Search Engine Result Page : Pengertian, Fungsi dan Tujuan SERP

search engine result page

Perkembangan internet sangat pesat, setiap orang dapat dengan mudah mencari informasi, tinggal mengetikkan satu atau lebih kata kunci di mesin pencari, dan hasilnya akan muncul. Mengenai mesin pencari, ada istilah yang disebut SERP atau Search Engine Result Page.

Bagi yang bekerja di bidang web atau sedang belajar SEO pasti pernah mendengar tentang SERP atau mungkin orang yang baru mulai mengenal blog pasti akan menemukan istilah SERP di website. SERP memang salah satu istilah yang sering digunakan dalam pengembangan website.

Misalnya ketika berbicara tentang trafik, optimasi SEO, dan pemasaran konten, istilah tersebut harus selalu digunakan karena itu adalah tujuan dari semua kegiatan tersebut dan tujuannya adalah untuk meningkatkan SERP. Jadi apa SERP itu? Mari kita cari tahu.

Apa itu SERP (Search Engine Result Page)?

search engine result page

SERP (Search Engine Result Page) adalah daftar halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari atau mesin pencari untuk query atau kata kunci tertentu. Saat memasukkan kata kunci atau kata kunci atau mencari informasi di mesin pencari, kita akan menemukan puluhan bahkan ribuan informasi.

Halaman pertama (Halaman Google) yang muncul adalah SERP atau artikel dengan tingkat bacaan yang tinggi. Bagi mereka yang blognya ingin tampil di halaman pertama halaman hasil, Anda mungkin harus memahami SEO.

SERP (Search Engine Results Page) sederhananya dalam bahasa Indonesia mengacu pada halaman pencarian. Oleh karena itu, SERP adalah halaman hasil pencarian dari kata kunci di mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, dll.). Misalnya, ketika kita mengetikkan kata kunci atau kata kunci di mesin pencari, maka hasil pencarian akan ditampilkan, yang disebut SERP.

Tergantung pada mesin pencari yang digunakan, SERP juga memiliki versi yang berbeda. Misalnya, ketika kita menggunakan Google untuk mencari informasi, jika kita menggunakan mesin pencari lain (seperti Yahoo dan bing), hasilnya mungkin berbeda.

Ini terjadi karena satu mesin pencari dan mesin pencari lainnya memiliki algoritma yang berbeda untuk menyaring informasi yang muncul di SERP. Oleh karena itu, wajar jika hasil yang dipublikasikan juga berbeda.

Fungsi dari SERP (Search Engine Result Page)

search engine result page

Sebagai orang yang mempelajari website dan SEO tentunya kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini beserta fungsinya. Lalu apa fungsi dari SERP itu sendiri?

Fungsi SERP adalah mengukur kualitas blog kita relatif terhadap blog lain. Semakin baik blog kita, semakin tinggi SERP kita. Mesin pencari memperbarui data terbaru dan membuka halaman baru setiap hari. Untuk itu kita harus selalu mengupdate data terbaru dan mengupdate blog agar kita bisa menjaga level SERP di search engine.

Sejauh ini, fungsi SERP juga dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan siapa yang menggunakannya. Berikut ini didasarkan pada siapa yang menggunakan fungsi SERP dari mesin pencari itu sendiri (yaitu pengguna mesin pencari dan administrator situs web).

  • Pengguna. Jika dilihat dari sudut pandang orang yang menggunakannya, maka SERP dapat digunakan untuk melihat hasil yang mereka cari. Selain itu, rangkaian SERP juga dapat digunakan untuk membuat asumsi tentang kualitas konten setiap situs. Misalnya angka 1 menunjukkan bahwa informasi tersebut merupakan informasi terbaik untuk kata kunci dan informasi yang paling banyak dibaca oleh banyak orang, walaupun terkadang angka 3 mungkin merupakan informasi terbaik.
  • Web Master. Bagi webmaster atau pemilik website, Anda bisa menggunakan SERP untuk mengecek keberhasilan optimasi blog SEO kita. Jika website kita berada di urutan teratas dari kata kunci tertentu, maka bisa dikatakan optimasi kita berhasil, begitu pula sebaliknya. Singkatnya, pemilik website dapat menggunakan SERP untuk menentukan tingkat keberhasilan pengelolaan website kita. Jika hasilnya kurang memuaskan, kita bisa mencari tahu letak errornya dan memperbaikinya.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tools SERP (Search Engine Result Page)

