasi Secara Jelas

Keputusan untuk rakyat

Ciri dari demokrasi yang pertama adalah segala keputusan yang diambil oleh pemerintah adalah untuk rakyat. Jadi kepentingan rakyat menjadi fokus bagi pemerintahan. Maka segala keputusan dan kebijakan yang diambil nantinya berlandaskan pada aspirasi dan juga pada kepentingan seluruh rakyat Indonesia secara adil dan merata.

Melaksanakan konstitusi

Ciri selanjutnya dari suatu demokrasi adalah adanya konstitusi. Istilah konstitusi sendiri pada dasarnya merupakan segala ketentuan dan aturan yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Konstitusi juga bisa diartikan sebagai undang-undang dasar dari suatu negara. Misalnya seperti UUD 1945 yang merupakan landasan konstitusi bagi Negara Indonesia. Tentunya konstitusi ini merupakan penerapan dari kelima sila yang menjadi dasar dan landasan ideal bagi Negara Indonesia.

Adanya lembaga perwakilan rakyat

Lembaga perwakilan rakyat pada dasarnya dibentuk dengan tujuan untuk menyampaikan segala aspirasi yangbingin diutarakan oleh rakyat kepada pemerintah. Jadi lembaga perwakilan rakyat bisa berfungsi seolah sebagai jembatan yang menjembatani masyarakat dengan pemerintah. Di I donesia sendiri terdapat DPR yang menjadi lembaga untuk menyampaikan aspirasi rakyat. Anggota DPR dipilih melalui pemilu yang bertugas untuk mewakili rakyat dalam menerapkan kekuasaan dan kedaulatan rakyat.

Sistem kepartaian

Partai menjadi suatu sarana bagi masyarakat dalam hal pelaksanaan demokrasi. Melalui partai inilah maka rakyat dapat menyampaikan segala aspirasinya pada jajaran pemerintah. Oleh karena itu kehadiran partai diperlukan agar bermunculan para anggota dewan yang dapat menyampaikan aspirasi rakyat.

Kelebihan Pengertian Demokrasi

Berdasarkan suara rakyat

Inti dari demokrasi di Indonesia adalah adanya suara rakyat sehingga pemerintahan berjalan dari rakyat dan oleh rakyat serta untuk rakyat. Maka demokrasi dapat mewujudkan sistem pemerintahan yang seperti ini sehingga segala kebijakan bersumber pada kepentingan rakyat atau kepentingan bersama. Pada akhirnya kehendak rakyat menjadi tersalurkan ke pemerintahan sehingga bisa dicari solusi yang paling tepat.

Adanya kesamaan hak

Kelebihan lainnya dari adanya demokrasi adalah munculnya kesamaan hak. Yang dimaksud dengan kesamaan hak dalam hal ini adalah kesempatan bagi setiap orang untuk turut berpartisipasi dengan cara terlibat ke dalam bidang politik. Kesamaan hal yang dimiliki oleh tiap orang ini akan sangat bermanfaat terutama dalam menyampaikan pendapat mengenai jalannya pemerintahan di Indonesia.

Menghindari monopoli kekuasaan

Monopoli kekuasaan di suatu negara bisa saja terjadi karena adanya pemanfaatan kekuasaan yang dimiliki oleh seseorang untuk hal yang tidak tepat. Oleh karena itu dibutuhkan demokrasi agar negara dapat terhindar dari perilaku KKN yaitu korupsi kolusi dan nepotisme.

Penerapan Pengertian Demokrasi di Indonesia

Pengertian demokrasi tentunya kini telah dipahami secara lebih lagi. Namun hal ini sebaiknya tidak berhenti hanya sampai memahami makna dari istilah demokrasi saja. Tetapi sistem demokrasi ini haruslah bisa diterapkan di negara Indonesia. Jika dilihat dan ditelusuri secara lebih lanjut maka bisa dikatakan bahwa penerapan demokrasi yang paling tampak nyata di engara ini adalah adanya pemilu atau pemilihan umum. Bahkan pemilihan umum sering pula disebut dengan istilah pesta demokrasi.

Melalui pemilu inilah maka rakyat sebenarnya dilibatkan perannya secara langsung. Sebab dalam pemilu ini rakyat bisa memberikan suaranya untuk memilih anggota parlemen pemerintahan. Sistem demokrasi juga seringkali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari hal kecil atau sepele hingga musyawarah untuk memutuskan suatu hal atas perkara yang besar. Jadi penerapan musyawarah yang berdasarkan Pancasila ini hingga sekarang masih diterapkan dengan baik. Hingga nantinya bisa dihasilkan suatu keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama.

Melihat pentingnya pengertian demokrasi di Indonesia di atas tentu mengingatkan kita pada pentingnya hal tersebut di dalam perusahaan juga. Pengelolaan yang tepat pada perusahaan tentu membuat perusahaan berjalan lebih baik. Demikian pula dalam hal keuangan perusahaan yang perlu untuk diatur dengan tepat. Misalnya melalui penggunaan aplikasi manajemen keuangan dari Jojonomic yaitu JojoExpense.

Dengan produk ini maka tentu keuangan perusahaan dapat diatur lebih efektif dan efisien. Selain itu pastinya juga terhindari dari resiko adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak manapun terhadap pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Hal ini berkat beberapa fitur yang terdapat di dalam JojoExpense, yaitu fitur monitor disbursement uang panjar kerja, maupun fitur proses pelaporan otomatis yang diberikan. Jadi, tunggu apalagi, yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.