Manfaat Merencanakan Promosi Penjualan Berkelanjutan

sales

Salah satu manfaat perkembangan teknologi yang disadari oleh banyak orang ialah kemudahan dalam memulai bisnis. Dewasa ini tidak peduli usaha maupun besar modal yang dimiliki, semua orang memiliki peluang untuk mulai berbisnis. Di satu sisi secara ekonomi, hal tersebut baik karena dapat meningkatkan pendapatan sekaligus daya beli masyarakat. Namun di sisi lain, hal tersebut juga membuat para pelaku industri kewalahan menghadapi pesaing baru. Untuk itu pelaku usaha memerlukan promosi penjualan dalam menjalankan usaha untuk kedepannya.

Strategi yang paling sering digunakan oleh para pelaku industri guna mengatasi ketatnya persaingan ialah Sales Promotion atau promosi penjualan. Jenis strategi ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dalam penjualan atau pemasaran produk. Wujud implementasi strategi Sales Promotion juga sebenarnya cukup sering dijumpai, contohnya diskon dan promo.

sales

Apa yang dimaksud dengan Sales Promotion?

Sales Promotion adalah strategi jangka pendek yang bertujuan untuk mendorong konsumen dalam membuat keputusan mencoba atau membeli produk yang ditawarkan. Karena merupakan tipe strategi jangka pendek, biasanya perusahaan akan menetapkan batasan masa penawaran dalam melakukan Sales Promotion. Strategi inidapat dilakukan dengan maupun tanpa bantuan media dan komunikasi pemasaran.

Berdasarkan penelitian Farhangmehr dan Brito (2015), Sales Promotion memiliki beberapa karakteristik yakni:

  • Memiliki batasan masa penawaran dan dampak terhadap angka penjualan dalam jangka pendek
  • Hanya mempengaruhi fase terakhir pada siklus pembelian
  • Melibatkan komunikasi pemasaran dan manfaat inti produk
  • Membutuhkan sekumpulan teknik agar dapat mencapai tujuan

Tujuan dan Contoh Implementasi Sales Promotion

Keputusan perusahaan dalam menerapkan kebijakan Sales Promotion bergantung pada target konsumen yang dituju. Sales Promotion dapat ditujukan kepada pedagang besar (wholesaler) dan pengecer (retailer), maupun konsumen akhir. Berikut ini merupakan tujuan dan contoh implementasi Sales Promotion sesuai target konsumen yang dituju:

Trade Sales Promotion

Trade Sales Promotion merupakan sebutan untuk jenis kebijakan Sales Promotion yang ditujukan pada pedagang besar (wholesaler) dan pengecer (retailer). Tujuan kebijakan ini adalah sebagai berikut:

  • Menjual stok barang di level outlet atau distributor
  • Meningkatkan loyalitas distributor
  • Membendung aktivitas kompetitor
  • Meningkatkan distribusi produk, baik secara numerik maupun weighted
  • Menciptakan impulse buying melalui peningkatan visibilitas produk
  • Memperkenalkan sekaligus membuat pasar untuk produk baru

Beberapa contoh implementasi Trade Sales Promotion adalah sebagai berikut:

  • Program pelatihan untuk memasarkan produk
  • Memberikan reward pada pedagang yang mampu menjual produk paling banyak
  • Potongan harga atau gratis produk tambahan untuk pembelian dalam jumlah tertentu
sales

Consumer Sales Promotion

Selain pedagang besar dan pengecer, kebijakan Sales Promotion juga ditujukan kepada konsumen akhir produk dengan tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness terhadap produk yang ditawarkan
  • Meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand produk
  • Mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan
  • Membendung konsumen agar tidak beralih pada produk kompetitor

Adapun konsumen akhir yang menjadi target dalam kebijakan Sales Promotion meliputi konsumen dengan karakteristik:

  • Menggunakan produk perusahaan;
  • Menggunakan produkkompetitor; atau
  • Brand switchers, yakni konsumen yang kerap berganti-ganti brand untuk produk yang sama
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Beberapa contoh implementasi Consumer Sales Promotion antara lain:

  • Giveaway atau pemberian cuma-cuma kepada konsumen. Biasanya hal ini disertai dengan persyaratan seperti harus mempromosikan produk pada beberapa orang.
  • Buy 1 get 1 yakni memberikan keuntungan kepada konsumen hanya jika mereka bersedia membeli satu produk.
  • Potongan harga atau diskon
  • Pembagian freebie atau sample produk secara gratis
  • Memberikan hadiah gratis, misalnya konsumen yang membeli deterjen merek X akan mendapat gratis piring

Menjalankan Sales Promotion

Sales Promotion merupakan strategi yang populer dan sering diterapkan karena mudahnya implementasi. Itu sebabnya alih-alih mendatangkan keuntungan, penerapan Sales Promotion terkadang justru memicu terjadinya perang harga. Hal tersebut akan membuat konsumen bingung memilih dan tak jarang mereka mengurungkan niat untuk membeli barang.