search engine result page

Anda sudah mengerti apa itu SERP. Untuk memaksimalkan usaha Anda, harap pahami fungsi-fungsi Tools di SERP terlebih dahulu, lalu mulai. Fitur-fitur ini meliputi:

Pay per klik

Tools pertama adalah pay per klik. Fitur ini sering disebut sebagai PPC. Dengan fitur ini, konten Anda pasti akan menempati peringkat pertama. Namun, Anda harus membayar mesin pencari untuk mendapatkan posisi tersebut. Di sinilah mesin pencari mendapatkan banyak uang. Misalnya, di mesin pencari raksasa Google. Fitur ini dapat mendatangkan 71% keuntungan.

Shopping Result

Terkadang, di SERP, Anda akan menemukan item untuk dijual. Ini adalah fitur SERP berikutnya. Ini disebut hasil belanja. Seperti PPC, Anda harus membayar untuk memasukkannya di sini.

Organic Search Result

Selain itu, ada hasil pencarian yang dilakukan secara organic atau natural. Ini adalah salah satu fitur yang paling memenuhi tujuan mesin pencari. Saat Anda memasukkan kata kunci di Google, Anda secara alami mencari informasi. Nah, di SERP, Anda akan menemukan konten yang paling sesuai untuk kata kunci tadi. Yang dilakukan hanyalah strategi penulisan SEO. Dengan cara ini, Google akan memilih artikel tersebut.

Google Knowledge Panel

Coba cari “flash” di mesin pencari Google. Hasilnya akan seperti Ada banyak hal yang bisa ada disana. Orang, tempat, benda, perusahaan, istilah, dll. Anda tahu, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk perusahaan Anda. Jika Anda tertarik, cukup gunakan alat Grafik Google knowledge panel.

Tujuan SERP (Search Engine Result Page)

hasil pencarian
hasil

Tujuan SERP adalah untuk menampilkan hasil pencarian di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang diketik. SERP akan mengutip situs web terbaik berdasarkan kata kunci yang mereka cari.

Selain cara di atas, ada teknologi lain yang bisa mencapai SERP lebih tinggi yaitu SEO (Search Engine Optimization). Banyak webmaster atau praktisi situs web menggunakan teknik ini. Berikut ini adalah uraian tentang SEO.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya pengoptimalan mesin pencari dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, SEO merupakan proses optimasi yang dilakukan oleh manusia untuk suatu website, yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas halaman website tersebut agar dapat digunakan dengan lebih baik di mesin pencari.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses optimasi yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan blog pada halaman mesin pencari. Tujuan dari SEO sendiri sudah sangat jelas yaitu untuk meningkatkan kualitas website kita dan menjadikannya SERP tertinggi.

Misalnya, jika Anda ingin mencari kemeja pria, masukkan saja kata tersebut di mesin pencari untuk menampilkan hasilnya. Situs web yang muncul di halaman awal Google didasarkan pada SEO.

SERP dan SEO

Meski secara definisi, fungsi dan tujuan SERP dan SEO jelas berbeda, banyak orang terkadang salah mengartikan SERP sebagai SEO, begitu pula sebaliknya. Seperti yang sudah disebutkan di atas kita sudah mengetahui perbedaan keduanya, hanya saja kesamaan SERP dan SEO, keduanya terkait dengan mesin pencari.

serp

Panduan Praktis Cara Mendapatkan Ranking Teratas Search Engine Result Page (SERP) di Google

Semua orang yang berkecimpung dalam dunia digital marketing, atau mereka yang hanya sekedar memiliki website untuk menulis sesuatu, pasti ingin memiliki gelar ranking 1 teratas dalam mesin pencari. Dengan berbagai alasan yang ada, berada di page pertama mesin pencari masih menjadi hal yang diidamkan semua orang.

