Tips Layanan Pelanggan Untuk Peningkatan Bisnis

tips layanan pelanggan

Tips layanan pelanggan bisa jadi suatu masukan terutama bagi Anda yang saat ini sedang terlibat dalam hal yang berkaitan dengan layanan pelanggan. Layanan pelanggan sendiri seringkali disebut dengan istilah customer service. Tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Customer service ini sendiri pada dasarnya merupakan keseluruhan dukungan dan service yang disediakan oleh sebuah perusahaan kepada para pelanggannya.

Dukungan dan service ini biasanya dilakukan mulai dari sebelum dan sewaktu serta sesudah berlangsungnya proses pembelian. Oleh karena itu layanan pelanggan atau customer service juga bisa diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk menjami bahwa perusahaan telah memenuhi kebutuhan pelanggan.

Semakin baik suatu layanan pelanggan maka akan semakin meningkat kepuasan pelanggan hingga akhirnya pelanggan akan selalu loyal terhadap perusahaan. Maka sebenarnya layanan yang diberikan pada pelanggan tidak boleh disepelekan. Sebab hal ini pada akhirnya turut berpengaruh pada kredibilitas perusahaan. Service yang baik dan memuaskan pelanggan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Aneka Macam Tips Layanan Pelanggan

Berpenampilan Menarik

Penampilan yang bersih dan rapi tentu akan menyenangkan untuk dilihat. Maka jika Anda merupakan staf di bidang layanan pelanggan sebaiknya gunakan seragam dengan rapi. Selain itu kebersihan diri juga perlu dijaga. Berikan kesan yang memikat sehingga konsumen ataupun pelanggan.

Tips Layanan Pelanggan Percaya Diri

Dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan maka sudah seharusnya Anda tampil dengan penuh percaya diri. Bahkan sebisa mungkin bersikaplah ramah dan juga terkesan akrab. Tentu pelayanan yang seperti ini akan semakin membuat konsumen dan pelanggan menjadi senang dengan pelayanan yang didapatkan.

Menyambut Pelanggan

saat pelanggan datang maka sebaiknya pelanggan disambut dengan baik. Biasanya seorang customer service akan menyambut pelanggan terlebih dahulu. Menyapa pelanggan sebaiknya dilakukan dengan sikap sopan dan suara yang lembut. Selain itu menyambut pelanggan juga sebaiknya dilakukan dengan ramah.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tips Layanan Pelanggan Mendengarkan Keluhan

Setiap pelanggan yang datang mungkin saja memiliki keluhan yang berbeda-beda. Bisa saja berbagai keluhan ini membuat Anda lelah dan bosan. Namun bagaimanapun juga sebaiknya Anda selalu sabar dalam mendengarkan setiap keluhan yang ada. Terimalah keluhan dari pelanggan dan bantulah pelanggan dengan tenang.

Memberikan Penjelasan

Tentu saja setiap pelanggan yang mendatangi layanan pelanggan karena ketidakpuasan yang diterimanya. Atau bisa juga pelanggan ingin mendapatkan informasi secara lebih lagi mengenai produk yang diluncurkan oleh perusahaan Anda. Maka sebaiknya Anda selalu melayani pelanggan dengan memberikan jawaban serta penjelasan pada pelanggan.

Memiliki Semangat

Anda sudah seharusnya selalu bersemangat dalam melakukan setiap pekerjaan termasuk dalam melayani pelanggan. Semangat tentu dapat membuat Anda dapat bekerja dengan tampilan yang prima. Maka semangat Anda ini akan membuat Anda dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

Tips Layanan Pelanggan Bersikap Sopan

Dalam melakukan hal apapun sudah seharusnya kita memiliki sikap sopan. terlebih lagi saat harus berhadapan dengan perlanggan. Tentu saja banyak perilaku sopan yang harus diberikan pada para pelanggan. Misalnya saja seperti tidak memotong pembicaraan pelanggan dan menghindari kalimat yang bisa menimbulkan perdebatan.