Agar Sales Promotion yang Anda terapkan dapat berjalan dengan baik dan mendatangkan keuntungan, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Manfaatkan Momen atau Event

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mengadakan promosi ialah ketersediaan momen atau event. Ini dikarenakan para konsumen umumnya membeli barang secara impulsif saat berlangsungnya momen atau event tertentu. Misalnya, konsumen cenderung membeli baju baru saat mendekati Idul Fitri atau Natal. Sehingga jika Anda memiliki toko pakaian, Anda sebaiknya memanfaatkan momen tersebut untuk mengadakan Sales Promotion.

Kunci kesuksesan Sales Promotion terletak pada keterlibatan iklan dalam mempromosikan suatu event. Karena tanpa adanya iklan, akan sulit bagi Anda bersaing dengan kompetitor yang mungkin memanfaatkan momen atau event yang sama.

sales

Membuat Rencana Pelaksanaan

Sales Promotion tidak akan menghasilkan keuntungan apabila Anda tidak sanggup membuat rencana yang matang sebelum pelaksanaan. Dua hal yang harus menjadi fokus Anda dalam menyusun perencanaan ialah anggaran dan kegiatan promosi. Penting bagi Anda untuk membuat anggaran sebelum melaksanakan Sales Promotion. Karena dalam menjalankan promosi penjualan, Anda harus mengorbankan keuntungan yang seharusnya Anda peroleh hingga pada titik dimana Anda mengalami kerugian. Melalui perencanaan anggaran yang matang, Anda akan dapat menyiasati agar jumlah kerugian tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan bagaimana sebaiknya Anda menjalankan promosi penjualan. Apakah Anda akan menjalankan trade sales promotion atau consumer sales promotion? Jika Anda melakukan trade sales promotion, maka promosi seperti apa yang dapat Anda lakukan agar dapat mencapai tujuan. Begitupun halnya jika Anda melakukan consumer sales promotion.

Fokus pada Value

Guna menyiasati perang harga dan diskon pada saat menjalankan Sales Promotion, Anda perlu fokus pada value dalam produk yang ditawarkan. Jadi ketika Anda menetapkan harga jual setelah diskon, pastikan bahwa harga tersebut sesuai dengan value yang terkandung dalam produk. Sehingga meskipun potongan harga yang Anda berikan tidak sebesar pesaing namun barang Anda layak dipertimbangkan karena value yang terkandung di dalamnya.

Untuk memastikan bahwa value dalam produk dapat tersampaikan kepada konsumen, Anda perlu memberikan briefing pada karyawan yang terlibat dalam kegiatan. Anda harus memastikan bahwa setiap karyawan memahami value yang terkandung dalam produk agar dapat menarik perhatian konsumen.

Evaluasi Kegiatan

Poin terakhir yang tak kalah penting adalah melakukan evaluasi terhadap Sales Promotion yang Anda lakukan. Dari kegiatan evaluasi, Anda akan memperoleh informasi tentang berapa banyak produk yang terjual dan proyeksi keuntungan yang didapat. Anda juga dapat melihat bagaimana antusiasme konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Melalui kegiatan evaluasi Anda dapat menemukan poin-poin kesalahan dalam pelaksanaan Sales Promotion. Hal tersebut berguna dalam membantu Anda merancang kegiatan promosi penjualan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Bagian terpenting dari evaluasi pelaksanaan Sales Promotion ialah matching antara biaya yang Anda keluarkan dengan proyeksi keuntungan yang Anda peroleh. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan bantuan aplikasi JojoExpense. Aplikasi JojoExpense dapat membantu Anda dalam menyusun jadwal kegiatan perusahaan secara rinci sekaligus menganalisa pertumbuhan perusahaan.

Selain itu, berikut merupakan fitur-fitur andalan JojoExpense yang mampu membantu Anda dalam mengelola finansial perusahaan:

  • Kontrol anggaran dimanapun dan kapanpun sesuai kebijakan perusahaan
  • Transfer pendanaan secara langsung dan real-time
  • Real-time Geotagging untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya penipuan dan mencegah kesalahan finansial

Tertarik mencoba? Daftar sekarang juga dan buktikan keunggulan JojoExpense dalam mengelola finansial perusahaan Anda!