Ciri Ciri Orang Perfeksionis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

ciri ciri orang perfeksionis
ciri ciri orang perfeksionis
Sumber : forbes.com

Apa Itu Perfeksionis ?

Ciri Ciri Orang Perfeksionis – Manusia tidak ada yang sempurna, begitu sering anda tentu mendengar kalimat ini. Karena itu bahwasanya seseorang dlam melakukan sesuatu sebaik mungkin tetap ada celah kekurangannya. Kebanyakan orang akan berfikir selama kita melakukan yang terbaik yang kita bisa tentu saja hal yang kita usahakan tersebut akan berakhir baik pula.

Namun bagi orang perfeksionis mereka akan selalu melihat sesuatu dengan sudut pandang sendiri dengan standar yang terlewat tinggi atau bahkan tidak masuk akal.

Kebanyakan orang yang perfeksionis cenderung termasuk kedalam orang yang worcaholic atau orang yang sangat bekerja keras. Dengan mengharapkan atau menginginkan kesempurnaan dalam hasil pekerjaannya. Yang mana sifat ini tidak melulu dianggap sebagai sifat atau karakter pisitif yang dimiliki seseorang.

Biasanya kemunculan sifat perfeksionis mucul akibat dari perasaan tidak ingin mengecewakan orang lain sehingga dia bekerja sangat keras untuk itu. Perasaan takut untuk mengecewakan, di kritik dan juga ditolak menjadi salah satu alasan sifat ini. Namun hal ini tentu saja membuat seseorang yang memiliki sifat perfeksionis biasanya dilanda kecamasan dan juga stress ketika keinginan untuk menhasilkan kesempurnaan tidak tercapai.

Hal Yang Menyebabkan Menjadi Perfeksionis

Pada umumnya sifat ini muncul kepada seseorang yang hasil keranya banyak menerima kritik dan kurang mengehargai hasilnya itu. Disamping faktor diatas ada beberapa faktor atau penyebab seseorang menadi perfeksionis sebagai berikut :

  • Perasaan ketakutan tidak disukai oleh orang lain secara berlebih menjadi salah satu pemicu perfeksionis.
  • Gangguan mental yang dialami seseorang. Seperti misalnya gangguan kecemasan atau gangguan seperti OCD (obsessive compulsive disorder).
  • Sikap ketergantungan yang dimiliki seseorang dan tertanam sejak kecil.
  • Adanya orang tua yang bersifat perfeksionis kepada anaknya dan juga kurangnya orang tua untuk menghargai usaha yang telah dilakukan anaknya dapat memicu perfeksionis ini.

Misalnya ketika anda berhasil menorehkan pencapaian besar dalam hidup anda, namun hal tersebut malah anda jadikan beban untuk harus semakin baik lagi kedepannya. Hal tersebut juga dapat menjadikan faktor yang membentuk anda menjadi seorang perfeksionis tanpa anda sadari.

Alangkah baiknya anda mengubah mindset ketika anda sudah merasak stress yang berlebihan karena faktor – faktor diatas yang mengarah dalam perfeksionis. Ingatkan diri anda untuk tidak terlalu membebani dan juga menyalahkan diri anda hingga menjadi tertekan dalam menetapkan standar sesuatu yang berlebihan.

ciri ciri orang perfeksionis
Sumber : connect2local.com

Ciri Ciri Orang Perfeksionis

Untuk dapat mengetahui apakah diri anda atau orang lain termadsuk dalam kategori prfeksionis anda dapat menimak hal berikut ini. Berikut ini adalah ici ciri orang perfeksionis :

Menetapkan Tujuan Sangat Tinggi

Pada umumnya yang termasuk dalam ciri ciri orang perfeksionis yaitu menetapkan tujuan atau targetnya selalu tinggi. Orang tersbut akan bekerja sangat keras untuk mewujudkan target atau tujuannya ini. Dia akan bekerja sangat keras, jika hasil dari usahanya tersebut dikatakan baik namun belum memenuhi atau mencapai targetnya. Maka orang tersebut tetap akan menyebutnya sebagai kegagalan.

Memiliki tujuan atau target yang tinggi tentu saja hal yang baik. Namun anda tetap arus ingat untuk tetap menghargai dan mengapresiasi diri dan usaha yang sudah anda lakukan. Jangan sampai hal ini pada akhirnya hanya akan memberikan tekanan dan juga kecemasan untuk anda.