Mencari Solusi

Segala permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan sudah seharusnya bisa dipecahkan. Oleh karena itu Anda sebagai pelayan pelanggan harus mampu mengatasi keluhan pelanggan. Selain itu Anda juga harus bisa mencari solusi terbaik untuk membantu setiap permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan.

Keahlian Layanan Pelanggan

Sabar dan perhatian terutama saat menerima keluhan pelanggan tidaklah mudah. Sebab biasanya pelanggan menyampaikan keluhannya dengan penuh emosi. Namun Anda sebagai pekerja yang profesional hendaknya selalu memiliki kemampuan untuk dapat mengendalikan emosi. Selainitu Anda harus selalu sabar dan penuh perhatian kepada setiap pelanggan.

Terampil dalam berkomunikasi karena komunikasi yang baik menjadi kunci bagi jalinan hubungan antara layanan pelanggan dengan para pelanggan. Oleh karena itu sebagai staf customer service maka sudah seharusnya Anda terampil dalam berkomunikasi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pelanggan. Penyampaian informasi juga sebaiknya jelas dan tidak bertele-tele.

Memahami produk sebab pelanggan biasanya datang dengan maksud untuk mendapatkan penjelasan atas produk yang digunakannya. Untuk membantu pelanggan maka Anda harus memahami setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Maka Anda bisa memberikan informasi dengan kelas kepada setiap pelanggan.

Bisa berakting karena mungkin saja di suatu saat Anda sedang menghadapimasalah dan hal tersebut berpengaruh terhadap mood Anda. Namun saat berhadapan dengan pelanggan Anda harus mampu berakting. Senyum dan sikap ramah harus selalu diberikan sekalipun Anda sebenarnya sedang menghadapi permasalahan.

Manajemen waktu sebab pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan haruslah terbaik. Pelayanan ini juga harus dilakukan dalam waktu yang tidak panjang dan sesuai dengan jamkerja. Oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membantu pelanggan. Bekerjalah secara efektif dan efisien sehingga tidak terlalu menyita banyak waktu.

Memahami pelanggan melalui kemampuan untuk memahami pelanggan bisa dilatih. Semakin lama Anda akan semakin terbiasa menghadapi pelanggan dan mampu membaca pelanggan. Bila Anda mampu melakukannya maka Anda akan terhindar dari kesalahpahaman dengan pelanggan. Maka hubungan dengan pelanggan akan selalu terjalin dengan baik.

Ahli melakukan persuasif karena keahlian yang satu ini juga dibutuhkan agar Anda dapat meyakinkan pelanggan dengan kalimat persuasif dari Anda. Jika pelanggan selalu yakin pada suatu produk dan perusahaan yang meluncurkannya maka pelanggan akan selalu setia pada perusahaan.

Pentingnya Tips Layanan Pelanggan

Tips layanan pelanggan di atas tentunya diharapkan agar bisa berguna terutama bagi Anda yang bekerja di bidang customer service. Layanan pelanggan sebenarnya merupkan bagian yang penting di sebuah perusahaan. Keberadaan layanan pelanggan ini bisa memberikan manfaat positif baik bagi perusahaan maupun bagi pelanggan. Dengan adanya layanan ini maka pelanggan bisa memberikan masukan untuk perusahaan sehingga perusahaan bisa berkembang dengan lebih baik. Tidak hanya itu saja tetapi perusahaan pada akhirnya juga bisa mengeluarkan berbagai produk yang sekiranya bisa diterima oleh pasar. Bahkan perusahaan juga bisa mengeluarkan produk yang merupakan permintaan pasar. Maka bukan tidakmungkin setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan akan banyak diburu oleh konsumen.

Melakukan tips layanan pelanggan di atas sama pentingnya dengan memilih sistem absensi perusahaan yang paling tepat. Salah satunya yaitu dengan jalan menggunakan JojoTimes. Dimana produk ini membantu supaya absensi perusahaan dapat dimonitor lebih baik dan lebih efektif. Bahkan dilakukan kapan saja serta dimana saja. Terutama karena hal ini didukung oleh fitur-fitur andalan dari JojoTimes yang meliputi sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Karena itu jangan ragu, segera saja beralih pada JojoTimes. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari lamanya. Yuk, segera buktikan sendiri!