Salah satu alasan mengapa rangking search engine sangatlah penting adalah, perusahaan atau bisnis ‘digital’ tersebut akan mendapatkan banyak klik. Lebih banyak klik berarti lebih banyak cuan.

Lebih banyak klik, lebih mudah menyebarkan brand awareness dengan cepat.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa mendapat peringkat tertinggi dalam mesin pencari merupakan suatu yang menguntungkan, bukan?

Meski pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, dan masih diperdebatkan sampai sekarang. Namun faktanya, mendapat rangking satu di mesin pencari seperti google dengan pilihan keywords yang tepat mampu meningkatkan keuntungan suatu bisnis itu sendiri. Meningkatkan brand awareness bahkan hingga mendapatkan ‘bayaran’ langsung tentang berbagai informasi yang website tersebut bagikan.

Pertanyaan lebih lanjut yang perlu anda jawab adalah, bagaimana seseorang atau perusahaan dan pebisnis bisa mendapatkan ranking search engine yang baik? Apakah peringkat – peringkat utama di mesin pencari tersebut hanya dikuasai oleh website – website besar seperti Forbes atau Buzzfeed? Atau apakah suatu perusahaan atau bisnis yang baru mulaipun dapat menempati peringkat atas dalam mesin pencari?

Jawaban untuk semua pertanyaan di atas adalah ya. Tentu saja bisa.

Artikel kali ini akan membahas mengenai Langkah – Langkah dasar yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan posisi page anda menjadi yang teratas di search engine seperti google.

serp

Meningkatkan Domain Authority

Bagi anda yang telah berkecimpung dalam dunia digital marketing, domain authority seharusnya bukan hal yang asing. Domain authority merupakan serangkaian matrix yang digunakan oleh google atau search engine lainnya yang dulu digunakan untuk mengukur reputasi suatu website.

Meski sekarang google telah menyembunyikan besaran angka dari DA itu sendiri namun hal ini masih menjadi salah satu pertimbangan algoritma google untuk merangking website – website yang memberikan informasi terlengkap atau terbaik.

Anda bisa menggunakan software tambahan untuk melihat berapa DA atau domain authority dari suatu website dengan bantuan tangan ketiga.

Setelah mengetahui pentingnya DA bagi keterlihatan suatu website di mesin pencari, mungkin anda telah membayangkan bahwa meningkatkan DA itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit juga biaya yang banyak pula. Biasaya iya. Namun anda bisa mengakalinya dengan belajar bagaimana cara terbaik meningkatkan DA itu sendiri.

Salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya DA suatu website adalah lama berdirinya, jumlah page atau postingan yang ada, serta berapa jumlah pengunjung yang mengunjungi website itu sendiri.

Kabar baiknya, domain authority yang kecil atau rendah jauh lebih mudah untuk ditingkatkan daripada dengan website yang telah emmiliki nilai DA yang lumayan.

Ketika suatu website telah memiliki nilai DA yang besar bahkan mungkin hamper seratusan. Hal tersebut akan menjadi tantangan yang sulit Ketika dituntut untuk dinaikkan lagi. Bahkan, website yang berumur jagungpun bisa mendapatkan nilai peningkatan DA dengan sangat mudah bahkan dengan tidak melakukan apapun.

Hamper semua website yang menampilkan post yang berkualitas akan memiliki nilai DA minimal 10, Ketika sebuah website diharapkan untuk melewati DA 10 membutuhkan kerja keras yang lumayan.