Sangat Kritis

Sifat kritis tentu saja perlu, namun yang menjadi ciri ciri orang perfeksionis yaitu kritis yang sangat atau bahkan berlebihan. Kebanyakan orang perfeksionis sangat kritis baik pada diri mereka sendiri atau kepada orang lain. Saat orang perfeksionis melihat kegagalan atau kesalahan dia akan menadikannya sebagai cambuk untuk lebih baik dan perlunya mengasah kemampuan kembali.

Kecemasan Tujuan Tak Tercapai

Karena menetapkan tujtuaqn yang snagat tinggi. Umumnya orang perfeksionis akan merasa cemas dan takut apabila tujuan atau target yang diinginkannya tidak tercapai. Yangmana mereka cenderung selalu melihat kekurangan dari semua hal yang dilakukannya.

Standar Yang Tidak Masuk Akal

Orang yang memeiliki sifat perfeksionis akan cenderung memiliki standar yang tidak masuk akal atau tidak realistis. Ketika seseorang pada umumnya menetapkan standar mereka berdasarkan pada  kemampuan yang dimilikinya. Berbeda dnegan orang perfeksionist dia akan menetapkan standar jauh diatas dari kemampuannya atau jangkauan yang dimilikinya. Hal tersebut memicu orang perfeksionis untuk merasa gagal dalam mencapai apa yang dia inginkan tersebut. Padahal kenyataanya hasil dari yang dia lakukan sudah lebih dari baik.

Menunda Pekerjaan

Ciri ciri orang perfeksionis salah satunya yaitu gemar menunda pekerjaannya. Mengapa demikian ? karena orang perfeksionis cenderung dilanda ketakutan akan hasil yang akan dia dapatkan atau takut gagal. Karena itu kebanyakan dari mereka memilih menunda pekerjaan dengan harapan dapat menghasilkan kerja yang sempurna.

Tidak Bisa Menerima Kritik

Kritik dan masukan tidak selalu diartikan sebagai hal negatif yang didapatkan seseorang. Karena kritik juga dapat membangun seseorang menjadi lebih baik lagi. Namun hal ini menjadi momok menakutkan bagi orang yang perfeksionis. Mereka telah bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Namun hasilnya mereka masih mendapatkan kritikan hal ini tentu menyakitkan untuk mereka.

ciri ciri orang perfeksionis
Sumber : beachbodyondemand.com

Tingkat Percaya Diri Rendah

Tidak hanya kritis terhadap orang lain, namun juga orang perfeksionis juga kritis terhadap diri mereka sendiri. karena itu dengan usaha dan kerja keras yang dia lakukan mereka cenderung tidak bahagia dengan tingkat percaya diri mereka juga rendah. Sifat perfeksionis dan juga kritis mereka menyebabkan orang – orang disekitarnya cenderung menjauhinya dan membuatnya merasa kesepian.

Mengatasi Perfeksionis Yang Buruk

Perfeksionis tidak selalu bersifat negatif, namun pada bebrapa kasus kebanyakan hal ini dinilai negatif. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi sifat perfeksionis yang buruk ?. beikut ini adalah cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi perfeksionis yang berdampak buruk ini :

  • Buatlah terget atau tujuan anda berdasarkan kemampuan yang anda miliki.
  • Mengubah mindset bahwasanya keberhasilan itu tidak selalu harus erbentuk sesuatu yang sempurna.Berfokuslah kepada proses yang anda jalani, bukan kepada hasil anda.
  • Lawan perasaan takut yang anda miliki terhadap hasil yang anda buat.
  • Percaya dan yakini bahwa semua yang anda lakukan akan menghasilkan pelaaran utnuk anda kedepannya.
  • Katika anda merasa stress, cemas dan depressi. Cobalah untuk lihat kembali target dan tujuan anda.

Perfeksionis mungkin kadang terlihat negatif, namun ada saatnya sifat perfksionis juga diperlukan dalam urusan kantor. Misalnya dalam pengaturan dan perhitungan keuangan yang perlu ketelitian ekstra sehingga membutuhkan orang yang cenderung perfeksionis. Untuk memudahkannya sebagai solusinya anda bisa menggunakan aplikasi JojoExpense.

Dengan menggunakan JojoExpense dari Jojonomic akan mempermudah perhitungan keungan perusahaan anda akan lebih terjamin dengan fiur didalamnya. Proses perhitungan akan semakin cepat, mudah dan tepat. Gak perlu nunggu lagi ayo segera gunaakan JojoExpense. Nikmati gratis percobaan dan manfaat nyatanya !!!