Kesimpulan yang bisa diambil dari fungsi DA dalam menaikkan SERP google adalah dengan memiliki nilai DA lokal sebesar 20 hingga 30. Dengan besaran domain authority dikisaran 20 hingga 30 website anda sudah mampu merajai tangga utama google untuk pencarian lokal.

serp

Menambah Backlink

Seperti yang telah disebutkan dalam ulasan sebelumnya backlink merupakan kunci penting dari bagaimana google menghargai konten yang anda buat. Ide dasar dari pengguanaan backlink adalah : Ketika website atau sebuah webpage menyediakan sebuah informasi yang terinci, website lain akan berbondong – bondong untuk menggunakan informasi tersebut kedalam konten yang mereka buat.

Masalah yang menjadi dasar dari susahnya mendapatkan backlink adalah, tidak semua website di internet menyediakan konten yang benar – benar berkualitas. Kebanyakan konten yang ada hanyalah ‘sanduran’ dan informasi yang berulang dengan sedikit tambahan.

Dimana, konten yang kurang berbobot tersebut, karna telah memiliki strategi digital marketing yang baik menempati tempat tinggi di search engine. Kebanyakan orang tidak suka mengulur – ulur waktu dengan menjelajahi setiap page dari google itu sendiri. Mereka lebih memilih untuk mendapatkan informasi dari sumber tercepat sekaligus yang paling kelihatan di google. Meski konten yang ada di website rangking tinggi tersebut tidak sepenuhnya benar atau bahkan ‘menyimpang’.

Hal ini membuat rantai aneh yang hanya menguntungkan sumber website ranking teratas google. Website yang memiliki informasi yang lebih significant justru tenggelam hanya karna kurang mengoptimalkan algoritma google itu sendiri.

serp

Membuat Backlink Anda Sendiri

Jika anda benar – benar sudah memahami seberapa krusial nilai backlink terhadap ranking SERP google, bagaimana cara mendapatkan tambahan backlink itu sendiri?

Anda bisa menggunakan strategi berikut untuk mendapatkan backlink tambahan bagi website yang anda pegang. Mulai dari membuat website lain dan menyelipkan beberapa backlink disana, atau dengan meminta website lain yang sudah besar untuk menaruh backlink website anda disana.

Menguasai SEO onpage dan offpage merupakan hal yang wajib bagi seorang digital marketing untuk meningkatkan nilai ranking mesin pencari itu sendiri. Pastikan artikel anda memiliki jumlah link internal yang tepat. Hal ini akan membuat pengunjung website untuk tahu lebih tentang apa yang website anda tawarkan.

Dengan menambah sejumlah internal link di dalam post, pengunjung website akan melihat post – post lain yang ada di website tersebut. Pun, hal ini akan emmbuat website anda terlihat ‘bagus’ dimata google serta menunjukkan bagaimana suatu post di website anda saling berhubungan dengan post lainnya.

Kesimpulan

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk memutus rantai tersebut adalah dengan menggunakan lead magnet. Yang bisa anda pelajari secara lebih mendalam dalam artikel lead magnet berikut ini.

Sangat direkomendasikan untuk memiliki setidaknya 3 sampai 5 buah internal link setiap post yang mengandung 1000 kata. Biasanya, internal link yang dipasang di awal serta di akhir artikel akan lebih sering dikunjungi oleh google, meski hal ini masih diragukan keabsahannya.

Namun, seiring dengan fungsi DA dalam meningkatkan ‘bagaimana’ google mampu melihat website anda, jika anda ingin memiliki nilai SERP google yang baik dalam suatu keyword tertentu, ada baiknya untuk memonitor secara berkala ‘letak’ website anda di tangga mesin pencari.

Sedangkan, jika anda menginginkan website anda berada di pasar internasional, total ranking DA yang harus dimiliki bekisar 40 hingga 60 sudah cukup baik.

Oleh karena itu, penjelasan tentang SERP dan SEO diatas bisa bermanfaat bagi semua orang. Sebagai gambaran mengenai informasi teman-teman yang memiliki halaman web dan ingin mendapatkan SERP tertinggi, ada layanan JojoExpense yang dengan kampanye dan SEO yang tepat, dapat membantu Anda semua untuk meningkatkan visibilitas halaman website Anda.